Kelas Seru Blogspedia Coaching #3, Kelas Ngeblog Gratis

10 comments
Blogspedia Coaching Batch 3
Belajar blogging gratis selama 3 bulan dengan master yang pakar di bidangnya mungkin tak pernah ada di benak saya. Alhamdulillah, kesempatan ini datang setelah saya memenangkan golden ticket tantangan blogging 14 hari, Blogspedia. Dan tentunya kelas seru Blogspedia Coaching #3, kelas ngeblog gratis ini punya banyak kesan yang memorable.

Belajar Ngeblog

Masa pandemi benar-benar membuat saya gabut berat. Di sela belajar tentang banyak hal yang berhubungan dengan pekerjaan, saya juga mulai mengotak-atik dashboard blogger. Dari beberapa kelas ngeblog yang saya ikuti, akhirnya saya mulai mengenal berbagai istilah seperti SEO (Search Engine Optimatization), DA (Domain Authority), PA (Page Authority) dan lainnya.

Meski mencintai dunia menulis, sebetulnya kegiatan blogging masih sebatas menuangkan pikiran terutama yang berhubungan dengan pengalaman pribadi. Namun, perjalanan waktu membawa saya berkenalan dengan beberapa blogger yang membuat saya bersemangat untuk terus belajar lebih baik lagi. Banyaknya istilah yang tak saya pahami membuat saya semakin intens mencari kelas ngeblog yang bisa memandu saya bagaimana cara menjadi blogger pemula. Berkali-kali mengikuti kelas ngeblog gratis atau berbayar membuat pengetahuan saya sedikit ter-upgrade.

Sampailah saya di sebuah kelas blog lanjutan. Di kelas ini saya mempelajari hal baru yang tak pernah saya pikirkan sebelumnya, SEO on Page yang ternyata sangat berpengaruh pada kualitas blog kita. Setelah kelas berakhir saya pun mencari tahu sosok Marita Ningtyas yang menjadi narasumber yang juga 'pengasuh' Blogspedia.

Blogspedia

Dan akhirnya saya berkenalan dengan blog cantik bernuansa biru, Blogspedia. Marita Ningtyas dan Blogspedia menjadi dua hal yang tak bisa terpisahkan. Blogspedia merupakan blog yang dikhususkan bagi siapapun yang ingin belajar ngeblog. Blogspedia sering menjadi rujukan saat saya belajar bagaimana cara menjadi blogger pemula. Rasanya banyak sekali jasa Blogspedia dalam kehidupan blogging saya.

Selepas kelas ngeblog yang saya ikuti, saya semakin rajin mengintip berbagai tutorial cara menjadi blogger pemula di Blogspedia. Tampilannya yang sederhana, sapaan 'cupuers' yang unik dan bahasa yang mudah dipahami yang ‘relate’ banget dengan solusi untuk masalah yang saya hadapi membuat saya betah meng-klik setiap artikel yang disajikan. 

Asiknya jasa Blogspedia seputar dunia blogging bisa teman Menong dapatkan di sini loh! Jasa Blogspedia bisa teman Menong intip seperti pembuatan toko online, install template untuk blog personal, dan penulisan artikel.
blogspedia

Suatu hari, tak sengaja mata saya melirik menu ‘coaching’. Wow, ternyata inilah kelas belajar ngeblog yang saya cari selama ini. Diselenggarakan satu tahun sekali selama 3 bulan, Blogspedia Coaching sama sekali tak berbayar alias kelas ngeblog gratis dengan materi yang super padat dan berkualitas. 
Menu Blogspedia Coaching

Hanya saja, salah satu syarat yang diberikan adalah belum memasang TLD. Ugh, sayang sekali ya karena blog JustMenong sudah lama memasang custom domain!
Syarat pendaftaran blogspedia coaching

Namun karena Blogspedia Coaching tahun 2022 masih belum dibuka, bolehlah bila saya berharap mendapatkan durian runtuh memperebutkan kursi peserta tahun ini.

Di bulan Maret, Blogspedia membuka tantangan posting artikel selama 14 hari, #14DaysBlogspediaChallenge. Daya tarik utamanya adalah hadiah yang luar biasa banyak yang belum tentu ada di 'blog challenge lain'. Sebetulnya waktu tantangan relatif lebih fleksibel karena diberikan waktu lebih dari cukup untuk menulis 14 tulisan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Alhamdulillah meski terlambat beberapa hari untuk mulai, sempat dua kali ‘merapel’ tulisan dan menyelesaikan tantangan ke-14 di hari terakhir tepat beberapa jam saja sebelum ditutup, saya mendapatkan hadiah 2 paket buku beberes (Gemar Rapi+Suteru Gijetsu) dari @naqiibah. Selain itu saya mendapat Free Golden Ticket Blogspedia Coaching #3. Benar-benar di luar dugaan saya karena saya sama sekali tidak membaca klausul di bagian apresiasi ini.
pengumuman blogspedia challenge
Meski pemenang yang telah memasang TLD diperkenankan untuk memberikan golden ticket Blogspedia Coaching #3 kepada peserta lain, namun tentu saja kesempatan ini tak akan saya lepaskan begitu saja. Sudah lama sekali saya mengidamkan kelas belajar ngeblog yang serius bagi saya yang masih merangkak menjadi blogger.
golden ticket blogspedia coaching

Blogspedia Coaching #3

Yeay, akhirnya cita-cita saya tercapai.  

Kelas blogspedia coaching dimulai tanggal 17 Mei 2022 dan dilakukan dua hari seminggu setiap hari Senin dan Kamis. Materi blogspedia coaching dibagikan di Google Classroom di pagi hari dan didiskusikan via grup whatsapp di malam hari. Tugas diberikan di akhir diskusi dan diberi waktu dua hari untuk menyelesaikan.

Yang menarik kelas ini penuh dengan adrenalin karena selain tugas tanpa jeda, terlambat mengumpulkan tugas satu detik saja lewat dari jam 23.59 WIB tanpa ada ijin/pemberitahuan sebelumnya, peserta akan otomatis di-kick dari kelas tanpa ampun. Inilah yang membuat kami semua bersemangat untuk bersungguh-sungguh menuju finish.

Berbagai materi keren kami pelajari dari mulai materi dasar seperti pengenalan fitur dashboard blogspot, memunculkan page about me dan page site map yang belum pernah saya lakukan, menulis berbagai tema artikel seperti ulasan/review, belajar teknis menulis artikel SEO sederhana, hingga materi level tinggi seperti membeli dan memasang custom domain sendiri (iya, sendiri!) dan mengganti template blog dengan template yang lebih SEO friendly.

Materi juga disajikan dalam format video, PDF, artikel blogspedia atau lainnya dengan sajian yang menarik dan mudah dipahami.

Kami juga berlatih untuk menulis artikel minimal 800 kata, suatu hil yang sangat mustahal saya lakukan karena biasanya saya mentok di 300-500 kata saja. Kami pun dibekali mengenai story telling, basic copy writing dan membuat infografis dengan membuat Canva untuk menunjang skill ngeblog agar nampak apik.

Kelas ini juga ditemani narasumber lain yang dengan sabar membimbing kami dan tak sungkan untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan di grup.

Cerita Seru Blogspedia Coaching #3

Di pertemuan pertama, kami sudah disuguhi 'kontrak belajar'. Coach Marita, demikian kami memanggil nya, juga mengingatkan kelas Blogspedia Coaching ini bukan kelas santuy yang dapat diikuti asal-asalan atau karena penasaran saja. Peserta harus mempersiapkan diri berjibaku, jungkir balik, salto atau kayang menyelesaikan tugas. 

Karena berlangsung cukup lama yaitu 3 bulan dan tanpa hari libur, tentunya saya meminta ijin pada Zauji terlebih dahulu. Alhamdulillah, Zauji mengijinkan dan mendukung saya mengikuti kelas ini dengan catatan pekerjaan rumah dan kantor tetap harus diselesaikan lebih dulu. Deal!!!

Berbagai drama rasanya saya lalui selama mengikuti kelas ngeblog seru ini. Suatu waktu saya mengerjakan tugas di sela waktu mengajar online 12 hari nonstop dari pagi sampai sore yang dibarengi demam dan batuk tak hentišŸ˜°. Saat bertugas keluar kota, saya terkadang membuat draft tugas sambil menunggu peserta pelatihan yang saya ampu mengerjakan tugasnya di kelas. Draft itu yang akan saya lanjutkan di malam hari setelah kembali ke hotel. 

Kegiatan multitasking ini justru banyak memberikan ide materi artikel untuk mengerjakan tugas. Jadilah ulasan tentang kuliner saat saya tugas ke Bali awal bulan ini, ulasan tentang hotel saat saya dan Zauji ke Garut dua bulan lalu atau saat saya menengok Eyang Jauh beberapa minggu yang lalu.

Meski sering meminta ijin untuk terlambat mengumpulkan tugas saat sakit, bepergian ke luar kota, tugas pekerjaan yang menumpuk, mengantar Zauji untuk pemeriksaan pra operasi, menemani Ibunda kontrol hingga detik ini semua tugas berhasil disetor sebelum deadline.

Salah satu triknya adalah, selain membuat content plan sederhana di notepad, saya terbiasa mengetik di word untuk memudahkan menghitung kata, bila sudah mencapai kurleb 700 kata, saya akan memindahkannya ke dashboard sebagai draft postingan sehingga saya bisa melanjutkan menulis menggunakan HP. 

Selain itu, saya membiasakan langsung membuat draft tulisan, khususnya pada materi tentang ulasan/review, begitu materi dibagikan. Kalaupun nanti tidak terpakai karena berbeda dengan tugas yang diberikan, tulisan ini dapat dipakai saat One Day One Post di akhir kelas nanti.

Jangan lupa siapkan pula gambar atau foto yang relevan. Karena saya terbiasa mencantumkan watermark dalam ukuran kecil, biasanya saya siapkan di laptop terlebih dahulu dan menguploadnya agar tersimpan di blogger.

Memang selalu ada yang menjadi prioritas dalam hal apapun termasuk saya yang akhirnya men-drop 3 pelatihan online lain yang waktunya berbarengan dengan Blogspedia Coaching (salah satunya berbayar lumayan mahal). Sayapun berkomitmen tak akan membuka laptop di malam hari atau di akhir pekan saat saya sedang bersama Zauji. Awalnya saya memang selalu bangun tengah malam demi mengerjakan tugas namun Zauji mengingatkan saya agar memilih beristirahat dan mengerjakan di siang hari saja.

Belajar dari dasar, salah satu pengalaman paling berkesan adalah akhirnya saya bisa memasang custom domain alias Top Level Domain sendiri. Yang membuat kekerenan meningkat hingga 200%šŸ˜. Selain itu sekarang saya mulai terbiasa memanfaatkan SEO tools sebelum membuat sebuah artikel. Dan ternyata banyak sekali ide yang bisa dituangkan dari pengalaman pribadi namun juga memiliki keyword difficulty dan search volume yang ramah SEO.

Kisah lain dari blogspedia coaching adalah keseruan saat blog walking yang wajib setelah kami setor tugas.  Sekian banyak blog yang dikunjungi selalu saja ada ilmu baru yang didapatkan dari teman-teman di berbagai tempat termasuk luar negeri 

Hayu Let's Go!!!

Bagi teman Menong yang masih mencari cara bagaimana menjadi blogger pemula namun tetap berada di jalur yang benar, Blogspedia Coaching, kelas ngeblog gratis bisa menjadi jalan untuk mengasah kemampuan blogging. Coach keren dengan segudang ilmu yang dengan senang hati dibagikan haratis alias tak berbayar (semoga Allah membayar segala kebaikan ini di dunia dan akhirat...aamiin), ruang kelas penuh semangat dan kebersamaan indah yang belum tentu bisa teman Menong dapatkan di tempat lain. Jadi tunggu apalagi? Follow dan pantengin terus blog dan instagram Blogspedia ya! Siapkan diri untuk menerima tantangan di Blogspedia Coaching batch berikutnya. Hayu let's go!!!

Mampir di ig JustMenongj
Referensi dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi JustMenong


Related Posts

10 comments

  1. Semoga ilmu yang diberikan para coach semakin berkah ya mbakk šŸ˜

    ReplyDelete
  2. Restu suami emang berperan penting ikut kelas ini. Ditengah banyak kesibukan emang istirahat itunpaling penting. Akhirnya ya mba bisa juga sampai pd tahap ini

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu Lo kalo ada calenge sebelum kelas blogspedia....

    ReplyDelete
  4. Blog walking ini lumayan butuh niat tapi sebenarnya bermanfaat banget, terutama buat yang haus ilmu.

    ReplyDelete

Post a Comment