Manfaat SEO On Page Bagi Blogger Pemula

10 comments

Manfaat SEO On Page

SEO On Page

Niat mendalami dengan serius hobi saya menulis membawa saya terdampar di banyak kelas menulis online dari mulai webinar tentang blog, jurnal, hingga berbagai genre buku anak atau dewasa. Di tengah kegalauan hati untuk menekuni yang mana, akhirnya saya kepincut kelas blogging terlebih yang membahas lebih dalam mengenai manfaat SEO On Page Bagi Blogger Pemula.

Dari sekian banyak kelas yang saya ikuti, ada dua kelas yang menarik minat saya secara khusus.

Kelas pertama adalah obsesi saya sejak lama yaitu kelas penulisan buku teks alias kelas buku pelajaran. Sejak lama saya bercita-cita untuk membuat buku yang secara langsung dapat menuangkan pengalaman saya berkecimpung di dunia pendidikan. 

Namun, ternyata menulis buku teks bak menaiki bukit tinggi dengan jalan terjal dan berliku. Bekal dan amunisi yang masih pas-pas an membuat saya terengah untuk mengambil langkah. Well, kelas seru ini masih saya ikuti sampai sekarang meski fokus saya masih banyak teralihkan.

Kelas kedua adalah kelas blogging. Seperti magnet yang semakin lama semakin menarik saya dengan kuat. Tak kurang dari belasan kelas saya ikuti, termasuk ‘terjebak’ dalam sebuah kelas blogging dengan harga ‘lumayan’ bagi saya namun sistem belajarnya yang tak runut dan seolah tak dipersiapkan secara maksimal. Alhasil kini saya menjadi lebih selektif memilih kelas dan pemateri.

Saya semakin jatuh cinta pada kelas blogging, terlebih di pertengahan tahun ini saya mendapat kejutan luar biasa karena terpilih mengikuti kelas blogging luar biasa, Blogspedia Coaching Batch #3 melalui Golden Ticket. 

Kelas ini sudah ‘saya santroni’ selama berminggu-minggu setelah berkenalan dengan sang empu blog, Mba Marita, di sebuah kelas blogging yang lain. Salah satu materinya tentu saja manfaat SEO On Page Bagi Blogger Pemula, topik yang selalu bikin saya penasaran.

Apa itu SEO untuk Pemula?

SEO menjadi makhluk langka yang baru saya kenal setahun belakangan ini. Saat awal pandemi, di tengah kegabutan, saya makin rajin menengok dua blog saya yang dulu sering kali menjadi sarang laba-laba. 

SEO singkatan dari Search Engine Optimatization yang saya artikan secara sederhana sebagai cara blog kita untuk menarik perhatian Mbah Google agar tulisan yang kita buat dilirik Mbah Google dan bisa berada di halaman teratas Google.

Tentunya akan sangat membahagiakan saat kita dapat menemukan tulisan kita di halaman pertama Google. Rasanya luar biasa sekali. Namun tentunya tak ada hal yang instan. Banyak yang harus ditempuh dengan berbagai cara agar Google dapat mengenali ritme blog kita. 

Nah cara ini ditempuh dengan mendatangkan banyak trafik yang tak hanya sesaat namun juga jangka panjang agar pengunjung datang di blog walau tak diundang.

Manfaat SEO

SEO ditujukan agar konten yang kita tuliskan mudah ditemukan mesin pencari, yaitu Google, Baldu, Yahoo! Search. Tujuannya tentunya saja untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan kita. 

SEO terbagi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. 

Secara umum, SEO On Page adalah usaha yang kita lakukan untuk mempercantik dan menaikan kualitas elemen-elemen dalam blog kita agar mudah dikenali mesin pencari. Elemen apakah yang harus dipercantik? Yang pertama tentunya kualitas konten yang kita tulis dan selanjutnya pemilihan judul dan struktur konten (heading, permalink, gambar dan lainnya). 

Sedangkan SEO Off Page adalah usaha kita untuk menaikkan peringkat tulisan kita lewat penguatan elemen SEO di luar blog. Seperti halnya kita perlu memasarkan suatu produk, tentunya kita juga perlu memasarkan blog yang kita asuh agar lebih dikenal.

Penerapan SEO On Page

SEO On Page seolah menjadi menu wajib yang harus dipelajari blogger pemula. Seperti halnya saya yang masih ‘mengunyah’ pelan-pelan materi per-SEO-an ini, banyak newbie yang masih kebingungan mengenai SEO On Page. 

Kali ini saya akan memberikan pengalaman ‘tak seberapa banyak ini’ dalam menerapkan SEO On Page.

Just Check It Out!!

Kata Kunci

Kata kunci dapat kita pilih berdasarkan pencarian yang banyak dilakukan di Google. Semisal kita akan membuat artikel mengenai Manfaat SEO On Page, mulailah dengan mencari kata kunci tersebut di Google dan cek berapa banyak tulisan yang sudah tersedia.

Nah…dengan kata kunci “Manfaat SEO On Page’’ dapat kita lihat ada 890.000 art
ikel yang tersedia yang akan menjadi saingan bagi tulisan kita. 


contoh penelusuran kata kunci


Mari kita persempit kata kunci ini dengan menambahkan beberapa kata seperti : Manfaat SEO On Page Bagi Blogger Pemula. Ada 336.000 yang berarti tidak begitu banyak tulisan dengan tema yang sama. Semakin kecil hasil pencarian akan semakin besar pula peluang tulisan kita ‘dilirik’.

contoh penelusuran kata kunci

Judul

Di awal menulis blog, saya sering kali menuliskan judul dengan kalimat super puitis. Maksud hati ingin menorehkan kenangan indah dalam bentuk tulisan namun apalah daya ternyata jiwa kepuitisan itu tidaklah SEO friendly dalam kacamata seorang blogger.

Mulai berkenalan dengan sang Suhu, Mba Marita, saya mulai memilih judul dengan kata kunci agar mudah dikenali Mbah Google. 

Namun, lagi-lagi…saya gagal paham mengenai pemilihan kata kunci ini. Meski sudah menerapkan tips yang diberikan tapi saya malah salah mengartikan arahan Coach Marita dan baru menyadarinya setelah mempelajari kembali materi SEO On Page minggu ini.

Dan jangan lupa karakter untuk judul tak lebih dari 55 karakter ya!

Permalink

Permalink atau permanent link merupakan Uniform Resource Locator (URL) yang mengarah pada tulisan yang ditulis di blog kita. Permalink tentunya akan unik untuk setiap postingan. Permalink yang baik harus sesuai dengan kata kunci yang kita tulis dengan jumlah karakter maksimal 75.

Deskripsi

Satu hal yang tak kalah penting untuk dilengkapi saat membuat sebuah postingan. Deskripsi atau keterangan singkat tentang apa yang ditulis dalam postingan kita. Deskripsi akan muncul dalam pencarian yang akan membantu pembaca memilah postingan yang diperlukan. 

Deskripsi yang baik tentunya harus menggambarkan isi blog yang sesuai dengan kata kunci dan tema yang ditulis dengan maksimal karakter sebanyak 150 karakter.

Cara Jadul Penulisan Keyword

Konon kabarnya, dahulu keyword dituliskan dalam huruf tebal, miring. Saat ini biarkan kata kunci ini ditulis apa adanya karena Google sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk membaca kata kunci dalam postingan kita.

Optimasi Paragraf

Yep, paragraf pertama dan paragraph akhir adalah ‘koentji’. Kita sebaiknya menyematkan kata kunci di dalamnya sehingga pembaca akan mudah mengenali tulisan di paragraf selanjutnya. Kata kunci dapat ditulis di awal, di tengah atau di akhir paragraf.

Tak hanya itu, dalam satu paragraf, gunakan 2 -3 kalimat saja atau tidak terlalu panjang untuk dibaca.

Jumlah Kata

Awalnya saya sendiri tidak 'ngeh' dengan jumlah kata yang dipersyaratkan SEO. Beberapa postingan justru tidak menampilkan banyak kata tapi didominasi dengan foto dan sedikit caption unik seperti dalam salah satu postingan bertajuk Pengalaman Umroh di Makkah : Memahat Rindu di Bumi-Mu.
 
Tak ada jumlah kata yang baku yang tepat untuk diterapkan dalam SEO On Page. Sebagian master mengatakan minimal 500, 800 atau bahkan 1000 kata untuk satu artikel. 

Hanya saja, sebuah artikel yang baik tentunya akan menjelaskan secara detil yang dilengkapi dengan riset dan data yang mendukung.

Berikan Heading atau Judul

Ini dia, salah satu ilmu yang baru saya dapat di kelas blogging. ternyata Heading atau Judul tak sekedar menebalkan atau mengubah ukuran font.

Sebetulnya untuk apa ya heading atau judul ini?
Heading atau judul membuat tulisan kita lebih terstruktur sehingga membuat nyaman pembaca. 

Dan juga baru saya sadari ternyata selama ini saya salah pula memahami istilah heading.

Berikut saya beri ringkasan agar teman Menong juga tidak gagal paham seperti saya.
  • Judul = Header (dalam isi postingan, header/judul tidak perlu digunakan ya karena peruntukannya memang hanya untuk judul postingan)
  • Sub judul = Heading
  • Sub dari sub judul = Subheading
  • Sub dari sub-sub judul = Judul Kecil

heading

Optimasi Gambar

Ini adalah kesalahan lain yang dahulu saya lakukan. Karena malas melengkapi keterangan gambar, jadilah optimasi gambar ini saya lewatkan di sebagian besar postingan saya. PR yang lumayan besar untuk memperbaikinya.

Bagaimana cara kita melakukan optimasi gambar?
Pertama, simpan gambar yang akan kita unggah atau gunakan dalam postingan dengan nama yang benar dan jelas. Gunakan nama file yang mendeskripsikan isi gamabr bukan dengan kode seperti halnya nama file asli dari HP, kamera atau unduhan whatsapp.

Optimasi gambar blog

Jangan lupa lengkapi 'Teks Alternatif' dan 'Teks Judul' setelah gambar disematkan dalam postingan kita.

Backlink pada Artikel

Backlink atau tautan URL yang mengarah pada artikel lain di blog kita membantu meningkatkan kepercayaan terhadap blog kita dan menaikkan trafik terhadap postingan kita yang lain.

Berapa banyak backlink yang bisa kita sematkan?
Beberapa master mengungkapkan maksimal 3 backlink dalam 1 postingan dapat kiat sematkan. Dan pastikan postingan tersebut bermanfaat bagi pembaca.

Salah satu tips dari Mba Marita adalah jangan gunakan 'klik di sini' untuk merujuk pada sebuah backlink. Gunakan kata yang halus yang membuat pembaca penasaran dengan tulisan kita. 

Latent Semantic Indexing (LSI)

Latent Semantic Indexing (LSI) keyword merupakan kata-kata serupa yang berkaitan dengan kata kunci dalam postingan kita. 

Salah satu contoh LSI dalam salah satu postingan saya yang berjudul Pengalaman Menderita Kanker Payudara adalah penggunaan kata 'masektomi', Ăłnkologi' dan 'kemoterapi'.

Bagikan di Media Sosial

Bagian ini menjadi bagian penting yang dahulu saya lewatkan. Sebagai orang yang tak pernah ber-medsos, tahapan ini tak menarik minat saya hingga saya mempelajari SEO On Page.

Dan akhirnya, sayapun mulai menikmati perjalanan JustMenong yang merambah dunia instagram dan twitter. Ternyata seru dan menyenangkan, terlebih trafik akan menaik seiring banyak teman Menong yang juga mampir ke blog ini. 

Inspect URL

Inspect URL akan memberikan informasi tentang postingan yang ada di blog kita sebagai halaman spesifik dalam versi yang sudah diindeks Google. 

Manfaat SEO On Page

Apa ya manfaat SEO On Page ini?
  • Membuat tampilan blog menjadi lebih menarik
Tak dapat disangkal penerapan SEO On page membuat tampilan blog menjadi lebih cantik karena tertata rapi. Dan tentu saja akan semakin meningkatkan profesionalisme kita sebagai seorang blogger.
  • Meningkatkan trafik blog
Tampilan yang optimal akan memudahkan pengunjung blog untuk berselancar sehingga secara otomatis akan membuat pengujung semakin betah dan ingat untuk selalu mampir berkunjung.
  • Membangun brand blog
Brand awareness sangat penting untuk dibangun bila kita ingin meningkatkan peluang blog yang kita miliki menjadi sebuah usaha.

 

Dan ternyata, setelah menyelami manfaat SEO On Page bagi blogger pemula, saya mulai menikmati dan terbiasa dengan alur yang telah diarahkan di kelas blogging. Dan tentunya membuat saya semakin betah untuk otak atik isi blog ini dan semangat untuk membuat blog yang saya asuh menjadi lebih hidup dan bermanfaat.


Mampir di ig JustMenong
Referensi dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi Justmenong 

 


Related Posts

10 comments

  1. Alhamdulillah, ya, Mbak bisa ikut kelas Blogspedia Coaching. Baru beberapa minggu sajasudah terasa dampaknya pada tulisan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga konsisten yaa hingga wisuda nanti ;)

      Delete
  2. Sma mbak, dari kelas ini aku jadi sadar masih banyak banget salahnya dan banyak banget PR nya buat memperbaiki tulisan-tulisan lama yang belum SEO friendly :" Beruntung banget bisa ikut kelas Coach Marita, banyak pencerahan dan insight yang kita dapat

    ReplyDelete
  3. lengkap sekali mbak ulasannya. Aku yang pemula ini merasa terbantu memahami SEO dengan membaca ulasan mbak Ira, thanks ya mbak.

    ReplyDelete
  4. Betul sekali,...blogspedia coaching memberikan banyak dampak kemajuan saya dalam ngeblog. Makin cinta ngeblog, jadinya.

    ReplyDelete
  5. kalau saya masih berjuang optimasi gambar yang kece kayak punya Mba

    ReplyDelete
  6. Keren banget mbak udah banyak mengikuti kelas online 🤗

    ReplyDelete
  7. Untung banget bisa bergabung sama blogspedia coaching. Jadi tau ilmunya lebih dalam. Semangat terus mbak.

    ReplyDelete
  8. Tulisannya lengkap banget mba sampai ke akar-akarnya hehe :)

    ReplyDelete
  9. Mantapp. Detail banget penjelasannya mba. Jadi tercerahkan. Dilengkapi screenshot contohnya jadi makin mudah dipahami. Makasii sharingnya mba..

    ReplyDelete

Post a Comment