Hotel dengan Kamar Terluas Bagian 1

22 comments
hotel dengan kamar terluas

Seringnya bepergian ke luar kota membuat saya dan Zauji detil deskripsi kamar yang kami gunakan saat akan memilih hotel. Dari beberapa kota yang sempat kami singgahi, kami menandai hotel dengan kamar terluas yang kami rangkum untuk teman Menong semua. Just check it out!

Semarang, Jawa Tengah

Patra Semarang Hotel & Convention

Patra Semarang Hotel & Convention terletak di Jl. Sisingamangaraja, Candisari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50252. Jujur saja, saya jatuh cinta dengan hotel ini. Hotel di bawah naungan anak perusahaan Pertamina ini memang memiliki area yang sangat luas dan fasilitas lengkap seperti parkir, kolam renang, taman bermain.
kolam renang hotel patra semarang
Selain menu sarapan, makan siang dan makan malam yang saya beri rate 5/5 (masuk dalam hotel dengan makanan terenak), saya juga memberikan rate 5/5 untuk kamarnya yang super luas.

Meski tertera luasan kamar 32m2 dalam aplikasi biru, rasanya kamar yang dilengkapi king bed size, sofa, dua buah kursi dan meja, dan meja TV. Teman Menong dapat pula memandang area luar melalui balkon yang lumayan luas. Asiknya, pihak hotel menyediakan jemuran kecil di area balkon yang bisa teman Menong manfaatkan untuk menjemur handuk atau pakaian. Berbeda dengan hotel pada umumnya, area di sekitar tempat tidur sangat luas sehingga dapat digunakan untuk berkumpul sambil menonton TV.
Patra Semarang Hotel & Convention
Patra Semarang Hotel & Convention (Sumber : industry.co.id)

Patra Semarang Hotel & Convention terletak di kawasan yang di kelilingi area terbuka yang sangat luas dengan deretan bungalow, kolam renang berukuran luas dan track berjalan kaki. Hotel ini juga berada tak jauh dari deretan kuliner dan supermarket yang akan memudahkan teman Menong mencari alternatif makanan lain.
hotel patra semarang
Dilihat dari rate harga, bungalow Patra Semarang Hotel & Convention memiliki harga yang sangat layak untuk teman Menong pilih karena areanya yang cocok untuk penginapan keluarga. Setidaknya saya sangat menyukai udaranya yang segar meski relatif panas untuk orang Bandung seperti saya.

Sayangnya semua foto di Semarang tak bisa saya temukan jejaknya😓.

Cianjur, Jawa Barat

Hotel VIP 

Hotel VIP terletak di dekat pusat kota Cianjur, tepatnya di  Jalan KH. R. Abdullah Bin Nuh No.189, Sawah Gede, Cianjur, Nagrak, Kecamatan Cianjur, Nagrak, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur. Awalnya saya tak begitu menghiraukan hotel ini karena tak terlalu terkesan sehingga saya lebih memilih Hotel Gino Feruci.
hotel VIP Cianjur
Berhubung Zauji ingin menikmati suasana baru. akhirnya kami mencoba untuk memilih hotel ini. Dan tak disangka saya jatuh hati pada hotel yang hanya memiliki satu lantai ini dengan kamar terbatas.

Dari segi harga, Hotel VIP menawarkan rate yang cukup murah untuk kamar terbaiknya yaitu RP. 375.000 dengan sarapan dan Rp. 350.000 tanpa sarapan. Hal ini karena menu sarapan di hotel ini sangat minimalis alias tak banyak pilihan karena terbatas pada nasi goreng, mie goreng atau roti bakar saja. Namun dari segi luas kamar, Hotel VIP layak diberi rate 5/5 untuk hotel dengan kamar terluas.
hotel VIP Cianjur

hotel VIP Cianjur

Bayangkan saja, teman Menong bisa mendapatkan King Bed Size dengan space yang cukup luas di kanan dan kiri tempat tidur, kursi dan karpet untuk sholat berjamaah atau menerima tamu, meja untuk makan plus teras yang cozy untuk nongkrong.
hotel VIP cianjur
Teman Menong akan mendapatkan welcome snack setiap harinya dan dapat memesan makanan dengan menu sederhana dengan harga relatif murah namun beberapa diantaranya memiliki rasa yang lumayan enak seperti ayam serundeng + nasi dengan harga Rp. 25.000 atau mie instan dengan harga Rp. 15.000 saja yang pastinya lebih murah daripada harga menu resto hotel pada umumnya.
welcome snack
Hotel VIP juga berada tak jauh dari Citimall atau minimarket dan pusat kuliner sehingga teman Menong tak perlu khawatir untuk mencari makanan lain.

Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 

Hotel Comforta

Hotel Comforta terletak di Jalan Adi Sucipto km 10 Tanjung Pinang, Tanjung Pinang Timur, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Hotel Comforta termasuk hotel lama di Tanjung Pinang. Dari luar akan terlihat fisiknya yang masih bernuansa tahun 80an. Jalan menuju lobi hotel agak menanjak karena area hotel sendiri berada di tempat yang lebih tinggi dari jalan raya. Teman Menong akan disambut area lobi yang luas dan tangga lebar menuju lantai 2 tempat kamar tamu berada.
Hotel Comforta
Sayangnya tidak ada lift sehingga sedikit merepotkan bagi teman Menong yang memiliki kesulitan untuk naik tangga. Saya sendiri mendapatkan kamar di lantai 2. Meski tepat bersebelahan dengan teman, ternyata kamar saya jauh lebih luas karena terletak di area sudut. 
hotel comforta tanjung pinang

hotel comforta bintan

Sebagian kamar di lantai 2 memiliki balkon yang menghadap langsung area kosong atau teras di lantai 2 sehingga harus dipastikan pintu balkon terkunci setiap saat demi keamanan. Bila membawa keluarga, biasanya area balkon seperti ini menjadi favorit. Hanya saja teras balkon menyatu menjadi satu area untuk beberapa kamar sehingga mengurangi privasi.

balkon hotel comforta bintan


area kolam renang hotel comforta tanjung pinang

Namun jangan khawatir, teman Menong bisa pula memilih kamar di area outdoor terutama bila menginap bersama keluarga. Kamar outdoor berdekatan dengan area kolam renang sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi.

hotel comforta bintan

hotel comforta bintan

Saya pribadi lebih menyukai hotel ini karena berada di perkotaan yang membuat kami mudah untuk mencari makanan sendiri. Di seberang jalan berderet pertokoan dan kuliner. Kami sempat menikmati masakan Padang dan batagor khas Bandung (seperti tulisan di gerobaknya) yang super enak karena rasa ikannya yang sangat kuat.

Saya memberi rate 4.5/5 untuk Hotel Comforta, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini.

Bandung, Jawa Barat 

Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant

Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant terletak di Jl. Pelajar Pejuang 45 No.123, Turangga, Kec. Lengkong, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40264. Hotel ini termasuk hotel lama yang berdiri di kota Bandung. Satu hal yang saya sukai adalah mesjid yang lumayan besar yang terletak di halaman hotel, sesuatu hal yang jarang.

Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant berada tak jauh dari area Buah Batu sehingga teman Menong memiliki banyak alternatif kuliner atau departemen store. Teman Menong dapat mengunjungi Trans Studio Bandung yang berjarak tak lebih dari 2 km saja.

Saya mendapatkan kamar dengan tempat tidur berukuran king bed. Belum lagi space kosong di kanan dan kiri tempat tidur. Bagi saya yang harus tidur sendirian karena Zauji tak bisa menemani saya, luas kamar justru membuat tak nyaman. 
kamar hotel asrilia bandung

kamar hotel asrilia bandung


Namun bagi teman Menong yang membawa keluarga khususnya anak kecil, hotel ini bisa menjadi pilihan. Terlebih lagi hotel ini dilengkapi dengan area kolam renang yang super luas dengan seluncuran yang panjang membuat anak-anak betah berlama-lama.
kolam renang hotel asrilia bandung
Hanya saja karena Grand Asrilia termasuk hotel lama, suasana koridor menuju kamar dan depan yang sangat luas membuat nyali sedikit ciut saat harus berjalan sendirian. Kamar hotel ini saya beri rate 4.5/5.

Beberapa hotel telah saya ulas sebelumnya termasuk Padjajaran Suite Hotel BogorHotel mana lagi yang yang layak dinobatkan sebagai hotel dengan kamar terluas dan juga layak untuk teman Menong pilih? Simak di postingan selanjutnya ya!

Related Posts

22 comments

  1. Wah, Patra masuk ke jajaran kamar hotel terluas. Kamar luas cocok sekali kalau sedang bepergian dengan anak-anak atau keluarga besar ya. Terima kasih referensinya. Semoga berguna ketika kapan-kapan touring ke penjuru Indonesia. Saya tunggu artikel selanjutnya untuk kota-kota yang lain.

    ReplyDelete
  2. Hotel VIP Cianjur masuk jajaran hotel dengan kamar luas ternyata, harganya juga lumayan terjangkau ya untuk kamar seluas itu. Must try someday nih, secara dekat juga dari Sukabumi, tinggal cus naek kereta. Hatur nuhun Teh untuk referensinya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya mbak. Ternyata banyak juga hotel dengan kanar luas, namun harga terjangkau. Ditunggu referensi hotel lainnya mbak.

    ReplyDelete
  4. Seru ya sering dinas ke luar kota jadi tahu banyak hotel di setiap daerah. Aku juga sama sih kalau menginap di hotel paling suka kalau dekat dengan tempat makan lain. Biar nggak makan di hotel terus.

    ReplyDelete
  5. Wah mbak Menong udah kemana-mana ya. Hotel Comforta Tanjungpinang ini dekat banget sama rumah mertua ku. Tapi aku nggak nyangka kalau hotel ini nggak ada lift nya wkwk. Tapi nggak papa ya mbak itung-itung olah raga. Rate nya juga standar ya disana. Aku yang biasa di Batam, tahu rate hotel disana tuh iri hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah ke Batam..hehehe....mungkin karena Batam destinasi wisata jadi rate nya lebih tinggi yaa

      Delete
  6. Hotel-hotel yang dari luar kayak sudah lama ternyata dalemnya masih terawat dan nyaman juga ya. Bisa jadi alternatif ni, mana harganya lebih murah dari hotel-hotel baru yang minimalis

    ReplyDelete
  7. Wah dari dulu pingin banget nginap di hotel bareng keluarga meskipun sekarang masih berkhayal karena belum paham caranya dan anak2 terlalu banyak

    ReplyDelete
  8. Masyaallah rezeki, ya, Mbak, bisa sering-sering keluar kota bersama suami. Jadi, seperti refreshing, soalnya saya punya teman yang rutin menginap di hotel bersama suami untuk mencari suasana baru.

    ReplyDelete
  9. Aku malah belum pernah tuh nginep di Patra, karena di kota sendiri kali ya. Paling ke Patra kalau ada acara saja.

    ReplyDelete
  10. Hotel-hotel dengan kamar yang luas bisa jadi pilihan kalau staycation ramai-ramai bareng keluarga besar.

    ReplyDelete
  11. jadi inget kalau akhir pekan ini akan jadi libur weekend yang lumayan panjang. aiiih, pengen staycation deh. kalau booking sekarang, masih kebagian tempat gak ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layak dicoba tapi biasanya rate lebih tinggi dari biasanya.

      Delete
  12. Mantap banget nih, Bu. Semakin banyak jelajahi hotel, jadi bisa tahu titik nyaman kita di mana, ya. Btw, ketersediaan bed di semua hotel ini bisa diakses secara online, nggak, ya, Bu?

    ReplyDelete
  13. seru ya mbak jadi punya referensi nih. dengan berbagai pengalaman gini ada mbak bisa bantu bikin tiips d and donts donk mbak saat enginap di hotel. yang ini aku noted nih bisa jadi referensi pribadi

    ReplyDelete
  14. Kamar yang luas tuh nyaman ya apalagi kalau bawa Bocil jadi nggak terasa sumpek dan sesak, aku pernah di Patra tuh memang luas dan ada jacuzzi dong di kamar hihi

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah sudah menjelajah ke berbagai kota. Terima kasih reviewnya, Mbak. Bermanfaat nih, kalo suatu saat ada kesempatan berkunjung ke kota-kota di atas

    ReplyDelete
  16. Waaah aku tertarik sama hotel Grand Asrilia karena tersedia wahan bermain untuk anak-anak..

    ReplyDelete
  17. asik banget tuh hotel grand asrilia yang punya kolam renang super lengkap dengan wahana main anak..anak-anak bakalan suka nih

    ReplyDelete

Post a Comment