Cara Menjadi Blogger Pemula Bersama Blogspedia

Post a Comment

Day 12

Pertama Kali Bikin Blog

Kapan pertama kali saya nge blog?

Rasanya sudah hampir 10 tahun. Kala itu saya harus mengajarkan materi tentang blog sehingga saya pun ngebut belajar demi memberikan hasil terbaik. Seorang teman dengan sukarela mengajari saya, terlebih saya sangat suka menulis, jadilah saya semangat bersemangat menekuni dunia blog. 


Banyak kendala ‘iklan’ karena saya juga harus membagi waktu dengan pekerjaan kantor membuat saya tertatih mempercantik blog baik secara konten maupun tampilan. Hal yang sangat saya perlukan tentunya bagaimana cara menjadi blogger pemula. Yuks kita simak Cara Menjadi Blogger Pemula Bersama Blogspedia.


Pilih Platform

Awalnya saya menggunakan platform Wordpress sesuai dengan rujukan teman. Namun, pada saat akan berganti dengan domain berbayar, saya berganti ke platform oranye, Blogger agar tak perlu mengeluarkan biaya tambahan hosting. Seorang teman (yang lain) membantu saya dengan sukarela saat pindahan dari platform yang berbeda itu. 


Tampilan

Saat memulai membuat blog, tentunya tampilan blog sangat penting untuk diperhatikan karena bak rumah, tampilan adalah fasad rumah yang pertama kali dilihat pengunjung. Proses memperindah fasad ini berlangsung lama karena saya harus belajar terlebih dahulu dari nol tanpa bantuan orang lain. Alhamdulillah, tampilan kedua blog saya tidak-lah terlalu buruk untuk dilihat.


Konsisten

Inilah kunci dari dunia blogging. Jujur, saya masih terbata untuk posting dalam waktu yang teratur. Kesibukan adalah dalih saya yang utama.


Belajar Terus

Tak akan pernah habis ilmu yang telah kita pelajari. Bila menulis hanya sekedar menulis tanpa arti, blog akan lebih sering dikunjungi laba-laba untuk membuat sarangnya. Dan tentu saja, proses beberes akan lebih sulit. Sayangnya, saat itu saya belum berkenalan dengan Blogspedia, Blog Cupu yang banyak memberikan tips dan trik cara menjadi blogger pemula seperti saya.


Klik di sini untuk baca : Day 2 : Menulis Blog Itu "Me Time"


Blogspedia

Apa Itu Blogspedia?

Nama yang mudah diingat. Blogspedia adalah blog yang dibuat seorang blogger yang sudah malang melintang di dunia per blog-an namun masih menamai dirinya sebagai blog cupu. Blog ini didesain untuk membantu blogger pemula yang terkadang kesulitan mencari referensi yang ramah untuk membantu memperindah blog dengan segala ilmu per-blog-an.


Saya mengenal Blogspedia saat mengikuti kelas bersama Founder Blogspedia, seorang MomBloger, Marita Ningtyas. Dan, saya menemukan banyak hal menarik yang membuat saya semakin berbinar untuk terus semangat menjadi seorang blogger.

 

Ada apa yaa di Blogspedia ini? Yuks, cusss meluncur!

Dasar Blogging

Yup, buat kamu yang masih pemula dalam berkarir sebagai blogger, Blogspedia bisa menjadi pilihan untuk belajar dan meningkatkan keahlian nge-blog.  Tak perlu paham bahasa jlimet seperti yang sering disajikan di blog tutorial lain, kamu akan mudah memahami karena dituturkan dengan bahasa yang luwes dan sederhana. Walau terkesan cupu, tak perlu khawatir ya....Blogspedia dikelola dengan profesional yang ahli di dunia per-blogging-an.


Tampilan Eye Catching

Didominasi latar warna biru, my favorite color, dan pink, tampilan Blogspedia memberi kesan ramah dan hangat pada siapa saja yang datang berkunjung. Bagi orang yang sudah lama berkacamata, tentunya jadi lebih nyaman untuk memantengi artikel demi artikel di blog yang sarat ilmu ini.


Banyak Tips

Nah....ini dia salah satu hal yang saya sukai di Blogspedia ini. Blogger pemula masih terus mencari harus melengkapi diri dengan berbagai senjata agar jadi bloggerpreuneur sejati (ini istilah saya yaaa...maksudnya jadi menjadi blogger yang kreatif, inovatif dan tentunya punya nilai lebih bahkan nilai jual). 


Masih banyak ilmu yang harus kita pelajari. Tak cukup waktu untuk berkelana apalagi bila disuguhi dengan tips yang susah saya aplikasikan sendiri, Blogspedia menyediakan berbagai artikel untuk blogger pemula.


Blogspedia Coaching

Yup, ini salah satu layanan keren di Blogspedia. Program keren ini dibuka setiap tahun dengan berbagai materi keren yang penting banget dikuasai new blogger diantaranya kemampuan dasar blogger, memahami fitur blogspot (karena masih ditujukan untuk platform blogspot ya), menulis berbagai jenis artikel, mempercantk tampilan blog dan tentu saja SEO (Search Engine Optimatization).


Syarat utamanya hanya satu, konsisten menulis dan masih pemula (yang sudah tak pemula tak boleh ngaku-ngaku ya). Kelas ini gratis alias tak ada pungutan biaya.


Kelas ini berlangsung selama 3 bulan dibawah coach keren MomBlogger Cupu yang saya yakin tak cupu sama sekali.

Asyik kan yaa...

Apakah saya sudah ikut kelas ini?

Jawabannya belum...dan ini menjadi cita-cita dan target saya tahun ini yaa, semoga ada kesempatan.

Aamiin.


Dari Cupu menjadi Kupu-Kupu

Blogspedia menjadi tempat nongkrong yang friendly buat teman-teman blogger pemula. tak salah bila kini saya memilih Blogspedia ini menjadi blog yang layak saya kunjungi setiap waktu. Selain artikel menarik, tips dan triks, Blogspedia juga menyediakan jasa buat kamu blogger yang tak punya waktu banyak waktu.

 

Cuss, klik di sini buat meluncur ke Blogspedia!!!


Klik di sini untuk mampir di ig JustMenong

#14DaysBlogspediaChallenge

Foto : Blogspedia

Related Posts

Post a Comment