Multigrain Mix untuk Diabetes dan Diet

Post a Comment
Saat ini, menjadi entrepreneur atau wirausaha bukan lagi profesi alternatif namun sudah menjadi profesi utama yang banyak dipilih banyak orang. Ibunda sendiri sudah melakoni usaha jauh sebelum menikah. Dan ketika kami masih kanak-kanak, Ibunda merintis warung kecil yang menjual alat-alat jahit yang masih bertahan hingga sekarang, artinya sudah 40 tahun lebih. Saat ini, saya mulai terpikir mengembangkan usaha kreatif dan unik, multigrain mix untuk diabetes dan diet.

Diabetes

Awalnya kami berkenalan dengan seorang teman yang lebih dahulu mengenal dr. Zaidul Akbar, seorang dokter praktisi pengobatan sunnah, pencetus JSR, Jurus Sehat Rasulullah. Sebetulnya jauh sebelumnya, saya juga sudah mengenal dokter Tan Shot Yen, dokter yang juga seorang praktisi nutrisi. Dari beliau lah saya banyak mengenal nutrisi sesungguh nya sudah disediakan alam tanpa olahan. Saya pun mulai mengenal apa raw food atau indeks glikemik.

Menikah dengan diabetesi tentunya membuat saya harus lebih ekstra memperhatikan kandungan gula dalam setiap sajian yang Zauji makan. Alhamdulillah, meski awalnya terasa berat, akhirnya kami bisa mengurangi beberapa kebiasaan yang sarat dengan kadar gula tinggi. Kami pun mulai membiasakan minum teh tanpa gula (dan akhirnya Zauji hanya meminum air putih saja), tidak lagi mengkonsumsi berbagai jenis kue dan makanan manis, menyajikan hidangan dengan gula seminimal mungkin seperti bubur kacang hijau atau puding agar-agar.

Multigrain Mix

Sejak dua tahun yang lalu, Zauji mulai membiasakan untuk makan nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Rasa asli nasi merah hampir tak berasa alias hambar. Untuk meningkatkan rasa dan memperkaya kandungan serat, saya mencampurkannya dengan multigrain mix. Multigrain mix terdiri dari 15 jenis biji-bijian dan kacang-kacangan yang dapat dimasak dengan beras putih atau beras merah sehingga menjadi lebih kaya serat dan memiliki indeks glikemik lebih rendah.

Tak hanya untuk penderita diabetes, multigrain mix bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang sedang berdiet karena mudah membuat perut terasa kenyang. Nasi multigrain mix dapat jadi obat rindu bagi siapapun yang terbiasa mengkonsumsi nasi putih atau nasi merah polos. Alhamdulillah gula darah Zauji masih berkisar di bawah 200, yang berarti masih angka aman bagi seorang diabetesi.

Bagaimana sih cara memasak multigrain mix ini?
  • Cuci 2 cangkir beras putih atau beras merah
  • Campurkan 2 sdm multigrain mix dengan beras yang sudah dicuci
  • Masak hingga matang
  • Nasi multigrain mix ini bisa diolah dalam berbagai versi loh tak hanya nasi biasa tapi juga bisa dibuat nasi goreng atau nasi uduk.
nasi putih multigrain mix

Biji dan Kacang

Biji-bijian dan kacang-kacangan apa yang dapat digunakan?
Secara sederhana, kita bisa menggunakan kacang hijau tanpa kulit, oatmeal, tepung jagung non organik, barley dan lainnya yang masing-masing memiliki khasiat tersendiri.

Tentu saja awalnya kami membeli multigrain mix ramah diabetes dan diet ini di supermarket. Namun karena kami tak bisa memilih sendiri biji-bijian dan kacang-kacangan yang kami suka, akhirnya saya berinisiatif untuk membuat sendiri dengan biji-bijian dan kacang-kacangan pilihan yang berkualitas. Alhasil, nasi merah khusus untuk Zauji menjadi lebih berasa dan enak. Saya sendiri sering membuat nasi putih multigrain mix sendiri yang rasanya tak kalah lezat.
nasi goreng multigrain mix

Karena sering membagikan kisah ini, beberapa teman penasaran untuk mencoba. Dengan kemasan yang praktis dan sederhana, walhasil, beberapa teman mulai berlangganan produk spesial ini (termasuk buibu yang sedang berdiet looh)

multigrain mix

Kami sendiri masih menanak nasi dengan cara tradisional menggunakan dandang. Dan tentunya lebih repot karena harus melalui dua tahapan yaitu mengaroni terlebih dahulu (dan ini harus ditunggui ya supaya tidak kebablasan air telalu kering) lalu mengkukus nasi hingga matang selama kurleb 40 menit. Nasi masak tradisional ini lebih sehat dan enak karena nutrisi tetap terjaga dan kadar arsenik yang secara alami ada dalam beras lebih berkurang.

Hingga saat ini, Zauji sudah terbiasa mengkonsumsi multigrain mix. Selain menjadi ide usaha kreatif dan unik ini , multigrain mix untuk diabetes dan diet ini semoga bisa membantu teman-teman yang sedang berikhtiar menurunkan gula darah atau mendapatkan berat badan ideal.

Related Posts

Post a Comment