Cara Daftar Google News di Blogspot

Post a Comment
cara daftar google news di blogspot

Tak terasa tiga bulan sudah kami berlari bersama dalam kelas Blogspedia. Dibekali segudang ilmu blogging, Alhamdulillah awal September ini kami semua merayakan kelulusan karena telah menuntaskan challenge tugas minggu. Kejutan selanjutnya, ternyata langkah kami ternyata tak berhenti di titik kelulusan. Kami ditantang untuk menyelesaikan tugas bonus yaitu materi pertama : cara pasang Google Analytics, materi kedua : Google Search Console dan materi ketiga Cara daftar Google News.


Apa sih Google News ini? Yuks kita kupas sama-sama!

Apa itu Google News?

Sesuai namanya, Google News merupakan layanan gratis Google yang menyediakan konten berita dari berbagai website di seluruh dunia. Google News dapat teman Menong akses via web dan HP dan juga tersedia di Google Play yang telah diakses lebih dari satu juta pengguna.
Google News

Google News dapat diakses tanpa harus daftar atau login terlebih dahulu. Namun, bagi teman Menong yang menggunakan akun Google, berita yang ditampilkan akan sesuai dengan berita yang biasa kita sukai atau personalized content. Menarik, bukan?

Bayangkan, dalam satu bulan, Google News dikunjungi dari berbagai pengguna di seluruh dunia. Kurang lebih hampir 500 juta orang yang mengakses Google News ini. Google News sendiri memberitakan layanan berdasarkan topik, lokasi dan sumber berita.

Tak hanya penyedia media online saja yang dapat mendapatkan tempat di google News, namun juga termasuk konten berita yang kita buat. Google sendiri memberikan penawaran ini bagi siapapun  dan tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Nah, tentunya ini menjadi peluang bagi blogger penyedia berita seperti kita semua, iya kita termasuk teman Menong semua. 

Manfaat Daftar Google News

Apa saja sih manfaat mendaftar Google News ini?
  • Memudahkan masuk ke halaman pertama mesin pencari. Berada dalam posisi teratas mesin pencari menjadi impian semua blogger. Dengan mendaftarkan blog kita ke dalam Google News, peluang untuk berada dalam daftar Berita Utama akan semakin besar. Keren ya!
  • Menambah jumlah pengunjung. Dengan terdaftar di Googles News, peluang blog kita untuk dikunjungi lebih banyak orang tentunya akan semakin bertambah. Terlebih dengan adanya personalized content, hanya pengguna yang menyukai topik yang relevan lah yang lebih berpeluang untuk ‘mampir’ dan berkunjung. Nah, bila konten kita sesuai dengan personalized content banyak orang, tentunya jadi peluang juga bagi blog kita.
  • Media branding yang efektif. Dengan konten yang berkualitas dan mampu berada di posisi teratas mesin pencarian tentunya akan memberikan brand yang baik bagi blog kita. Dengan branding yang baik, peluang tawaran kerja sama akan semakin besar pula loh!
  • Menambah peluang mendapatkan backlink. Dan tentu saja, konten yang berkualitas dan dicari banyak orang akan menjadikan postingan kita menjadi referensi bagi orang lain dan memberikan peluang lebih besar untuk dijadikan backlick.
  • Menambah potensi organic traffic. Organic traffic merupakan kunjungan yang berasal dari mesin pencari yang dapat didatangkan dari Google News. 

Cara Daftar Google News di Blogspot

Persiapan

Sekarang, sebelum daftar Google News di Blogspot, kita harus mempersiapkan dua hal terlebih dahulu.

Pertama, copas ID property atau kode pelacakan yang bisa kita dapatkan dari akun Google Analytics. Caranya buka dashboard Google Analytics, masuk ke ‘Setelan Properti’ dan copas ID property.
ID property

Kedua, siapkan logo blog kita dalam file PNG bentuk kotak atau square ukuran 512 x 512 dan 200 x 200. Saya sendiri masih menggunakan template dari Canva
logo blog

Pasang Google News

Yuks, mulai!
Langkah awal, membuat akun di Google News dan klik ‘Publikasi’. Isi form sesuai yang akan dibuat teman Menong.
Publikasi Google News
Publikasi Google News
Bila akun sudah dibuat, teman Menong bisa melakukan editing pada ‘Setelan Publikasi’.
Setelan publikasi Google News
Isi semua bagian. Jangan lupa juga klik ‘Verifikasi dengan Google Console’.
Setelan publikasi Google News

Setelah profil kita diisi (Umum dan Gaya Visual), mari kita mulai berselancar!
Isi dengan lengkap konfigurasi publikasi dengan klik ‘Edit’. Ada tiga bagian yang harus kita lengkapi yaitu : Umum, Setelan Konten dan Tinjau dan Publikasikan.

Umum

Kita bisa memilih kategori berita blog yang akan kita tawarkan. Dari sekian banyak opsi, pilihlah opsi yang palinng mendekati niche blog kita. 

Setelan Google News

Setelan publikasi Google News

Setelan Konten

Isi 'Rubrik Baru' dengan opsi 'Feed' ya!
feed google news

Judul Rubik bisa diisi dengan judul blog yang kita inginkan
URL feed RSS atau Atom dapat diisi 
https://www.namablogkita.com/feeds/posts/default?alt=rss 
untuk domain dot com
atau 
https://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss 
untuk subdomain blogspot

Setelah itu, lengkap 'Akses Grup'. Isi 'Nama Grup' dengan nama yang teman Menong pilih dan 'Pengguna' dengan alamat email kita.

Tinjau dan Publikasikan

Tahapan berikutnya cara daftar Google News di Blogspot adalah klik 'Tinjau dan Publikasikan'.
Disini, kita akan diperlihatkan apa saja yang harus diperbaiki dalam poin 'Tinjau'
tinjau google news
Nah, kita harus memperbaiki sesuai arahan yang diberikan sesuai cara daftar Google News.

Dari laman ini kita harus meninjau ulang karena tidak ada artikel di rubrik yang telah kita buat. 
Proses ini masih dalam tahapan selanjutnya. Google News tentunya memerlukan proses untuk melakukan crawl artikel-artikel terbaru di blog kita. Lakukan muat ulang terus ya!
artikel di google news

artikel di google news

Bila artikel sudah muncul, klik 'Simpan' dan kembali ke 'Tinja dan Publikasikan 

Teman Menong bisa meng-klik 'Pratinjau' untuk melihat tampilan Google News.
pratinjau google news

Di bagian 'Tinjau dan Publikasikan', klik 'Tinjau' untuk melihat 'Persyaratan Layanan' yang harus kita sepakati.
persyaratan layanan google news

persyaratan layanan google news

Setelah 'Persyaratan Layanan'  disepakati, klik 'Publikasikan'
Permohonan sedang direview. 
peninjauan google news

status ditinjau Google News

status ditinjau Google News


Kapan artikel kita sudah siap dibagikan di Google News? Teman Menong bisa mengecek status Publikasi yang telah berubah menjadi 'Live'

Yuhuuu, selesai sudah!. Dan ternyata cara daftar Google News di Blogspot tidak terlalu sulit, ya! Rasanya makin tak sabar untuk semakin menyelami dunia per-bloggingan. Hayu, let's go!

Mampir di ig JustMenong
Referensi dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi JustMenong




Related Posts

Post a Comment