Ayat-Ayat Ruqyah Pengusir Jin Dan Sihir

17 comments
ayat-ayat ruqyah pengusir jin dan sihir
Jujur saja, saya bukan termasuk anak yang pemberani pada saat  menonton atau mendengar cerita horor khususnya horor Indonesia. Seiring banyaknya tayangan, ada beberapa channel Youtube mengenai ayat-ayat ruqyah pengusir jin dan sihir secara syariah yang menarik perhatian saya.

Cerita

Saat kecil dulu, momen yang paling menyenangkan adalah saat berkumpul dengan sepupu-sepupu di rumah Embah. Saya, yang notabene tinggal di rumah Embah, menantikan momen ini setiap tahun terutama saat liburan lebaran atau liburan sekolah tiba.

Saat berkumpul, salah satu yang sering dilakukan adalah bercerita tentang hantu. Meski kami, para bocil, semua penakut (ya tentu saja penakut!), entah mengapa kami semua senang sekali berbagi cerita mengenai cerita seram atau sekedar mendengarkan paman kami bercerita tentang pengalaman mistis yang pernah beliau alami. Dan seperti biasa, kami menjadi pendengar yang tak pernah melewatkan sesi ini walau saat malam semakin larut kami kembali tidur berdempetan dan tak berani pergi ke kamar mandi sendirian.

Rumah Embah sendiri, meski berada di tengah kota, terkadang terasa menyeramkan. Saya pernah terbangun di tengah malam dan melihat ‘wujud putih’ tepat di pintu masuk rumah. Dan kini saya berasumsi ‘wujud putih’ itu adalah bayangan lampu yang jatuh di kayu pintu yang berwarna coklat.

Embah sendiri termasuk orang yang jarang membahas cerita mistis. Beliau lebih sering menceritakan kisah heroik para pejuang saat beliau mendampingi Aki di masa kemerdekaan dulu. Beranjak besar dan seiring dengan pemahaman agama yang dipelajari baik di rumah, di sekolah atau lainnya, kami mulai mengerti bila ‘hantu’ yang sering kami bicarakan dulu adalah kaum jin.

Sebagaimana manusia, jin juga diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Dan seperti manusia, jin pun bisa menjadi jin yang beriman dan jin yang kufur yang sering mengganggu manusia. 

Ruqyah

Bila mendengar kata ‘ruqyah’ otomatis kita akan teringat pengobatan alternatif untuk menangani gangguan gaib seperti kesurupan, santet, sihir dan gangguan jin lainnya. Kesalahpahaman pengertian ruqyah ini seolah telah menjadi hal yang lumrah. Bahkan peruqyah pun digambarkan sebagai sosok yang sakti, hebat dan punya kelebihan menangkal dan mengusir jin.

Secara bahasa, ruqyah berasal dari bahasa Arab yang berarti berlindung. Ruqyah dapat didefinisikan sebagai pengobatan dengan ayat-ayat Al Quran, doa, dzikir khusus untuk menyembuhkan penyakit medis atau non medis. 

Ruqyah yang dilakukan secara syar’i akan dilakukan sesuai dengan syariat agama yaitu dengan menggunakan ayat-ayat Al Quran. Ruqyah dapat dilakukan secara mandiri dengan bacaan sederhana yang biasa kita baca sehari-hari. Zauji sendiri sering melakukan ruqyah mandiri terlebih saat kami sakit. Cara sederhana tentunya dengan melantukan ayat Al Quran melalui MP3 atau membacakannya sendiri.
Al Quran sebagai obat

Ruqyah Mandiri

Dirangkum dari kajian Ustadz Khalid Basalamah, ruqyah dapat dilakukan untuk mengobati, menyembuhkan, meningkatkan kesehatan dan melindungi diri dari gangguan jin atau sihir. Caranya sangat sederhana yang bisa teman Menong lakukan kapan saja dan dimana saja.

Pertama, siapkan diri, berwudhu, menutup aurat dan niatkan sebagai bagian dari mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah Maha Menyembuhkan. Allah Maha Menggenggam setiap makhluk ciptaan-Nya. Dan ingatlah selalu manusia diciptakan paling mulia dengan kesempurnaan melebihi makhluk lain atas karunia dari Allah.

Awali dengan ta’awudz dan istighfar.
posisi tangan saat ruqyah
Posisikan telapak tangan dalam keadaan terbuka seperti sedang berdoa dan baca ayat-ayat ruqyah pengusir jin dan sihir berikut ini:

Al Fatihah sebanyak 3x dan setiap bacaan tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan.
Ayat Kursi sebanyak 1x dan tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan.
Hilangkan semua waswas dalam hati.
Al Kafirun sebanyak 1x dan tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan.
Al Ikhlas, tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan dan ulangi 3x.
Al Falaq, tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan dan ulangi 3x.
An-Naas, tiup sebanyak 3x ke seluruh bagian telapak tangan dan ulangi 3x.

Usap dari kepala (dari depan ke belakang), wajah, mata, hidung, telinga, dada, tangan, badan sampai kaki (dan telapak kaki) dengan niat membentengi diri dari sihir. Lakukan dengan keyakinan Allah akan menyembuhkan.

“Ya Allah jadikanlah ayat-ayat yang aku bacakan ini menjadi benteng dari sihir, syaiton, ‘ain, penyakit hati dan penyakit badan.”

Ulangi semua bacaan ayat-ayat Al Quran dari Al Fatihah – An Naas beserta gerakan tiupan ke telapak tangan.

Usap dari kepala (dari depan ke belakang), wajah, mata, hidung, telinga, dada, tangan, badan sampai kaki (dan telapak kaki) sambil digosok-gosok dengan niat menghancurkan bila ada gangguan jin/sihir. Lakukan dengan keyakinan Allah akan menyembuhkan.

“Ya Allah jadikanlah ayat-ayat yang aku bacakan ini menjadi penghancur sihir, syaiton, ‘ain, penyakit hati dan penyakit badan.”

Bila terasa panas, pusing, gelisah, gatal/batuk atau sendawa, perbanyak istigfar dan ulangi usapan di bagian tubuh yang terasa efeknya. Bila terasa ingin muntah, jangan ditahan.

Ulangi semua bacaan ayat-ayat Al Quran dari Al Fatihah – An Naas beserta gerakan tiup telapak tangan tiupan ke telapak tangan.

Usap kepala (dari depan ke belakang), wajah, mata, hidung, telinga, dada, tangan, badan (dari arah perut tarik ke arah mulut) sampai kaki (dan telapak kaki) sambil digosok dan dikibaskan ke arah luar seperti mengeluarkan sesuatu dengan niat membersihkan atau mengeluarkan bila ada gangguan jin/sihir.

“Ya Allah jadikanlah ayat-ayat yang aku bacakan ini untuk mengeluarkan sihir, syaiton, ‘ain, penyakit hati dan penyakit badan.”

Bila terasa panas, pusing, gelisah, gatal/batuk atau sendawa, perbanyak istigfar dan ulangi usapan dan kibasan di bagian tubuh yang terasa efeknya. Bila terasa ingin muntah, jangan ditahan.

Lakukan setiap pagi dan sore selama dua minggu berturut-turut.

Hal lain yang bisa teman Menong lakukan adalah menyiapkan daun bidara dan masukan ke dalam air biasa atau air zamzam dalam wadah. Simpan di depan kita saat sedang membaca ayat-ayat ruqyah dan tiup sebanyak 3x setiap ayat-ayat ruqyah dibacakan. Air dapat diminum, digunakan untuk mandi atau mengepel lantai dengan kain pel yang masih baru.

Saya sendiri sering mempraktekkan ruqyah mandiri ini. Saat pertama kali, tengkuk terasa panas dan terasa mual namun setelah terus menerus dilakukan, semua reaksi menghilang. 

Ayat-ayat ruqyah pengusir jin dan sihir kita panjatkan semata-mata hanya untuk memohon pertolongan Allah dan bagian dari ikhtiar kita untuk sembuh dan selamat dari segala bentuk penyakit dan gangguan baik secara fisik atau metafisik. Praktek ruqyah untuk orang lain bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak yang belum baligh seperti yang disampaikan Ustadz Faizar sebagai pemusnah sihir.

Related Posts

17 comments

  1. ini kok pas banget, pas saya baca artikel ini sambil dengerin podcast nya Dedy Corbuzier dengan Ustadz Faizar yang membahas tentang ruqyah juga. Dan sama juga juga salah satu treatment nya yaitu dengan daun bidara yang memang sudah dimafhumi untuk pengobatan ruqyah ini.

    ReplyDelete
  2. Sama aku juga penakut, makanya gak suka nonton film horror, wkwk. Selama ini aku juga salah mengartikan ruqyah, tapi Insya Allah kalau doa2 untuk berlindung aku juga suka lakukan secara mandiri. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT dan dijauhkan dari gangguan jin ya, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tips ruqyah mandiri Teh, mau cobain juga, karena kita kan ga tahu ya
    semoga kita dijauhkan dari gangguan jin dan selalu dalam lindungan Allah SWT

    ReplyDelete
  4. Inipun yang diberikan ustad ku untuk ruqyah mandiri, karena kala itu aku lumayan sekali tp sekarang udah ga terlalu kaya dulu krn udah bisa lebih slow dan punya keyakinan kuat kalau kita jauh lebih tinggi derajatNya

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah... Memang kita perlu sering-sering mengokohkan benteng diri dengan ruqyah mandiri. Bahkan ruqyah bangunan juga. Biar terjaga jiwa raga..

    ReplyDelete
  6. awalnya saya mengira hal beginian tuh sesuatu yang tidak bisa dinalar. Tapi nyata adanya ya mbak. Beneran ini ayat ruqyah pengusir jin dan sihir itu ada.

    ReplyDelete
  7. Ruqyah sebagai salah satu bentuk ikhiar kita agar terhindar dari buhul² jin, memang seharusnya ini sebagai bacaan tiap hari ya mba

    ReplyDelete
  8. Merutinkan ruqyah mandiri bagus ya mbak supaya ga ada ganjelan juga. Kalo aku sekarang coba merutinkan dzikir pagi sorw utk penjagaan diri

    ReplyDelete
  9. Terima kasih informasinya, Kak. Dari bacaan itu, biasanya dipraktikkan kalau mau tidur. Ternyata itu bagian dari ruqyah mandiri. Seringnya dulu lihat di tivi, ada acaranya Ustadz yang meruqyah secara live, nggak terlalu paham yang dibaca

    ReplyDelete
  10. Jadi inget, dulu juga rutin nonton channel youtube Ustadz Faizar. Dari sana jadi tau juga kalau jin gak bisa nyebrangin lautan. Waktu belum nikah, aku sempet sakit-sakitan di daerah perut. Udah ke dokter dan pakai obat, tetep balik lagi sakitnya. Setelah nikah, pindah benua, sakitnya hilang dengan sendirinya (selain usaha fisik dengan memperbaiki pola makan). Mungkin, dulu kena gangguan jin.

    Kayaknya harus coba rutinin ruqyah pribadi. Aku bookmark tulisannya yaa

    ReplyDelete
  11. Masyaallah, sepertinya saya butuh ulasan ini, Mba. Pernah baca di kanal lain, tetapi sepertinya belum nyantol bener. Kalau ada yang kurang jelas, saya izin wapri, Mba, ya. Barakallah.

    ReplyDelete
  12. Masya Allah mba, ini siapapun pasti akan sangat membutuhkan sekali yaa jika sewaktu2 dibutuhkan. Karena situasi dan kondisi tubuh yang kita nggak tahu gimana ke depannya. Smoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT yaa ..

    ReplyDelete
  13. Ternyata anak2 emang sukanya gitu yaa, klo kumpul sukanya ngobrolin cerita horor, tpi pas mau tidur suka kebayang2 sndiri ga sih.
    Ruqyah ini juga bisa dipraktikkan setiap hari menjelang tidur berarti yaa Mba

    ReplyDelete
  14. Bener banget, banyak yang sslah paham soal Ruqiyah. Banyak yg menganggap Ruqiyah untuk ngusir jin, dan yang diruqiyah itu dianggap kerasukan. Padahal kan ga gitu ya konsepnya:')

    ReplyDelete
  15. Iya mamaku dulu menganggap ruqyah tuh miring banget, kayak ngga sesuai ajaran Islam padahal ada tata caranya dan ngga seperti film exorcist gitu atau film horor lainnya hehe

    ReplyDelete
  16. betul kak, biasanya saya sebelum tidur melakukan ruqiyah mandiri. dalam hadits pun dianjurkan untuk melakukan ruqiyah ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment