Hotel Pangandaran View Pantai

Post a Comment
hotel pangandaran view pantai

Telah lama sekali, saya dan Zauji merencanakan untuk healing ke pantai. Berhubung kami sudah lama tak mengunjungi Pangandaran, saya dan Zauji berniat untuk menghabiskan libur lebaran dengan touring ke Pangandaran berdua. Alhamdulillah ternyata rencana ini terwujud bahkan sebelum lebaran tiba. Jadilah saya dan Zauji mencari informasi mengenai hotel Pangandaran view pantai yang terjangkau.

Pantai Pangandaran

Dilansir dari berbagai sumber, Pangandaran terkenal dengan hamparan pantai yang terbentang sepanjang 91 km yang menghadap langsung Samudera Indonesia. Wow, luar biasa bukan? Selain itu, berdasarkan penelitian sebagian besar daratan di Pangandaran awalnya merupakan hamparan lautan. Daratan Pangandaran terbentuk saat Gunung Krakatau meletus di tahuh 1825 sehingga dapat dikatakan struktur tanahnya merupakan daerah timbul.

Meski sudah beberapa kali mengunjungi Pangandaran, saya sendiri masih terbingung-bingung dengan areanya. Terlebih hampir dipastikan saya hanya duduk manis sepanjang perjalanan dan turun langsung di penginapan.

Berbeda hal nya di bulan ramadhan ini, saat saya mendadak mendapatkan pekerjaan di Hawaii Van Jabar ini. Dan tentunya saya dan Zauji sambut dengan senang hati karena akhirnya cita-cita kami terwujud. Sisi lainnya, kali ini kami harus mencari sendiri transportasi dan tempat untuk menginap. Karena perjalanan ini dilakukan di akhir pekan, Zauji pun bersemangat untuk menemani saya.

Dahulu, saya tidak terlalu memperhatikan peta geografis Pangandaran. Bagi saya, pantai di Pangandaran hanya satu namun ternyata saat mencari penginapan, barulah saya ‘ngeh’ ada dua pantai berbeda yang menjadi penunjuk area wisata.
peta pangandaran
Peta Pangandaran (Sumber : mypangandaran.com)

Pantai Barat dan Pantai Timur, keduanya menjadi favorit para wisatawan karena keunikan yang akan memudahkan teman Menong untuk membedakan keduanya. Teman Menong yang hobi berburu ‘matahari terbit’, Pantai Timur bisa menjadi spot terbaik sedangkan Pantai Barat bisa teman Menong pilih sebagai tempat untuk menikmati keindahan ‘matahari terbenam’.

Hotel di Pangandaran

Karena waktu yang terbatas, kami mencari transportasi dan hotel pangandaran view pantai yang masuk dalam budget kami melalui aplikasi biru. Kamipun menyadari tentunya tak mudah mencari hotel di kawasan wisata dengan harga yang relatif murah terlebih di masa akhir pekan. Hanya saja karena suasana ramadhan, rate hotel tak setinggi biasanya. Masih tak bisa membayangkan perbedaan Pantai Barat dan Pantai Timur, kami memilih hotel yang berada di Pantai Barat dengan pertimbangan kegiatan dilaksanakan di sebuah hotel yang juga terletak di Pantai Barat.  

Hotel Horison Palma

Siapa yang tak kenal kenal Hotel Horison? Hotel bertaraf internasional dengan nuansa lokal ini ada di banyak kota di Indonesia. Hotel berbintang 3 hingga 5 ini sudah dikenal sebagai hotel dengan pelayanan superior.

Hotel Horison Palma terletak di Jalan Pantai Barat No 91, Kawasan Pangandaran, Pantai Barat, Pangandaran tak jauh dari Cagar Alam Pangandaran.
hotel horison palma pangandaran

Dalam kondisi normal, rate hotel ini apalagi di kawasan wisata akan jauh dari jangkauan kami. Namun berbeda halnya di bulan ramadhan ini saat tak banyak wisatawan yang berlibur, Hotel Horison memberikan rate di luar dugaan kami. Bila dalam kondisi normal, rate untuk Deluxe Room include breakfast ada di rentang Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000, bulan ramadhan ini rate turun hingga dibawah Rp. 600.000 include free breakfast (menu lengkap di restoran yang tentunya sudah dapat teman Menong bayangkan rasanya) dan dinner (ada 2 menu pilihan dari 4 menu yang tersedia) for 2 pax. Kamar yang langsung berhadapan dengan pantai memiliki rate lebih tinggi. Selain itu tersedia mini bar gratis di hari pertama.

kamar hotel horison palma pangandaran

Salah satu trik mendapatkan murah yang bisa teman Menong lakukan adalah berlibur dan menginap di Pangandaran di hari kerja atau weekday saat tak banyak wisatawan berkunjung.

Selain tepat berhadapan dengan Pantai Barat, fasilitas lain tentunya sudah terstandar seperti kamar dengan luas yang cukup luas kurleb 28 m2, gym, wifi dan TV kabel, kolam renang dan lokasi yang tak jauh dari deretan kuliner, pertokoan suvenir khas Pangandaran dan mesjid yang terletak tepat di belakang hotel (ini pilihan favorit Zauji).
ruang gym hotel horison palma pangandaran
Karena terletak tak jauh dari hutan, petugas hotel mewanti-wanti kami agar tak lupa menutup jendela saat meninggalkan kamar karena masih banyak monyet hutan yang berkeliaran dan seringkali ‘mampir’ ke dalam kamar.

Grand Aquarium Pangandaran

Hotel ini terletak bersebelahan dengan Hotel Horison Palma dan hanya terpisah lahan kosong saja dengan alamat Jl. Pantai Barat No.87 Pangandaran, Pantai Barat, Pangandaran.
Terlihat tak seberapa luas, hotel ini memiliki occupancy rate yang tinggi. 
kamar grand aquarium hotel pangandaran
Tak heran karena selain karena hotel ini termasuk dalam hotel Pangandaran view pantai yang banyak digemari karena memiliki kolam renang yang cukup luas dengan water boom sehingga cukup menarik sebagai pilihan keluarga. 
kolam renang grand aquarium hotel pangandaran
Dengan rate yang hampir sama dengan Hotel Horison Palma, teman Menong bisa mendapatkan kamar yang lebih luas dengan 2 double bed yang dapat diisi oleh 4 tamu. Selain itu adanya balkon menambah nilai plus.
balkon grand aquarium hotel pangandaran

Krisna Beach Hotel 

Inilah salah satu hotel dengan occuancy rate tinggi. Ada dua Krisna Beach Hotel di Pantai Barat yaitu Krisna Beach Hotel 1 yang terletak di Jalan Pantai Barat No. 21, Pangandaran, Pantai Barat, Pangandaran berbentuk desain kapal yang unik dan Krisna Beach Hotel 2 yang terletak di JL. Pramuka No. 13 Pangandaran, Pantai Barat, Pangandaran.
Bila teman Menong berniat untuk melihat sunset, Krisna Beach Hotel 1 menjadi pilihan karena berada tak jauh dari Taman Pangandaran Sunset.
krisna beach hotel pangandaran

Ada banyak hotel pangandaran view pantai yang terletak di Pantai Barat dan Pantai Timur dengan rate yang beragam. Dari hasil survei, harga atau rate hotel di Pangandaran tak jauh berbeda satu sama lain. Selain rate, teman Menong juga perlu memperhatikan fasilitas yang ditawarkan seperti kesediaan AC/kipas angin, sarapan gratis atau tidak, wifi dan TV (bila diperlukan), ukuran kamar (terutama bila membawa keluarga), lokasi dan fasilitas lain seperti kolam renang. Terkesan aneh, terkadang anak-anak akan senang berenang kembali di kolam renang hotel meski sudah berlelah-lelah berenang di pantai.

Jangan lupakan review setiap hotel yang akan teman Menong pilih. Salah kebiasaan kami adalah menelpon pihak hotel untuk menanyakan kesediaan kamar, rate, view yang kami inginkan, jumlah paket sarapan dan permintaan khusus seperti jenis bed (tentunya kami memilih double bukan single/twin bed) dan kamar non-smoking.

Alhamdulillah meski waktu terbatas, kali ini kami memiliki waktu untuk berjalan-jalan dengan motor pinjaman hingga Jembatan Merah, jembatan penghubung pelabuhan pendaratan ikan Cikidang dengan kawasan Pantai Timur yang menjadi spot ‘ngehits’ bagi wisatawan. 

Dan akhirnya kami berdua dapat membedakan Pantai Barat dan Pantai Timur yang sama cantiknya. Dilansir dari mypangandaran.com. kontur keduanya dapat dibedakan dengan mudah. Pantai Barat memiliki hamparan pantai yang lebih luas dan lebih indah sehingga nyaman untuk digunakan sebagai area bermain dan berenang. Pantai Timur sendiri mengalami abrasi besar-besaran sehingga area pantai menyusut jauh membuat kawasannya menyempit. Namun jangan salah, teman Menong hanya akan menemukan watersport seperti jetsky dan banana boat di Pantai Timur.

Bila di Pantai Timur teman Menong disuguhi pemandangan deretan perahu nelayan ikan berwarna warni yang terombang-ambing diterjang deburan ombak, maka di Pantai Barat teman Menong bisa sepuasnya bermain pasir atau hanya sekedar berjalan santai menikmati pecahan ombak. Dengan lokasi yang berlawanan arah dan dihubungkan dengan daratan yang menjadi jejeran pertokoan, penginapan, dan fasilitas umum seperti toilet dan mushola.

hotel di pangandaran

Teman Menong juga bisa naik perahu dan singgah di Pantai Pananjung yang terkenal dengan pasir putihnya. Tak berbeda jauh dengan Pantai Trikora di Pulau Bintan, pantai ini tak kalah menakjubkan.

Dan ternyata hotel Pangandaran view pantai terbaik memang berada di Pantai Barat. Selain menyesuaikan budget, tentunya kenyamanan menjadi dasar penting untuk bersenang-senang bersama keluarga sambil menikmati indahnya salah satu pantai kebanggaan nusantara.

Related Posts

Post a Comment