Cara Pasang Google Search Console Ga Pake Ribet

Post a Comment
Cara pasang google search console

Belajar tak mengenal kata berhenti, demikian pula bagi kami peserta Blogspedia Coachinng. Tak terasa tiga bulan sudah kami 'digembleng' bersama dalam kelas Blogspedia dan dibekali segudang ilmu blogging. Alhamdulillah awal September ini kami semua merayakan kelulusan karena telah menuntaskan challenge tugas mingguan. Selepas titik kelulusan. kami ditantang untuk menyelesaikan tugas bonus. Bila materi pertama adalah cara pasang Google Analytics maka di minggu kedua kami diberi materi mengenai Google Search Console.

Apa sih Google Searh Console itu?

Nah, teman kedua sesi bonus ini adalah Google Console, layanan gratis yang ditawarkan Google untuk membantu kita semua memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah kehadiran situs/web/blog kita di hasil Google Search atau Penelusuran Google.

Berbeda halnya dengan Google Analytics yang harus melalui tahapan pembuatan akun terlebih dahulu, dalam pemanfaatan Google Console -dahulu dikenal dengan sebutan Google Webmaster Tools- kita tak perlu mendaftar agar blog kita tercantum di hasil penelusuran Google atau Google Search. Search Console dapat membantu kita untuk memahami dan meningkatkan cara Google melihat blog kita. 

Menarik bukan?
Apa saja ya yang ditawarkan Google Search Console ini?
  • Memastikan Google dapat menemukan dan meng-crawl (menemukan/memindai) blog kita
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau konten yang diperbaharui
  • Melihat data trafik Penelusuran Google untuk blog kita diantaranya seberapa sering blog kita muncul di Penelusuran Google, kueri penelusuran mana yang memunculkan blog kita, seberapa sering penelusuran mengklik untuk kueri tersebut dan banyak hal lain.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam atau masalah lainnya di blog kita.
  • Menampilkan situs atau blog mana saja yang menaut ke blog kita
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler dan fitur penelusuran lainnya.
Google Console biasa digunakan pemilik bisnis, pakar Search Engine Optimization (SEO), administrator situs, dan developer web. Hmmm, apakah teman Menong termasuk salah satu diantaranya?

Cara Memasang Google Console

Nah, bagi teman Menong yang sudah memiliki blog terutama yang menggunakan platform Blogger, kita bisa mulai dari membuka dashboard Blogger. Klik 'Setelan' dan pilih 'Google Search Console'.

Cara pasang Google Search Console
Teman Menong akan masuk ke laman berikut ini. Isikan URL teman Menong lalu klik 'continue'.
Cara pasang Google Search Console
Google Search Console akan melakukan verifikasi akun teman Menong.
Cara pasang Google Search Console
Setelah terverifikasi, teman Menong bisa mula 'berselancar' di Google Search Console.
Cara pasang Google Search Console

Berselancar di Google Search Console

Saat mempelajari cara pasang Google Search Console, hal pertama yang dapat teman Menong cek adalah klik 'setelan' untuk mengetahui apakah akun kita sudah terverifkasi atau belum. Klik 'Setting' di dashboard akun Google Search Console.
Google Search Console
Teman Menong dapat melihat di 'Ownership Verification : You are a verified owner'.
Google Search Console
Jangan lupa intip email juga ya, teman Menong juga akan menerima email dari Goole Search Console Team.
email google search console

Teman Menong juga dapat mempelajari panduan yang disertakan di dalam email.

Fitur Dalam Google Search Console

Sebetulnya untuk apa sih Google Search Console ini ya? Yuk, simak!

Mengetahui Kinerja atau Performa Blog

Teman Menong dapat mengetahui Total Klik (berapa kali blog kita diklik di halaman Google), Total  Tayangan (berapa kali blog kita ditayangkan di Google, ditayangkan artinya terlihat di Google namun belum tentu di klik), CTR Rata-rata (Click Through Rate, persentase pembagian total klik dibagi total tayangan), dan Posisi Rata-rata (posisi kita di search engine tergantung jumlah kueri yang ada di blog kita. 

Kueri adalah kata yang dideteksi Google ada di blog kita. Contohnya : Pengalaman sembuh dari ablasio retina, pengalaman retina robek dan lainnya.
Performa Google Search Console

Performa Google Search Console

Teman Menong dapat klik satu persatu ya untuk mendapatkan data bagaimana performa blog kita.

Melakukan Inpeksi URL

Nah, ini dia hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Dikutip dari Blogspedia, kita harus membiasakan untuk melakukan inspect URL setelah kita mempublish artikel yang kita buat.

Bagaimana ya caranya?
Oooh, ternyata cukup mudah dengan hanya copas link artikel lalu lakukan inspeksi URL di halaman Google Search Console. Bila sudah ada keterangan URL ada di Google berarti artikel kita sudah terindeks Google. Namun bila keterangan masih tertera 'URL tidak ada di Google, minta pengindeksan.
minta pengindeksan Google Search Console

minta pengindeksan Google Search Console

minta pengindeksan Google Search Console
Ternyata banyak sekali artikel yang telah saya posting namun masih belum ada dalam indeks Google. Pe er yang harus saya kerjakan😅😅

Lakukan berulang ya bila teman Menong melakukan perubahan seperti mengganti judul tulissan atau mengubah isi tulisan agar Google tahu. 

Mengetahui Index 

Ada tiga pilihan untuk mengetahui indeks di Google Search Console yaitu pengindeksan halaman, sitemap atau petasius dan penghapusan.

Pengindeksan Halaman



Teman Menong dapat melihat postingan mana yang masih bermasalah dengan indeks nya. Google Search Console juga akan memberikan rincian detil setiap postingan yang bermasalah.

Sitemap atau Peta situs

Selanjutnya kita akan memasukan sitemap atau petasius. Jangan lupa, isikan sitemap dalam format XML ya bukan dalam format html atau postingan.
Cara termudah...yuks buka peta situs atau site map di laman dashboard Google Search Console dan masukan bagian berikut ini:
site map atau peta situs

peta situs


Penghapusan
Kita juga dapat melakukan penghapusan halaman yang sudah ter-indeks. 
penghapusan Google Search Console

Penyempurnaan

Dengan menggunakan Google Search Console ini, teman Menong memperbaiki atau menyempurnakan artikel yang telah diposting bila masih ada kesalahan.
kueri google search console

Perhatikan angka kesalahan yang muncul dari data performa, itulah yang harus kita sempurnakan atau benahi. 

Ternyata seru ya mengotak-atik bagaimana cara pasang Google Search Console dan bagaimana cara menggunakannya. Dan tentunya masih banyak hal yang harus dipelajari. Semangaaat!!! 

Mampir di ig JustMenong
Referensi dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi JustMenong

Related Posts

Post a Comment