Pengalaman Operasi Ablasio Retina Bagian 13

6 comments
Rasanya kami berdua pantas dinobatkan sebagai pasien paling cerewet sedunia. Karena memiliki pengalaman operasi ablasio retina yang berulang, setiap akan melakukan kontrol rutin, saya selalu menyiapkan pertanyaan. Inilah salah satu alasan kami memilih untuk sesekali kontrol di klinik paviliun agar kami dapat leluasa berkonsultasi dengan dokter subspesialis retina.

Ablasio retina merupakan kondisi terlepasnya retina atau selaput jala dari posisi aslinya yang dapat menyebabkan kebutaan secara permanen karena retina kurang mendapat asupan oksigen dan nutrisi. Total, Zauji sudah berada di ruang operasi sebanyak 7x, dari mulai pemasangan silicon oil 1300 cSt, 5000 cSt, sceral buckle, gas CF6 hingga silikon HD. 

Pasca operasi ketujuh, dokter hanya memantau sehingga kamipun hanya diwajibkan untuk kontrol setiap bulan. termasuk melakukan pemeriksaan Optical coherence tomography (OCT). OCT merupakan teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan kedua mata. 

Kali ini kami sudah membuat segudang pertanyaan yang akan kami ajukan kepada dokter. Alhamdulillah, dr. Made Indra Widyanatha, SpM (K) menjawab semua pertanyaan kami dengan ramah dan jelas. 

Hard lens atau Kacamata?

Hard lens atau Rigid Gas Permeable Contact Lenses (RGPs) merupakan jenis lensa kontak yang lebih keras dan kaku daripada soft lens (lensa kontak lunak). Hard lens dapat membiarkan oksigen masuk ke mata dan umumnya memberikan penglihatan yang lebih jernih dan tajam daripada lensa kontak lunak.

Hard lens tidak berfungsi untuk menggantikan kacamata. Dalam kasus Zauji, kacamata mata kanan akan dibuat sama dengan kacamata mata kiri yang memiliki minus lebih rendah. Sisa minus mata kanan akan digenapi dengan menggunakan hard lens. 

Secara umum, hard lens lebih awet, lebih berkualitas dan tahan lama, lebih nyaman dan tentu saja lebih mahal. Penggunaan hard lens tak jauh berbeda dengan soft lens, pasien harus telaten dan bersih karena hard lens dimasukan manual dengan bantuan tangan dan tentunya akan terasa lebih ribet bagi yang belum terbiasa. 

Berdasarkan pengalaman, hard lens dapat digunakan hingga 2 tahun. Harganya tentu lebih mahal, beberapa tahun lalu berkisar 3 – 4 juta per pasang. Setelah berdiskusi, kami sepakat menunda opsi ini karena Zauji masih nyaman menggunakan kacamata biasa dan rasanya akan lebih repot bila harus bongkar pasang hard lens setiap saat. 
mata


Amankah Glauseta Diminum Setiap Hari?

Glauseta atau merek dagang cendo glaucon merupakan obat mata yang mengandung acetazolamide 250 mg. Glauseta digunakan membantu menurunkan tekanan bola mata. Biasanya digunakan bagi pasien glaukoma. 

Salah satu efek pemasangan silikon HD untuk menempelkan retina adalah tekanan bola mata yang naik turun. Kondisi tekanan mata yang naik, batas tolerasi bagi pasien ablasio retina pasca operasi adalah maksimal 24, tentunya berbahaya karena dapat menimbulkan glaukoma.

Selain obat tetes timol dan glaupen, dokter memberikan resep glauseta yang harus Zauji minum setiap hari. Secara teori, penggunaan glauseta tidak disarankan lebih dari 2 minggu. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Zauji diperkenankan untuk meminum glauseta hanya bila timol dan glaupen sudah tidak dapat memberikan efek menurunkan tekanan mata. Bila perlu, glauseta dapat diminum dalam waktu yang berselang seling alias tidak terus menerus.

Glauseta sendiri memberikan efek kesemutan karena kekurangan kalium sehingga harus dibantu dengan obat lain, Aspar K. Dokter juga memberikan solusi, selama Zauji masih bisa menahan kesemutan yang kerap muncul, Zauji diperkenankan untuk tidak perlu minum Aspar K dan disarankan banyak makan pisang. 

Kondisi Papil Semakin Pucat dan Mengecil

Papil adalah area ujung syaraf mata. Papil dapat mengecil yang disebut atrofi papil. Kondisi ini menyebabkan syaraf mata rusak dan tidak mampu menghantarkan impuls atau rangsangan seperti mata normal dan terjadi kebutaan. Kondisi ini bersifat terminal atau irreversibel yang berarti kerusakan bersifat permanen dan tidak bisa dikembalikan pada kondisi normal, berbeda halnya dengan ablasio retina yang dapat diperbaiki melalui operasi. 

Dalam kasus Zauji, kondisi mengecilnya papil disebabkan riwayat operasi yang berulang dan pemasangan silikon HD. Inilah yang sering kami sebut dengan buah simalakama, tanpa operasi tentunya retina tidak bisa diperbaiki sedangkan operasi (terutama yang berulang) akan menimbulkan kerusakan pada bagian lain termasuk papil. 

Dokter sendiri menerangkan bahwa kerusakan papil akan membutuh waktu yang lama. Ikhtiar dan tawakal menjadi senjata penuh bagi kami. Ikhtiar maksimal dan serahkan semuanya pada Yang Maha Memiliki Segalanya termasuk mata, papil, retina dan lainnya yaitu Allah SWT semata. 

Cara Menjaga Tekanan Bola Mata Agar Stabil

Silikon bisa bergerak dengan gerakan tidak terduga dan menekan bola mata yang menyebabkan tekanan bola mata naik. Saat tidur, silikon mata kan menekan papil yang berada di bagian bawah, inilah yang menimbulkan kerusakan pada pail. Sesuai dengan gaya gravitasi, secara logika, posisi tidur sejajar dengan lantai akan menyebabkan silikon menekan papil sehingga posisi tidur yang disarankan kepala harus lebih tinggi. 

Selain itu, dokter juga menyarankan agar posisi sujud tidak terlalu lama karena silikon cenderung akan bergerak ke depan (menjauh dari retina yang semestinya ditekan oleh silikon karena tidak adanya lensa yang menghalangi).  

Mengatasi Mata Bengkak Karena Alergi Obat Tetes Untuk Membesarkan Papil

Saat akan dilalukan pemeriksaan visus, semua pasien akan obat tetes mata terlebih dahulu untuk membesarkan papil akan lebih memudahkan pemeriksaan. Alergi obat tetes ini rasanya baru terjadi sejak 6 bulan lalu, biasanya efek alergi berupa mata merah dan bengkak terasa beberapa jam setelahnya. 

Dokter menyarankan agar pada saat kontrol berikutnya, kami menanyakan pada perawat obat tetes mata apa yang digunakan apakah mydriatil atau efrisel sehingga kami dapat mengecek reaksi setelahnya. 

Sering Silau dan Kelilipan

Terkadang Zauji mengeluh sering merasa silau saat terpapar cahaya matahari. Dalam kondisi silau, mata akan otomatis menutup dan tentunya berbahaya karena sampai saat ini kami berdua masih bepergian menggunakan motor. 

Kami pun mulai bisa memprediksi kondisi yang membuat mata silau diantaranya sinar matahari pagi terutama saat kami melintasi jalan layang Pasopati saat Zauji mengantar saya bekerja atau sorotan lampu kendaraan yang kami antisipasi dengan memperlambat laju motor.

Dokter Indra menerangkan bahwa kondisi ini terjadi karena retina dalam keadaan tidak normal sehingga lebih mudah merasa silau. Solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan topi dan kacamata agak gelap. 

Kondisi lain yang sering dirasakan Zauji adalah sering merasa kelilipan. Dokter memastikan kondisi bukan disebabkan oleh silikon yang pecah namun lebih ke faktor mata Zauji yang memang belum dalam kondisi normal. 

Silikon HD atau Gas

Silikon oksana HD merupakan silikon campuran yang memiliki viskositas > silikon 5000 cSt. Silikon oksana HD biasa digunakan pada kasus ablasio retina yang sudah tidak bisa ditangani dengan silikon 5000 cSt. Operasi pemasangan silikon HD dilaksanakan setahun lalu. Umumnya silikon harus dievakuasi atau dikeluarkan dari mata sebelum 3 bulan. 

Namun dalam kasus Zauji yang telah mengalami robekan yang berulang, diputuskan silikon HD belum dievakuai hingga saat ini. Hal ini tentunya bukanlah hal yang tanpa resiko. Seperti yang sudah dijelaskan dokter berkali kali, kondisi ini bagai buah simalakama karena resiko retina yang terlepas kembali akan selalu ada apabila evakuasi silikon dilakukan, begitu pula resiko lain bila silikon tetap dipertahankan yakni adanya kerusakan di bagian lain mata.

Sayapun sempat mempertanyakan, apabila terjadi robekan kembali setelah silikon dilepas apakah dapat digantikan dengan gas CF6 seperti yang kami alami di operasi ablasio retina ketiga??

Dalam kondisi mata Zauji, retina sebagian besar bagus kecuali bagian bawah yang tentunya akan sulit dilihat kecuali pada saat pembedahan. Silikon gas atau silikon biasa secara alami akan bergerak ke atas karena mempunya berat jenis (BJ) yang lebih kecil dari air sehingga bagian bawah retina tidak dapat ditekan secara maksimal.

Lain halnya dengan silikon HD yang memiliki BJ lebih berat dari air sehingga secara gravitasi akan menekan ke arah bagian bawah yang otomatis akan menekan retina. Inilah alasan mengapa evakuasi silikon belum dilakukan. Hasil kontrol bagus dan stabil sehingga bila diotak atik ditakutkan akan merusak kondisi yang stabil.

Alhamdulillah hingga saat ini Zauji masih bisa beraktivitas normal kecuali mengurangi berkendara di malam hari. Ikhtiar maksimal insyaAllah akan terus kami lakukan. Apapun yang terjadi, itulah yang terbaik bagi kami. Pengalaman operasi ablasio retina membuat kami semakin diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala keadaan. Alhamdulillah ala kulli hal. Dan tentu saja ikhitar berikutnya tetap kami lakukan.

Related Posts

6 comments

  1. Mbak. Mau tanya, setelah operasi evakuasi silikon, bagaimana posisi tidur yang disarankan dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kak, Zauji belum evakuasi silikon

      Kalau pasca pemasangan silikon

      Hasil bertanya, secara teori tidak ada posisi tidur yang pasti namun secara logika dapat dilihat dari sifat silikon yang digunakan. Untuk penggunaan silikon HD, sejajar dengan lantai agar silikon menekan retina namun resikonya papil akan semakin tertekan sehingga dapat diminimalisir dengan posisi kepala agak sedikit naik.

      Kakak bisa lihat di postingan selanjutnya tentang ablasio retina di blog ini ya Salam

      Delete
  2. Ka mau nanya ,aku kan barusaja oeprasi retina. Setiap mau dikasih obat tetes mata kan perban dibuka, kok mata buram gitu ya malah pengelihatan lebih buruk dari sebelum operasi. Aku operasi dua hari yang lalu.
    Mohon jawabannya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya karena luka belum sembuh kak...kan di dalam nya masih ada luka...insya Allah biasanya semakin lama akan semakin membaik..kalau ablasio retina..bisa dicek sendiri luas dan jarak pandang pakai jari saja...semoga lekas sembuh yaa...salam

      Delete

Post a Comment