Nikmatnya Ikan Asin Jambal Roti, Menu Favorit

26 comments
ikan asin jambal roti
Libur akhir tahun hampir tiba. Selain bersilaturahim dengan keluarga, salah satu rencana saya dan Zauji adalah menjajal banyak kuliner seru di daerah Bandung Raya. Meski gempuran aneka kuliner kekinian tak bisa dibendung, kuliner tradisional masih tetap mendapat di hati saya, khusus nya ikan asin jambal roti.

Balada Ikan Asin

Tanah Sunda sendiri kaya dengan masakan asli yang menggoda selera. Rasanya tak ada yang sanggup menolak godaan nasi liwet, ikan asin, sambal dan lalapan yang disajikan dalam suasana hangat saat berkumpul bersama keluarga atau teman dekat.

nasi liwet dan ikan asin

Ikan asin menjadi lauk segala lauk yang tak pernah lepas dari lidah orang Sunda. Saya lebih memilih ikan asin bila dibandingkan dengan daging ayam atau daging sapi. Asin jambal roti, peda, japuh, sepat dan asin cumi menduduki kasta tertinggi di lidah saya.



Pasokan ikan laut dan ikan asin di Bandung Raya didatangkan dari luar area Bandung Raya seperti Pangandaran, Cirebon, Indramayu, Priok bahkan Tegal dan Pekalongan. Saya dan Zauji sendiri pernah berkunjung ke pasar di Pantai Barat untuk mengintip deretan ikan asin yang banyak dijual disana, termasuk ikan asin jambal roti. 

Teman Menong juga dapat menemukan penjual ikan asin di sepanjang pinggiran pantai. Namun, baiknya teman Menong berhati-hati dengan 'ikan asin jambal roti palsu' yang banyak dijual. Bagi teman Menong yang tak bisa membedakan keasliannya, ikan jambal roti asli dapat diidentifikasi karena memiliki bau khas dan tidak berbau busuk. teman Menong bisa mencubit sedikit bagian daging ikan. Daging ikan yang lunak dan luruh cepat menandakan kualitas ikan masih baik.

Ikan Asin Hawaii Van Java

Ikan asin jambal roti banyak ditemukan di restoran khas Sunda atau hidangan hajatan. Ikan asin jambal roti memiliki daging yang relatif tebal dan sering dihidangkan dalam ukuran kecil. Harga ikan asin jambal roti bisa mencapai Rp. 120.000 per kilogram.
 
Ikan asin jambal roti, jenis ikan asin yang terbuat dari olahan hasil fermentasi garam ikan Manyung, ikan famili Ariidae dan salah satu spesies yang sering dibuat menjadi ikan asin jambal roti adalah atau ikan Kedukang atau Hexanematichthys sagor. Diintip dari asal usul namanya, ikan asin ini bila digoreng mudah hancur menyerupai sobekan roti.

Berhubung harganya yang lumayan merogoh kocek, kami memang jarang sekali menyengaja menyajikan ikan asin jambal roti di rumah. Ibunda menemukan ‘varian baru’ ikan asin jambal roti yang harga nya jauh lebih murah bahkan gratis karena kerap dibawakan kerabat.

Menu Tuljam


Hampir 3 tahun belakangan ini, Ibunda sering kali membuat menu baru, tulang ikan asin jambal roti. Awalnya, tulang ikan asin jambal roti ini merupakan limbah dari ikan asin jambal roti yang hanya dimanfaatkan bagian dagingnya saja. Tulang ikan asin jambal roti sering digunakan sebagai pakan ternak.
 
Jujur saja, dahulu saya tak menyukai masakan tulang ikan asin jambal (tuljam = tulang jambal) karena rasanya aneh. Tuljam juga memiliki bau yang lumayan menusuk sehingga awet di tangan atau peralatan masak.

Namun, setiap kali kantin kantor menyajikan tuljam, teman-teman di kantor selalu memburu tuljam lebih awal sehingga akhirnya menggoda saya untuk turut bergabung. 
Dan biasanya kami akan berlomba untuk lebih dulu memilih agar bisa mendapatkan tuljam dengan daging yang masih banyak menempel.

Dan ternyata sensasi tuljam sukses meluluhkan hati saya. Dilihat dari penampakannya, teman Menong pasti mengira tak ada manfaatnya memakan tuljam karena tak ada bagian ikan yang bisa dimakan. Tulang ikan yang memanjang dipotong menjadi beberapa bagian. Tulang merupakan salah satu bagian tubuh ikan yang memiliki kandungan kalsium terbanyak.
 
Beberapa tuljam masih memiliki sisa daging sehingga menciptakan rasa gurih saat diseruput. Teman Menong bisa mencoba mematahkan bagian tulang agar bagian dalam tulang dapat terambil. Rasa bagian dalam tulang akan semakin gurih dipadukan dengan bumbu yang meresap.

 tulang jambal
Ikan asin dan tumisan menjadi pilihan, termasuk saat menginap di hotel seperti hotel Luminor Jakarta. Rasanya makyus menikmati nasi merah hangat, ikan asin jambal roti, tumisan, lalapan dan sambal.

Related Posts

26 comments

  1. Ternyata selera kita sama... ikan asin jambal roti tuh dimasak apa aja tetep nikmat... apalagi sambalnya sambal terasi... tapi awas darah tinggi ya...

    ReplyDelete
  2. Baru tau sekelas hotel berbintang ada menu ikan asin jambal juga. Beneran memperhatikan selera tamu yang bervariasi, bosen juga kalo menu western n oriental kali ya. Yang tuljam itu juga baru tau mbak...

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada masakan masakan bernama ikan asin jambal roti. Saya awalnya mengira ikannya dimakan hanya dengan roti. Ternyata karena teksturnya seperti roti ya. Baru tahu juga kalau tulangnya juga dimakan. Harus masuk bucket list nih kalau pas nanti ke Bandung.

    ReplyDelete
  4. Aduh aduh, buat ngiler. Ikan asin apa aja aku suka. Apalagi ikan asin yang satu ini. Duuuh, bisa kalap nasi

    ReplyDelete
  5. Sebagai penyuka ikan asin terima.kasih ingetin menu ini. Jadi pingin segera ke dapur nih

    ReplyDelete
  6. baca ini jadi laper saya, sudah mulai tercium aroma ikan asin jambal rotinya, dimakan pakai nasi hangat dan sambel plus lalapan, wahh nikmat sekali.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu ada jenis ikan asin jambal roti. selama ini kalau liwetan hanya ikan asin japu dan teri saja. Sepertinya bisa dicari nih kalau main ke Bandung

    ReplyDelete
  8. Wah nikmat sekali mbak, makan nasi liwetan ala Sunda lauknya ikan asin jambal roti, ada sambel pula. Bisa nambah-nambah nasinya.

    ReplyDelete
  9. Ternyata tulang jambal itu tadinya limbah dan dijadikan pakan ternak, ya. Duh, jadi kasian sama ternaknya, he-he. Saya juga suka olahan tuljam ini, lidah saya memang cenderung menyukai yang asin-asin.

    ReplyDelete
  10. Ya Allah tulisan dan gambar-gambar ini sangat membuat lambung meronta-ronta. Kalau sudah nasi liwet, ikan asin, sambal, dan lalapan, udahlah pasti mantap. Apalagi ikan asinnya jambal roti... Beuh

    ReplyDelete
  11. Aduh emang sunda banget nih kasta tertingginya ikan peda, japuh, dll. Mirasa emang kalau makan sama ikan asin tuh plus sambel nggak boleh ketinggalan.

    Penasaran sama tuljam haduh gambarnya bikin ngiler enak banget itu 🤤

    ReplyDelete
  12. Sebagai penyuka ikan asin.. sangat tergiur ingin menikmati nya sesegera mungkin..apalagi jambal roti nikmatnya bikin nasi tak cukup sepiring

    ReplyDelete
  13. Ya ampun auto ngecess deh Teh, kalau aku biasanya jambal roti ini dimasak dengan santan, tahu, tempe, telur, namanya sayur balur. Wah in bisa ngabisin nasi lo. Suami dan mamaku suka banget ini

    ReplyDelete
  14. Wah habis baca artikel tentang masjid Al Jabbar di Jawa Barat lanjut baca artikel tentang resep Sunda. Sepertinya kode kalau saya harus ke Jawa Barat ini. Semoga bisa secepatnya main ke sana. Btw, saya nggak begitu suka ikan asin. Sedangkan kalau lihat makanan Sunda kayaknya identik dengan ikan asin + lalapan ya. Semoga nanti kalau ke Jawa Barat berani dan bakal suka menu ini juga.

    ReplyDelete
  15. Oh namanya ikan asin jam al roti ya, aku sering beli ikan asin ini. Emang lebih banyak daging dan empuk banget. Aku suka ini Emang bikin nafsu makan sih, di makan sama lalapan aja udah enak banget tuh.

    ReplyDelete
  16. Baru tau dengan Ikan Asin Jambal Roti, hehehe... belum pernah merasakan juga.. Lihat fotonya langsung lapar saya. Sepertinya rasanya enak banget ya, tidak diragukan lagi sekelas hotel Luminor Jakarta menyediakan menu ini. Musti cus cari-cari nih saya, semoga di Jember ada :D

    ReplyDelete
  17. Auto ngeces pengen makan itu, kayae di semarang namane ikan jambal aja nggak pake roti cocok di masak sambel lombok ijo gitu nasi anget, tapi parenya juga mengoda enak bgt

    ReplyDelete
  18. Mantab Mba..Bisa ngabisin nasi sebakul gak yaaa hehee

    ReplyDelete
  19. Enaknya itu ikan jambal roti makannya sama nasi liwet dan disajikan dengan cara ampar daun pisang, makannya bareng-bareng lagi, duh nikmat pisan sampai lupa diet 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  20. ikan asinnya segar dan tebal dagingnya, awalny mengira ikan asin jambal roti itu roti dicampur atau diisi dengan ikan asin atau roti rasa ikan asin gitu, melihat makananny yg tersaji jd pgen nyicipin nih mbak hehehehe

    ReplyDelete
  21. IKan asin jambal roti paling nikmat ditemani tahu Bandung yang lembut, sambal sing pedezzzz, ayam goreng, telur dadar, sayur asem dll ya mbak hahahaha :D Nasinya kudu panas. Bisa nambah melulu jadinya kalau ada jambal roti. Iya, harganya memang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan asin pada umumnya.

    ReplyDelete
  22. Baru tau nama ikan jambal roti, kayaknya di Jawa Timur ada juga jenis itu dengan nama yang beda. Menu ikan asin tuh mantap banget, Mbak. Anak saya yang masih TK juga suka kalau ada menu ikan asin. Hehe

    ReplyDelete
  23. Wah betul banget... nasi liwet, ikan asin, sambal + lalapan selalu jd sajian klo lg ngumpul2 di sini. Klo bertamu jg ditawarinnya itu... Baru tahu ikan jambal roti jg pas di bandung. Eh skrg malah ada versi tulangnya. Mantap^^

    ReplyDelete
  24. Mbak asli aku ngiler deh liat menu2 ikan asinnya. Emang ya walaupun swderhana dan merakyat tapi ikan asin tu emang juara

    ReplyDelete
  25. Makan pakai ikan asin jambal roti itu bahaya loh, selain bisa habisin nasi sebakul bisa-bisa mertua lewat pun lupa nyapa. Karena begitu asyiknya...
    Ya kan..

    ReplyDelete
  26. Aku ngga begitu suka ikan asin karena terlalu asin tapi memang sedap jika dimakan dengan sambal dan nasi panas ya baru tahu tulangnya juga bisa dimakan

    ReplyDelete

Post a Comment