Kenali Scammer Cinta Indonesia Bagian 1

13 comments
scammer cinta indonesia

Saat usia merambat naik namun sang pujaan hati belum juga nampak kapan datang nya tentu nya akan membuat sebagian orang gelisah dan salah satu diantaranya adalah saya sendiri. Jangan tanya berapa kali orang mencoba menjodohkan saya dengan seseorang. Dari sekian sederetan kisah, salah satu yang akan selalu saya ingat adalah nyaris terjerat scammer cinta Indonesia atau menjadi korban penipuan cinta.

Di saat 'masa kritis menanti jodoh', saya dua kali diajak berkenalan dengan seorang 'dokter' di dunia perteleponan. Kali pertama saya hanya sempat berkomunikasi dengan 'Pak Indra' yang mengaku teman SMP Uwa saya. Kali kedua saya ditelepon langsung oleh 'Pak Alex' yang mengaku pegawai OJK yang pernah berkunjung ke kantor saya. Dari 'Pak Alex' lah saya berkenalan dengan seorang dokter bernama Hadi di Maluku yang sedang mengurus kepindahannya ke RSCM Jakarta.

Meski percakapan awal menimbulkan banyak pertanyaan, namun saya tetap meneruskan telepon hingga keesokan harinya. Saat itu saya tidak mengenal scammer cinta dan tak menyadari nyaris sekali saya menjadi korbannya. 

Meski akhirnya lolos dari penipuan scammer cinta , kisah yang saya alami dulu ternyata masih dipraktekkan bertahun-tahun kemudian saat saya berkenalan dengan Bunda Fey dari Komunitas Waspada Scammer Cinta. Apa sih scammer cinta itu? Yuk kita kenali!

Apa itu love scamming?

Qodarullah beberapa minggu yang lalu saya menemukan sebuah akun instragram yang memposting tentang love scamming. Akun @feydownwsc_official yang diasuh oleh Bunda Fey ini telah lama menggaungkan anti fraud (penipuan) khususnya scammer cinta.

Bunda Fey dan @bayususeno2011 aktif menyuarakan anti scammer cinta lewat komunitas RSC-WSC, Relawan Siaga Cerdas Waspada Scammer Cinta sejak tahun 2012. Dan bahkan Bunda Fey telah banyak melakukan penelitian tentang Sammer cinta ini dari tahun 2002.

Komunitas RSC-WSC memiliki misi : mencerdaskan wanita dalam bermedia sosial dan merangkul korban scammer cinta. Komunitas ini juga membuat support centre untuk membantu korban scammer cinta dan memberikan literasi digital bagi masyarakat umum melalui media digital seperti instagram.

Jangan lupa untuk memperbesar atau zoom foto-foto dalam postingan ini ya supaya teman Menong dapat membaca penjelasannya juga.

kerugian akibat scammer cinta
Total Kerugian Scammer Cinta

Dari berbagai postingan Bunda Fey inilah, saya menyadari bila ‘Pak Indra’, ‘Pak Alex’ dan Hadi yang menelpon saya lebih dari 10 tahun lalu dengan modus mencari calon istri merupakan bagian dari scammer cinta Indonesia. 

Teman Menong tentunya pernah mendengar cerita seorang wanita setengah baya yang terbang dari Tangerang ke Lombok untuk bertemu ‘pujaan hatinya’ yang sudah dipacarinya selama 3 tahun. Berkenalan melalui tiktok, wanita tersebut dijanjikan akan dinikahi. Meski tak diceritakan adanya kerugian finansial, ini bisa menjadi contoh salah satu korban scammer cinta Indonesia.

Pelaku scammer cinta biasanya memikat korbannya (wanita dan pria) dengan menggunakan akun palsu dengan mencomot foto dari akun seseorang yang memiliki tampilan fisik menawan dan menduplikasinya dengan identitas palsu untuk menipu.
korban scammer cinta
Seorang pria diperas scammer cinta

Penipuan romansa ini biasanya dijalin dalam waktu yang cukup lama hingga korban terbujuk, percaya dan mulai memberikan uang secara sukarela ataupun terpaksa alias diperas. Banyak korban yang tak sadar telah tertipu meski telah memberikan uang dalam jumlah banyak. Meskipun akhirnya korban sadar namun sangat jarang korban yang berani speak up karena malu terlebih lagi bila sudah terjerat sex scam. Kerugian tak hanya secara materi namun juga secara psikis.
korban scammer cinta
Penipuan cinta berkedok profil seorang polisi

Komunitas RSC-WSC sendiri aktif melalui medsos, seminar, atau rekruitmen relawan untuk memberikan edukasi mengenai motif kejahatan scammer cinta, strategi penipu menjerat korbannya hingga pendampingan korban agar tak lagi banyak korban yang berjatuhan. 

Tak hanya komunitas RSC-WSC, melalui podcastnya, Uya Kuya pun bertutur menyuarakan bahaya scammer cinta ini. Salah satu isi podcast yang paling menyulut hati kita semua adalah adanya komplotan scammer cinta yang terkoordinisir dari dalam lapas. Tak hanya komplotan scammer cinta Indonesia, komplotan scammer cinta ini juga banyak berasal dari luar negeri seperti Nigeria.
scammer cinta
Komplotan scammer cinta dari Nigeria

Penipuan romansa ini biasanya dijalin dalam waktu yang cukup lama hingga korban terbujuk, percaya dan mulai memberikan uang secara sukarela ataupun terpaksa alias diperas. Banyak korban yang tak sadar telah tertipu meski telah memberikan uang dalam jumlah banyak. Meskipun akhirnya korban sadar namun sangat jarang korban yang berani speak up karena malu terlebih lagi bila sudah terjerat sex scam. Kerugian tak hanya secara materi namun juga secara psikis.. Teman Menong tentu ingat bagaimana seorang ibu yang berprofesi sebagai guru dan juga istri seorang anggota polisi bisa terjerat scammer cinta dengan kerugian ratusan juta rupiah.

Profil Scammer Cinta

Lantas mengapa ya para korban ini bisa tertipu scammer cinta ?

Salah satu kesamaan dari para korban ini adalah tergoda dengan tampilan fisik, pekerjaan dan kekayaan si penipu. Korban berkhayal mendapatkan pasangan berseragam TNI/POLRI, pekerja offshore, dokter atau lainnya yang didapat dari dunia maya dan terbuai dengan kata-kata manis 'pangeran pujaan hati'. Ada pula penipu yang menggunakan foto Pangeran William sebagai profil picture nya. Apakah masih ada wanita yang tergoda dengan 'Pangeran William' versi 'halu' ini? Entahlah😌
scammer cinta
Akun palsu Prince William

Bahkan ada seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Hongkong menyatakan dirinya sedang menjalin kasih dengan Cristiano Ronaldo, pesepak bola Portugal dan kini CR7 sedang belajar bahasa Indonesia agar dapat berkomunikasi dengan TKW tersebut dan keluarganya di Demak. Dan ternyata CR7 meminta bantuan untuk dikirimi uang sebesar Rp. 30 juta untuk membuka rekening di luar negeri. -sumber brilio

Dikutip dari postingan instagram Bunda Fey, profil scammer cinta ini biasanya berstatus single parent (janda/duda) beranak 1 dan tentunya foto sang anak (comotan dari akun lain) akan ditampilkan untuk menarik simpati korban.
scammer cinta
Akun scammer cinta dalam grup taaruf

Penipu laki-laki biasanya berwajah tampan sedangkan penipu wanita meskipun berwajah tak cantik namun memiliki badan yang seksi aduhai, penipu laki-laki memiliki pekerjaan yang mapan (ini tak berlaku bagi penipu wanita ya, terpenting seksi aduhai). 
akun palsu scammer cinta
Akun palsu model dari Malaysia

Target usia korban biasanya wanita/pria >35 tahun yang galau kesepian, tak ada teman dan ingin mendapatkan pasangan -meski tak jarang korban juga sudah memiliki pasangan sah loh😞-

Modus Scammer Cinta

Scammer cinta tentunya bernuansa romansa. Si penipu akan mendekati korban lewat sisi dramatis kisah hidup korban lalu menghujani korban dengan perhatian, pujian dan kata-kata indah semanis madu seperti I love you - I miss you, memanggil dengan panggilan sayang (ayah-bunda, daddy-mommy), selalu mengingatkan untuk beribadah atau lainnya. Korban pun semakin terlena sehingga saat si penipu membutuhkan bantuannya terutama finansial, korban tak akan segan untuk langsung membantu.

Si penipu lalu akan mengajak korban untuk berkomunikasi lebih intens. Biasanya si penipu tidak mau memunculkan wajah aslinya bahkan saat kita memintanya untuk melakukan video call. Alasannya bisa bermacam-macam dari mulai tidak pede karena muka keringetan. Kalaupun ada yang berani muncul secara langsung di video call, bisa jadi si penipu menggunakan filter atau artificial intelligence (AI) yang bisa memanipulasi suara dan wajah.

Dan biasanya si penipu akan menampilkan sisi kehebatannya untuk lebih menyakinkan korban seperti menggunakan seragam atau latar belakang barang-barang mewah. Dalam tahap lanjut, tak jarang si penipu mengajak korban melakukan video seks (buka baju, memperlihatkan organ intim atau lainnya) yang tanpa disadari di screen shoot atau direkam diam-diam untuk memeras korban pada akhirnya.

Kini sudah banyak pemilik akun asli yang bersuara bila foto dan biodatanya digunakan untuk menipu karena banyak korban penipuan yang salah sasaran melampiaskan unek-uneknya pasca sadar tertipu pada akun asli. Konyolnya, bahkan si penipu turut mengklarifikasi kalau foto dan biodatanya asli dan sering digunakan orang lain untuk menipu.
scammer cinta


Meski terlihat lucu, namun modus scammer cinta Indonesia ini masih memakan banyak korban. Apa saja ya yang bisa kita lakukan untuk memerangi kejahatan virtual ini? Bunda Fey membagikan tipsnya. Yuk, kita intip!

Related Posts

13 comments

  1. Wah aku baru tahu ada scammer cinta gini. Bisa banget ya modusnya. Bahaya juga nih sama kerugian yg diterima korban.

    Tapi, lihat ngaku-ngaku gitu sama fotonya ngakak juga ya, ada aja tingkahnya wkwkwkwk 😂

    Kita harus bijak dalam media sosial ya, terlebih jika ingin mencari jodoh. Jangan mau transfer uang pokoknya selidiki betul-betul latarbelakangnya.

    ReplyDelete
  2. Buseet dah amit" ya mbak ngeri gila. Banyak dilakukan orang untuk memeras. Kasihan untuk para korban. Apalagi klo masuk international kerugian bisa nggak main" bahkan taruhanya nyawa.

    ReplyDelete
  3. Waow ngeri juga ya. Iya sih orang bucin emang susah dinasehati. Tapi kok ya percaya sih bisa pacaran sama CR7. Kan harusnya dipertanyakan gitu. Tapi emang sih korban biasanya tergoda profesi

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal pacar CR7 itu udah jelas ya muncul di internet

      Delete
  4. Dulu sering muncul spam email begini dari luar negeri, mengaku butuh rekening di Indonesia. Alhamdulillah nggak pernah kena sih. Serem juga kalau sampai jatuh cinta sama spammer cinta begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada lewat email juga..random sekali mereka ini

      Delete
  5. Ngeri banget sampai terorganisir begitu ya cara nipunya. Harus hati-hati banget, tak hanya perempuan, laki-laki juga ternyata ada ya yang jadi korban

    ReplyDelete
  6. Wah bahaya banget nih, bener2 kudu ati2 ya ternyata modus penipuan jaman sekarang macem2 bisa ada scammer cinta begini. Ini yang para perempuan kudu aware banget nget ngettt... Kasian yang jadi korban ya, pasti merasa dirugikan gak cuma material tapi juga psikis menurutku..

    ReplyDelete
  7. jaman sekarang macem-macem ya modusnya, harus selalu hati-hati dengan orang-orang yang tidak dikenal dan tiba-tiba menghubungi melalui sosial media atau telepon

    ReplyDelete
  8. Wah bener banget mbk, teknologi makin canggih orang nipu juga makin menjadi². Harus bener² waspada main sosmed skrg jgn sampe kejebak scammer cinta. Jgn terbuai dgn profesi mapan dan wajah yang terlihat tampan.

    ReplyDelete
  9. Kalau dulu scammer ini termasuk yg pura-pura salah sms atau telpon gak sih? Hahaha, dulu sering dapat modus begitu.. Alhamdulillah masih dilindungi Allah

    ReplyDelete
  10. baru ku tahu ada scammer cinta indonesia mba..
    dari dulu paling ati2 banget main socmed, apalagi klo ada yg ngajak kenalan online, auto block aja deh. bener bgt bucin termasuk yg sulit dinasehati ya >.<

    ReplyDelete
  11. Istilah yg baru ku dengar "scammer cinta indonesia"

    Canggihny teknologi dmnfaatkn u/ hal yg tdk baik, perlu mngamankan akun sosmed dgn perlindungan ganda...

    ReplyDelete

Post a Comment