Day 21: Kegiatan Favorit Bersama Keluarga

Bagi sebagian besar orang yang setiap hari bertemu keluarga, terkadang bulan ramadhan diisi dengan agenda bukber dengan berbagai grup. Berbeda dengan saya, liburan menjadi waktu yang paling berharga termasuk di bulan ramadhan. Seperti biasa, setiap akhir pekan menjadi waktu bertemu Zauji dan keluarga sehingga saya lebih suka untuk memaksimalkan waktu untuk berkumpul bersama. Dengan keberadaan di rumah selama WFH, tentunya saya beralih fungsi menjadi ibu rumah tangga yang harus menyiapkan menu sahur dan buka di rumah.

 

Memasak

Ibunda mertua sendiri lebih menyukai membuat masakan atau camilan sendiri ketimbang membeli jadi sehingga otomatis persiapan sahur atau berbuka menjadi lebih panjang. Menu camilan yang selalu tersedia adalah pisang rebus dan gorengan seperti bala-bala atau cireng. Salah satu menu favorit saya tentunya tahu tepung yang dipadu dengan sambal kecap. Saya bukan penggermar sayuran, meski setiap hari Ibunda memasak sayur namun lalaban menjadi pilihan saya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sayuran. Karena sudah terbiasa shaum dalam keseharian, menu di bulan ramadhan tidak lah begitu berbeda dari menu keseharian.

 




Kajian di bulan suci

Saya dan Zauji jarang ikut acara bukber karena keterbatasan Zauji untuk bepergian di malam hari. Hal yang berbeda mungkin intensitas kami untuk membaca dan mengkaji Al Quran. Sehubungan dengan masa pandemi, kami membatasi diri untuk tarawih di mesjid terlebih kami serumah dengan lansia. Jadilah kami shalat berjamaah di rumah saja. Kajian lebih sering kami ikuti lewat youtube atau zoom meeting bersama teman-teman.

 

Ngabuburit

Dulu sebelum menikah, ngabuburit bersama keponakan tersayang menjadi kegiatan favorit saya di bulan suci. Ngabuburit yang berakhir dengan jajan segala camilan untuk berbuka seperti nya menjadi agenda wajib setiap kali saya berada di rumah. Kini, rasanya acara ngabuburit jadi malas dilakukan karena ternyata meski masa pandemi belum berakhir, jalanan masih ramai padat dibandingkan hari biasa. Berhubung saya tinggal di pinggir jalan yang menjadi jalur alternatif, depan rumah selalu ramai di sore hari, belum lagi stand jajanan yang berjejer sepanjang jalan. Seringkali menonton orang ngabuburit sering kali menjadi kegiatan ngabuburit lagi😳😳😳


Mampir yuks : Berkuda Bersama Rabbanian Horse Adventure di Alam Bebas Cikole, Lembang


#BPNRamadhan2021

#BPNDay21

Foto : Dokumentasi Justmenong

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa