Hotel di Cipanas Cianjur

Post a Comment
hotel di cipanas cianjur
Dahulu saat tol Jakarta - Bandung belum dibangun, setiap akan pulang kampung ke Bogor, mau tak mau kita akan melalui Kabupaten Cianjur dan jalur Puncak Pass yang terkenal itu. Cipanas merupakan salah satu area favorit saya karena pemandangan yang indah yang bisa kita nikmati. Kini banyak sekali hotel di Cipanas Cianjur sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Struktur geografis yang menarik membawa Cianjur menjadi salah satu destinasi wisata pegunungan yang menjadi favorit wisatawan. Terlebih lagi wilayahnya yang berdampingan dengan kawasan Puncak Pass di Kabupaten Bogor.

Cipanas menjadi kecamatan di Cianjur yang termasuk dalam kawasan wisata Puncak karena letaknya berbatasan langsung. Di kecamatan inilah Istana Cipanas, Istana Kepresidenan dengan luas 26 hektare didirikan pada tahun 1740.

Kawasan Cipanas juga memiliki banyak destinasi wisata lain seperti Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, dan Curug Citambur yang viral belakangan ini.
Tak aneh bila hotel atau penginapan di Cianjur banyak yang terletak di daerah Cipanas. 

Palace Hotel

Saya sendiri pernah menginap di Palace Hotel sebanyak 2 kali. Palace Hotel terletak di  Jalan Raya Cipanas KM 81,2, Cipanas, Puncak, Jawa Barat. Hotel ini terletak di jalan raya Cipanas tak jauh dari Istana Kepresidenan. Karena letaknya di pinggir jalan raya, teman Menong akan banyak menemukan fasilitas umum seperti minimarket, apotek dan rumah makan. Teman Menong dapat meluncur ke Pasar Cipanas dengan menggunakan angkutan umum tepat di depan hotel. Kuliner sate maranggi, rumah makan khas sunda dan kuliner khas Cianjur lainnya banyak berjejer untuk teman Menong pilih.

Kali pertama saya mendapatkan kamar dengan deluxe twin bed dengan balkon menghadap jalan raya dan kedua kali saya mendapatkan kamar dengan deluxe single bed dengan balkon menghadap area kolam renang yang berada tepat di tengah hotel. Rate hotel berkisar Rp. 500.000 tanpa sarapan.
palace hotel cipanas
Secara umum, kamar di Palace Hotel memiliki luas kurleb 32m2 yang artinya lebih luas dibandingkan luas rata-rata kamar hotel lain. Hotel ini memiliki konsep semi terbuka sehingga teman Menong yang menyukai konsep hotel atau penginapan dengan ruang terbuka akan menyukai Palace Hotel. Kamar deluxe single bed yang saya pilih memiliki luas memanjang sehingga kamar mandi lebih luas. Lampu kamar juga terang sehingga cocok untuk membaca.
kamar hotel palace cipanas
Hanya saja, posisi lift akan sangat membingungkan bagi tamu yang baru berkunjung dan masih tak familiar dengan area hotel. Lift langsung tidak tersedia untuk kamar hotel yang berada di sebelah kanan sehingga tamu harus jalan menuju area tengah hotel dekat kolam renang agar dapat menaiki lift yang dituju. Kala pertama saya juga dibuat kebingungan saat akan check in karena resepsionis berada di lantai dua. 

Selain luas kamar, saya juga sering memperhatikan menu sarapan di setiap hotel. Palace menyediakan menu sarapan yang standar (nasi dan teman-temannya, roti, susu, sereal dan puding) tanpa banyak pilihan. Namun tak usah khawatir, rasanya lumayan enak kok. Udara dingin pagi juga membuat resto yang semi terbuka terasa dingin namun juga menyegarkan.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap termasuk tempat parkir yang luas, kolam renang (dewasa dan anak), taman bermain anak, lapangan luas untuk kegiatan outdoor. Bagi teman Menong yang datang bersama keluarga, Palace Hotel bisa menjadi pilihan terbaik hotel di Cipanas Cianjur karena kolam renang yang luas. Bagi anak-anak yang cukup besar, teman Menong bisa awasi langsung dari balkon kamar. Arena bermain anak juga disediakan cukup membuat anak-anak happy selama menginap di hotel.
kolam renang hotel palace cipanas

taman bermain hotel palace cipanas

Saya juga sempat mengikuti senam pagi di hari jumat bersama para karyawan. Pertunjukan musik juga tersedia untuk menemani tamu menikmati malam indah.

Hotel Yasmin Cipanas

Hotel Yasmin Cipanas terletak di Jalan Jeprah No. 69 Palasari, Cipanas, Puncak, Cipanas. Sebetulnya Hotel Yasmin berada dalam area Yasmin Resort and Conference Hotel yang memiliki luas 5,8 hektar.

Bila teman Menong belum pernah menginap di hotel ini sebelumnya, pastinya tak akan mudah menemukan area hotel ini karena berjarak lumayan jauh dari jalan raya dekat dengan RSU Cimacan. Semua lelah akan terbayarkan karena hotel ini didesain secara eksklusif dalam satu area tepat menghadap Gunung Gede.
hotel yasmin cianjur
Dalam area hotel terdapat banyak gedung yang pastinya akan membuat bingung saat akan check in. Setiap gedung memiliki tempat parkir mandiri sehingga memudahkan untuk parkir. Jarak antara gedung juga tak terlalu jauh dan diselingi dengan kamar tipe vila yang cocok untuk keluarga. Sayangnya tak ada selasar sehingga bila hujan atau panas akan lebih terasa. Teman Menong yang memilih kamar tipe hotel dapat langsung menuju Hotel Yasmin yang berada di paling belakang.

Saat tiba di area hotel, saya disambut rombongan artis sinetron yang sedang melakukan syuting. Karena pandemi tak banyak tamu yang datang sehingga suasana terlihat sepi. 
kamar hotel yasmin cipanas
Awalnya saya mendapatkan kamar dengan double bed dengan luas kurleb 28 m2. Kondisi kamar nampak tak terlalu terawat efek dari pandemi. Letak jendela kamar tepat menghadap pohon besar berwarna hijau lumut dengan akar menjuntai yang memberi kesan gelap, akhirnya saya meminta kamar lain yang lebih terang. 

Berhubung kamar dengan double bed sudah habis, petugas menawari saya kamar dengan twin bed namun dengan luas yang sama menghadap lapangan parkir. Interior kamar terlihat megah dengan furniture model lama.

Kamar tamu berada di lantai 2 dan 3. Seluruh lantai 1 hanya berisi ballroom dan meeting room sehingga akan terasa sepi saat malam tiba. 

Sayangnya lampu ruangan sedikit redup ditambah wifi yang tak begitu bagus membuat saya sedikit mati gaya saat malam tiba. Terlebih ruang makan berada di gedung seberang yang harus kami tempuh berjalan kaki dengan kondisi kamar vila yang tak berpenghuni di samping hotel.

Menu makanan bervariasi dengan rasa yang lumayan enak plus suasana sejuk di ruangan terbuka memberi saya nilai plus untuk salah satu hotel di Cipanas Cianjur ini. Setiap pagi, saya juga menyempatkan pagi untuk berjalan kaki sambil menghirup udara segar.


Karena berada di daerah terpencil tentunya akses fasilitas umum akan jarang. Bila teman Menong memerlukan beberapa barang seperti pembalut, sabun, shampo atau jajanan biasa, di dekat hotel ada warung kecil.
kolam renang hotel yasmin cipanas
Rate hotel mulai Rp. 300.000-an. Hotel Yasmin memiliki banyak fasilitas yang cocok untuk acara keluarga atau outbound. Selain kolam renang yang super besar dilengkapi dengan permainan air, ada juga lapangan tenis, lapangan basket untuk berolah raga. Hotel Yasmin bisa menjadi rekomendasi bagi keluarga saat menghabiskan libur di hotel di Cipanas Cianjur.

Related Posts

Post a Comment