Pengalaman Jalan-jalan ke Turki dengan Biaya Rp. 5 Juta Saja

12 comments
Sejak viralnya salah satu adegan salah satu serial web dengan dialognya yang sungguh epik: "Ït's my dream, not her!", saya kembali terkenang dengan trip istimewa lebih dari 8 tahun yang lalu, jalan-jalan ke Turki dengan biaya yang murah hanya 5 juta rupiah saja. Sungguh, tak pernah sedikitpun terlintas dalam pikiran saya bila saya dapat menginjakan kaki di daratan Eropa secepat itu. Lantas, bagaimana ya ceritanya saya memiliki pengalaman jalan-jalan ke Turki dengan biaya Rp.5 juta saja? 

It's My Dream

Yeah, bisa terbang dan jalan-jalan Eropa menjadi impian saya sedari dulu. Terlebih sejak saya memiliki teman seorang konsultan Jerman yang kerap mengajak saya untuk berlibur ke negeri nya. Meski dijanjikan diberikan berbagai fasilitas gratis, namun tentunya saya sendiri harus mempunyai bekal sendiri. Apalah daya, sebagai seorang pegawai dengan gaji yang biasa-biasa saja, bepergian ke luar negeri tentunya hanya akan menjadi angan-angan belaka.

Qodarullah, telah lama berniat melaksanakan umroh, saat pendaftaran, saya bertemu dengan sahabat uwa (bude), Bu Ros,  yang juga sedang mendaftar untuk keberangkatan umroh di bulan yang sama yaitu Januari 2014. 

Dan serunya, meski sendirian, beliau mengambil paket umroh plus Turki. Beliau pun dengan semangat mengajak saya yang saat itu masih ragu-ragu mengingat biaya umroh reguler pun masih baru saya setorkan untuk uang muka saja, sisa pembayaran masih saya upayakan untuk dicicil dan lunas tepat satu bulan sebelum hari-H.

Beliau meyakinkan saya, dengan selisih hanya 5 juta rupiah saja, saat itu $1 masih Rp. 9000, rasanya kesempatan ini sayang untuk saya lewatkan karena bila menyengaja tentunya takkan cukup dengan biaya 5 juta untuk memulai jalan-jalan ke Turki.

Jadilah impian saya untuk menghirup udara Eropa terwujud saat mendarat di Bandara Internasional Istanbul di kota Istanbul, satu-satunya kota di dunia yang berada di dua benua yaitu Asia dan Eropa yang dipisahkan oleh selat Bosphorus.

Umroh Plus

Alhamdulillah, saat ini pemerintah Saudi Arabia sudah membuka lagi kesempatan bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah umroh dan haji di tengah pandemi Covid 19. Meski batas umroh hanya diperkenakan hingga 30 Syawal 1443 H atau 31 Mei 2022 karena pemerintah Saudi Arabia akan bersiap untuk fokus pada  penyelenggaran ibadah haji 2022, kita bisa mulai mempersiapkan rencana umroh plus yang akan kita pilih khususnya umroh plus Turki. 

Apakah salah bila niat kita umroh ini disandingkan dengan 'berjalan-jalan' ke Eropa yang seolah membelokan niat kita beribadah?
Pilihan umroh plus Turki bisa menjadi pilihan terbaik selain umroh ramadhan atau umroh plus Aqsa karena Turki sarat peninggalan peradaban Islam. Turki atau Konstatinopel merupakan tempat semua peninggalan jaya Utsmaniyah berada.


Wisata Sejarah

Sebagai bagian dari pusat peradaban Islam, Istanbul memiliki banyak tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi, salah satunya Aya Shopia atau Hagia Shopia. Saat berkunjung di tahun 2014, Hagia Shopia masih berfungsi sebagai sebuah Museum yang unik karena masih menampilkan ornamen mesjid dan gereja yang memang telah ada sedari dulu karena Hagia Shopia yang awalnya berfungsi sebagai mesjid dan sempat difungsikan menjadi gereja.

Mesjid Hagya Sophia
Mesjid Hagya Sophia

Sejak tahun 2020, Presiden Recep Tayyip Erdogan kembali menetapkan Hagia Sophia menjadi mesjid yang disambut suka cita kaum muslimin di seluruh dunia. Semoga suatu saat nanti, saya dan Zauji berkesempatan sholat berjamaah di sana.

Yang terpenting tentunya, Istana Topkapi (Topkapi Sarayi) yang menjadi kediaman 24 khalifah Utsmaniyah selama 4 abad. Istana yang didirikan di atas tanah seluas hampir 700.000 m2 ini kini dijadikan museum yang menyimpan lambang kejayaan kekhilafahan Utsmaniyah dan benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW. Inilah alasan mengapa Turki layak dijadikan destinasi sejarah bagi kaum muslimin. 

Selain Mesjid Hagya Sophia, Turki memiliki banyak mesjid megah dengan arsitektur  bergaya Ottoman dan Byzantium. Salah satu mesjid yang saya kunjungi adalah Mesjid Biru atau Blue Mosque yang terletak di seberang Hagya Sohpia yang menjadi salah satu destinasi utama wisatawan muslim. 

Wisata Belanja

Meski bukan tujuan utama saya saat merencanakan umroh plus Turki, berbelanja menjadi kesenangan tersendiri bagi saya. Dengan bekal yang pas-pasan, saya tak melewatkan wisata belanja di setiap tempat yang kami kunjungi. Wisata belanja dapat dilakukan di Egyptian Bazaar yang dibangun pada tahun 1660. 

Penamaan tersebut dikarenakan banyaknya rempah-rempah asal Mesir meski banyak juga produk dan makanan khas Turki yang dijual di pasar ini. Manisan khas Turki dan gantungan kunci menjadi oleh-oleh murah meriah yang saya bawa nanti.

Egyptian Bazaar Turki
Egyptian Plaza


Selain itu Grand Bazaar dapat dijadikan tujuan wisata belanja lainnya. Di Grand Bazaar, saya membeli sebuah karpet cantik motif khas Turki dengan harga $50 dan pasmina cantik seharga $5.

Karpet Khas Turki
Karpet Khas Turki

Suvenir dari Turki
Suvenir Khas Turki


Tak pernah terbayangkan namun Alhamdulillah akhirnya saya punya pengalaman jalan-jalan ke Turki dengan biaya Rp. 5 Juta saja. Next trip, saya ingin sekali mengajak Zauji untuk menikmati tur lain di Turki seperti Cappadocia. It’s my dream! Insyaallah kami berdua dapat menikmati indahnya Konstatinopel.


Mampir di ig JustMenong
Foto : Dokumentasi JustMenong

Related Posts

12 comments

  1. Aku pernah city tour Turki seharian aja sih sebelum menjalankan ibadah umrah 2019 lalu. Pengen lagi lebih lama berada di sana. Belum kesampaian belanja2 hahaha. Mengagumkan sekali ya sejarah dan budayanya. Waktu itu Blue Blosque sedang direnovasi, bisa sih sholat ada tempat khususnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 harus disempatkan belanja, mba...barang2 nya bagus-bagus :)

      Delete
  2. Yes..its my dream..pas umroh plus Turki itu sesuatu bgt bt saya ..tahun 2012 dan saat itu Turki musim semi..hari kedua disana sy mengalami salju..hal terindah yg pernah sy rasakan..salju dan berkunjung ke mesjid2 indah..alhamdulillah dream Come True..

    ReplyDelete
    Replies
    1. next time saya pengen ketemu salju juga..hehehe

      Delete
  3. one of my dream! mau banget ambil paket umroh plus beginii. rasanya lebih nyaman ya, Mba? Hagia Sophia ini bikin penasaran bangeett

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba karena banyak sejarah peradaban Islam di Turki...Topkapi Sarayi lebih menarik

      Delete
  4. Ortuku rencana Januari tahun depan ke sana Mbak sudah bayar semoga ada rezekinya bisa ikutan piknik ke Turki bareng keluarga besar aamoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mba...semoga lancar...Januari masuk musim dingin ya..dulu saya 4C..brrrrr

      Delete
  5. It's my dream too mba :") aku juga pengen banget ke Turki, aku tertarik sama sejarah Ottomannya itu. Semoga bisa terwujud. Aminnn

    ReplyDelete
  6. 5 juta tahun segitu bisa dibilang murah ya mbak
    temen-temen aku juga banyak yang ambil paket umroh + turki sekalian
    Negaranya memang bagus banget ya, apalagi masjid hagia sophia, cantik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil survei memang travel umroh yang saya pilih itu paling murah...cocok banget buat saya yang budget nya nge pas

      Delete

Post a Comment