Pengalaman Operasi Ablasio Retina Bagian 10

Post a Comment
Ablasio retina merupakan kondisi terlepasnya retina atau selaput jala dari posisi aslinya yang dapat menyebabkan kebutaan secara permanen karena retina kurang mendapat asupan oksigen dan nutrisi. Pengalaman operasi ablasio retina yang dilalui Zauji membuat kami memiliki banyak sudut pandang baru tentang nikmatnya sehat mata. 

Saat kontrol ablasio retina sebelumnyaProf. Arief S. Kartasasmita, dr., SpM (K), M.Kes.,M.M.,PhD menyatakan papil mata kanan Zauji memucat. Dan kami pun dirujuk untuk berkonsultasi dengan bagian glaukoma dan disarankan melakukan pemeriksaan OCT. Optical coherence tomography (OCT) merupakan teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan kedua mata.

Papil Yang Pucat

Dalam pemeriksaan sebelumnya di klinik reguler BPJS, dokter glaukoma menyebutkan bahwa dalam kasus Zauji, papil memucat tidak bisa secara spesifik diketahui penyebabnya sehingga bagian glaukoma memberikan persetujuan atas rencana Prof Arief yang akan melakukan evakuasi silikon.  

Kami pun kembali ke bagian retina di klinik reguler BPJS dan memperlihatkan hasil OCT. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter kepala bagian retina menyatakan silikon akan tetap dipertahankan karena kekhawatiran retina belum cukup kuat untuk menempel meski pada kenyataannya berdasarkan hasil OCT, kondisi papil mulai memburuk. Dan kami diperbolehkan untuk kembali berkonsultasi dengan Prof Arief di klinik paviliun bila masih penasaran dengan keputusan yang dokter kepala. 
hasil OCT
Keesokan harinya kami kembali menemui Prof Arief di klinik paviliun RS Cicendo. Beliau menyatakan kondisi menurunnya papil belum dapat dipastikan apakah dari silikon atau hal lain. Setelah melihat hasil OCT, Prof Arief pun setuju dengan pendapat dokter kepala. Karena itu, dokter akan melakukan observasi selama dua bulan untuk membandingkan hasil OCT bulan ini dan dua bulan berikut. 

Apabila ada perubahan penurunan yang signifikan maka dipastikan silikon oksana berpengaruh negatif terhadap kondisi papil. Secara umum, kondisi ini jarang ditemui sehingga kasus Zauji bisa jadi menjadi kasus pertama yang menjadi rujukan kasus lain yang serupa. 

Menurut beliau, tidak banyak jurnal penelitian terkait dengan pengaruh silikon oksana terhadap papil karena secara teori silikon oksana akan dievakuasi setelah 3 bulan terpasang. Namun mengingat kasus Zauji yang sudah 7 kali operasi karena posisi retina yang terus menerus lepas pasca operasi, dokter mengambil keputusan di antara dua pilihan : retina menempel dengan bantuan silikon oksana namun kondisi papil menurun atau silikon oksana dievakuasi untuk menyelamatkan papil namun selalu ada kemungkinan retina lepas kembali. 

Bagai Buah Simalakama

Keduanya bagai buah simalakama. Yang membedakan adalah kerusakan retina dapat diperbaharui selama retina dapat ditempatkan kembali ke tempat semula namun kerusakan papil bersifat irreversible artinya bila sudah mengalami kerusakan, tidak ada opsi untuk memulihkan kembali. 

Kondisi papil yang menurun ditandai dengan mata kanan yang semakin buram, meski demikian Zauji tidak merasakan perbedaan yang signifikan karena sejak operasi ketiga, mata kanan memang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Apa yang harus dilakukan?

Kondisi papil yang menurun ditandai dengan mata kanan yang semakin buram, meski demikian Zauji tidak merasakan perbedaan yang signifikan karena sejak operasi ketiga, mata kanan memang sudah tidak berfungsi dengan baik. Skenario Allah itulah selalu yang terbaik. Itu yang selalu Zauji tanamkan kepada saya. 

Apabila menurun atau bahkan menghilangnya penglihatan menjadi jalan Zauji lebih dekat dengan Allah, biarlah seperti itu karena apapun yang Allah berikan akan selalu menjadi yang terbaik bagi hamba-Nya. 

Dua bulan berikutnya kami menjalani hari-hari dengan rutinitas biasa. Zauji masih setia mengantarkan saya beraktivitas. Tidak ada yang dibatasi kecuali kami menghindari bepergian dengan motor di malam hari. Dahulu kami punya jadwal touring mengunjungi  sanak saudara di berbagai kota, kini saya sendiri yang merasa lebih khawatir dan over protektif bila Zauji bepergian jauh meski sekedar antar jemput saya di kantor. 

Bagaimana hasil kontrol selanjutnya? Pengalaman operasi ablasio retina selama lebih dari setahun membuat kami selalu harap-harap cemas setiap kali kami melakukan kontrol di RS Cicendo. Semoga hasil baik  segera kami dapatkan ya....aamiin.

Related Posts

Post a Comment