Yuk Cek Hotel dengan Makanan Terenak!

25 comments
Hotel dengan makanan terenak

Seringnya bepergian ke luar kota membuat saya dan Zauji mulai menghapal pola beberapa hotel yang harganya terjangkau, nyaman untuk ditinggali dan menu resto yang kami sukai. Kami juga secara tak sadar memiliki list hotel dengan makanan terenak yang pernah kami singgahi.

Bandung, Jawa Barat

Hotel De Java Bandung

Hotel ini terletak di Jl. Sukajadi No.148-150, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162, tepatnya di seberang Paris Van Java Mall. Sekilas hotel ini tak nampak mencolok sehingga meski saya dan Zauji sering melewati daerah Sukajadi, kami tak pernah menyadari hotel ini.

De Java Hotel berada di jalan satu arah sehingga teman Menong harus mengambil rute dari arah Pasteur lalu berbelok ke sebelah kanan dan terus lurus. Tetap di lajur kiri memasuki Jalan Sukajadi. Hotel berada di sebelah kanan. Bagi teman Menong yang berniat menginap di antara kota Bandung dan jalan ke arah Lembang, hotel ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

Terletak di jalanan penuh dengan pohon rindang, De Java merupakan hotel bintang 4. Di aplikasi biru, rate terendah berada di kisaran 800K dengan kamar yang lumayan luas yaitu 28m2 untuk semua tipe kamar. Kamar dilengkapi dengan sofa yang lumayan besar untuk bersantai.

Hotel ini juga memiliki fasilitas kolam renang, hanya aja lokasinya yang tepat di depan ballroom membuat siapapun yang akan merasa canggung bila ingin berenang namun ballroom sedang digunakan untuk suatu kegiatan.
hotel de java bandung

Sejauh ini, saya dan Zauji menempatkan Hotel De Java sebagai salah satu hotel dengan menu makanan terenak di Bandung. Ukuran resto yang tak terlalu luas dan jumlah menu yang disajikan tak terlalu banyak tak menyurutkan De Java menjadi salah satu hotel favorit di Bandung. 

Hampir semua rasa menu yang kami coba baik sarapan, makan siang atau makan malam sangat memanjakan lidah seperti nasi goreng atau mie bakso. Sayangnya kami sudah tak lagi memiliki foto. Untuk rasa di resto hotel DeJava ini kami beri rate 4/5.

Jakarta, DKI Jakarta

Hotel Luminor Jakarta

Hmmm, resto Hotel Luminor benar-benar juara dan mendapat peringkat teratas di hati saya. Hotel Luminor terletak di Jalan Mangga Besar Raya No. 73 Taman Sari, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta, Indonesia, 11180.

Hotel ini memiliki rate kurleb 1,2 juta per malam di aplikasi biru untuk kamar deluxe dengan luas 21 m2. Sayangnya, Luminor tidak memiliki fasilitas kolam renang sehingga akan sedikit mengecewakan teman Menong yang hobi berenang.

Namun, dari segi resto saya memberikan rate 5/5. Menu sarapan pagi di Luminor sangat beragam. Teman Menong bisa menjajal aneka makanan nusantara, asia atas western yang berganti setiap harinya. Dan rasanya juga tak kalah luar biasa.
tumisan hotel luminor jakarta

Karena saya menghabiskan waktu lama di Luminor, membandingkan dengan hotel lain, Luminor memiliki keistimewaan karena menu dan rasanya yang selalu outstanding. Saya bahkan menikmati tumis pare dan kulit tangkil yang jarang saya temui.
asian street food hotel luminor jakarta

Es krim, takoyaki, asian food, aneka soto termasuk cilok menjadi menu favorit kami. Dan hebat nya setiap makan siang dan makan malam, menu selalu istimewa seperti halnya menu sarapan. Tak salah bila Hotel Luminor saya nobatkan sebagai hotel dengan makanan terenak.

Semarang, Jawa Tengah

Patra Semarang Hotel & Convention

Patra Semarang Hotel & Convention terletak di Jl. Sisingamangaraja, Candisari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50252. Jujur saja, saya jatuh cinta dengan hotel ini. Hotel di bawah naungan anak perusahaan Pertamina ini memang memiliki area yang sangat luas dan fasilitas lengkap seperti parkir, kolam renang, taman bermain.

Kamarnya yang sangat luas (sepertinya lebih dari 32m2 seperti yang tertera di aplikasi biru) dilengkapi king bed size, sofa, dua buah kursi dan meja, meja TV dan balkon. Dan tak ada lift yang akan mengantarkan tamu ke lantai dua.

Meski begitu, rasa lelah terbayarkan dengan sejuknya udara di tengah panasnya Semarang buat orang Bandung seperti saya. Teman Menong bisa menjajal suasana sambil berjalan pagi keliling area hotel. Ada satu kejadian yang sempat membuat kami panik, saya menemukan ular yang 'santuy' meliuk tepat di belakang meja tempat saya beraktivitas😱. Alhamdulillah petugas hotel bertindak cekatan.
Resto Hotel Patra berada di lantai dasar. Teman Menong dapat memilih area outdoor sambil menikmati pemandangan luar hotel. Menu sarapan hotel ini juga saya beri rate 5/5 karena menyajikan hidangan yang sangat bervariasi dan enak di lidah. Menu favorit saya adalah nasi goreng dan pizza mini. Bila tak tergesa-gesa, saya betah menikmati suasana sarapan sambil bolak balik mencicipi hidangan lainnya.
pizza hotel patra semarang

Makassar, Sulawesi Selatan

Hotel Dalton Makassar

Hotel Dalton Makassar terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No.Km 16, Pai, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90243. Hotel ini layak untuk teman Menong pilih sambil menikmati keindahan Makassar.

Yang saya sukai dari Hotel Dalton adalah menu nya yang banyak menyajikan hidangan khas Sulawesi yang pastinya 'surga' bagi saya yang menyukai hidangan laut.
ikan dabu hotel dalton Makassar

Meski menu sarapan lain biasanya saja, bahkan terkesan berputar dari satu jenis saja seperti -ayam goreng-ayam kecap-ayam tepung, temang Menong dapat menikmati ikan dengan rasa gurih karena memang masih segar. Bagi teman Menong yang tak menyukai pedas, menu-menu ini dirasa kurang cocok. Saya beri rate 4/5 untuk Hotel Dalton Makassar.

Bekasi, Jawa Barat

Hotel Santika Bekasi Mega City

Hotel Santika Bekasi Mega City terletak Rooftop Lantai 5 Mega Bekasi Hypermall, Jl. Ahmad Yani No.1, Bekasi, West Java 17141. Bagi yang membawa kendaraan, teman Menong dapat langsung menuju rooftop. Namun bagi yang tidak membawa kendaraan, teman Menong dapat masuk melalui pintu masuk Mega City Mall.

Sambil cuci mata, teman Menong bisa menaiki lift di bagian belakang mall yang langsung terhubung ke Hotel Santika di lantai 5. Dari segi luas kamar, saya merasakan Hotel Santika memang tidak memiliki kamar yang luas meski di aplikasi biru tercantum luas kamar 23 – 26m2.

fish cake hotel santika mega city bekasi

Meski terkesan tak terlalu luas, fasilitas seperti kolam renang dan kebugaran tersedia untuk tamu.
Menu sarapan pagi selalu menggoda hati karena bervariasi dengan menu berbeda setiap harinya seperti pizza, fish cake (semacam otak-otak), bircher muesli. Kami bahkan mencicipi zuppa zuppa dan jamu saat sarapan. Kami memberikan rate 4.5/5 untuk menu di Hotel Santika Bekasi Mega City.

Sebetulnya menu di resto hotel relatif sama seperti makanan berat (nasi dan kawan-kawannya), roti dan pastri, bubur, buah-buahan, telur dan minuman (teh, kopi, sari buah). Namun di beberapa hotel, variasi menu dan cita rasa menjadi pembeda yang bisa teman Menong pilih. Hotel dengan makanan terenak mana yang pernah teman Menong kunjungi? Yuk, drop di kolom komentar!

Related Posts

25 comments

  1. Penasaran mbak aku sama tumis pare dan cilok ala hotel berbintang. Penasaran juga Ama ulrnya...dia minat sama menu apa ya hehe

    ReplyDelete
  2. Penasaran banget ya Allah.. segitu menariknya ya hotel membuat makanan sederhana jadi lebih menarik dan mewah

    ReplyDelete
  3. Gambar sambal dabu2 nya buat pengen, hahahahah

    ReplyDelete
  4. Wah, seru sekali ya bisa berkunjung ke banyak kota. Membaca ceritanya saja sudah bikin ngiler pengen nyobain juga.

    ReplyDelete
  5. Rata² menu hotel segitu² aja ya mba. Ada yg berat dan camilan². Tapi memang setiap hotel punya cita rasa tersendiri. Ada yg menunya minimalis ada juga yg bermacam² variasinya. Sampe bolak balik ngambil makanan. Tp tetep membawa cerita tersendiri ya mba

    ReplyDelete
  6. Pernah makan di Hotel Santika dan memang asli enak sih. Mudah-mudahan bisa eksplor juga kuliner di hotel-hotel lainnya. Seru sepertinya healing ke banyak ke luar kota, stay di hotel sambil menikmati makanannya, ya

    ReplyDelete
  7. kalau menurut saya makanan di hotel itu pasti enak-enak ya, tapi ide kulineran ke hotel-hotel wajib dicoba ini

    ReplyDelete
  8. Aku yg orang Semarang malah nggak tahu kalau di Patra enak2 sarapannya.

    Kalau ke Bandung aku suka hotel Padma. Puas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya Padma hotel bagus tapi saya belum pernah..hehehe

      Delete
  9. Mantap nih semua menu di hotel-hotel tersebut menawarkan berbagai cita rasa khas yang membuat tamu hotel memanjakan lidahnya. Apalagi kalau menu sarapannya istimewa, segala ada dan unik, pasti langsung dilirik. Kapan2 pas main ke Semarang mau ah nginep di Hotel Patra. Kamarnya luas banget dengan fasilitas kompliiit.

    ReplyDelete
  10. lho lhoo jarang-jarang nih dihotel dapat makanan enak.. hehe saya yg wong ndeso susah banget makan makanan hotel. tapi ini kek bikin ngiler bae..

    ReplyDelete
  11. saya penasaran dengan kulit tangkil, seperti apakah wujudnya Teh? kalau pare sudah tahu sih
    Banyak juga referensi hotelnya nih, saya juga suka cobain aneka makanan yang disiapkan hotel, penasaran aja dengan rasanya, apalagi menu makanan yang tidak pernah dicoba sebelumnya

    ReplyDelete
  12. wah noted banget nih rekomendasi makanan enak di hotel...ngincar yang bandung nih..seru buat liburan bareng keluarga

    ReplyDelete
  13. Wih makanannya enak² banget. Sederhana tapi bikin nagih ya. Hal yg aku suka kalo ke hotel tu nyicipin makanannya apalagi dessert²nya. Ahh. Enak banget😭.

    ReplyDelete
  14. Pernah lihat yang review sarapan di de java hotel, mana lumayan deket juga tempatnya dari tempat ngajar. Ingin coba tapi masa ga sekalian sama nginep di sana 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  15. Mbaaak...trus pas nemu ular santuy tuh minta pindah kamar atau masih tetep disitu mba? kok aku jadi merinding ya..kalau aku minta pindah kamar mbak takuut bangett.

    ReplyDelete
  16. Wah terimakasih banget infonya Mbak, karena yang diulas ada beberapa kota jadi sangat membantu banget. Yang di Semarang Hotel Patra Jasa emang hotel kuno ya , mbak .ngeri tuh sampai ada ular masuk, untung segera dapat diatasi.

    ReplyDelete
  17. ini mah keliatannya enak semua buat yang sering laper mata kayak akuu haha. tapi sejujurnya aku kalo ke hotel nggak selalu cobain makanannya sih. karena lebih suka jajan khas daerah tersebut hehe. kecuali kalo lg mau aman pasti pesen makan di hotel

    ReplyDelete
  18. kalau ke hotel, makanan yang disajikan juga menjadi prioritas kami. Selain fasilitas, cita rasa makanan hotelnya tetap masuk penilaian pribadi, hhhi. Ini enak banget

    ReplyDelete
  19. Salah satu hal penting saat memilih hotel memang hidangannya. Hehe. Saya belum pernah ke Makassar. Kalo di sana kuliner khasnya makanan laut ya. Semoga ada kesempatan untuk ke sana..

    ReplyDelete
  20. yang paling deket sama aku ada di Semarang nih, ntar coba juga aah. lama-lama rekomendasinya makin banyak nih bis se-Indonesia hehehe

    ReplyDelete
  21. Kaget banget kok bisa ada ular di hotel? 😱 Apa posisi hotelnya dekat hutan-hutan ya?

    Waah bisa ada tumis Pare sama kulit tangkil itu istimewa banget haha

    ReplyDelete
  22. Sudah lama ngga staycation jadi nggak apdet lagi soal hotel-hotel ini, kalau Jakarta aku suka hotel pullman yang di Jakbar, makanannya enak semua, lengkap dessertnya..

    ReplyDelete

Post a Comment