Pengalaman Operasi Ablasio Retina...Part 9..Optical Coherence Tomography (OCT)

11 comments
Saat ini kami memasuki tahap beradaptasi dalam kondisi mata kanan Zauji yang terkena ablasio retina. Ablasio retina merupakan kondisi terlepasnya retina atau selaput jala dari posisi aslinya yang dapat menyebabkan kebutaan secara permanen karena retina kurang mendapat asupan oksigen dan nutrisi. Pengalaman operasi ablasio retina sebanyak tujuh kali membuat kami lebih memperhatikan tekanan bola mata yang harus tetap dijaga <24.

Dalam kontrol sebelumnya, tekanan bola mata Zauji naik hingga mencapai 40. Bagian glaukoma menyarankan tindakan laser untuk menurunkan tekanan bola mata. Setelah rutin ditetesi timol dan glaupen, 3 hari kemudian tekanan bola mata relatif stabil di kisaran 20-an, 

Bagian retina menyatakan evakuasi silikon tidak jadi dilakukan dan sementara waktu kami dipersilakan untuk kontrol di bagian glaukoma sampai tekanan bola mata stabil.

Tekanan Bola Mata 

Kekhawatiran kami berkurang karena hasil visus setiap bulan yang kami lakukan di klinik paviliun menunjukan tekanan bola mata tetap normal. Pemberian glaupen dihentikan karena pemakaian yang terus menerus akan menimbulkan peradangan sehingga timol menjadi obat satu-satunya untuk menjaga tekanan mata agar tetap stabil.

Satu tahun empat bulan sudah kami menjadi warga RS Mata Cicendo, Bandung. Masih di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Bandung, sistem skrining saat pendaftaran mulai disederhanakan. Apabila di awal masa pandemi kami harus mengantri lama untuk menjalani skrining Covid 19 terlebih dahulu, di awal tahun ini skrining dilakukan secara online bagi pasien kontrol dan skrining langsung bagi pasien baru.

Di awal tahun ini, Prof. Arief menyatakan papil mata Zauji mulai memucat. Papil merupakan bagian tengah mata berbentuk bulat dan berwarna hitam yang berfungsi untuk menangkap cahaya lalu memfokuskan pada retina sebagai pusat penglihatan.

Hasil Optical Coherence tomography (OCT)

Papil yang mulai memucat ini dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya glaukoma dan adanya benda asing (silikon) dalam mata. Berdasarkan pengalaman operasi ablasio retina sebelumnya, opsi dari Prof Arief adalah evakuasi silikon. Namun sebelumnya harus dipastikan papil memucat bukan disebabkan dari efek glaukoma.

Hal ini menjadi catatan penting bagi kami karena artinya kami harus kembali berkonsultasi ke bagian glaukoma bersama dr. Andika atau dr. Maula.

Prof Arief juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan OCT papil. Optical coherence tomography (OCT) merupakan teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan mata.


OCT

Seperti biasa, meski konsultasi dilakukan di klinik paviliun, untuk tindakan seperti pemeriksaan OCT kami akan lakukan menggunakan layanan BPJS di klinik reguler. Hari berikutnya kami kembali ke bagian glaukoma dan melakukan OCT sesuai antrian di klinik reguler BPJS. 

Pemeriksaan dokter glaukoma di klinik reguler menyebutkan bahwa dalam kasus Zauji, papil memucat tidak bisa secara spesifik diketahui penyebabnya. Karena meski Prof Arief mempredikasi papil memucat akibat efek dari adanya silikon, bagian glaukoma menyatakan papil pucat juga biasa terjadi pada orang yang memiliki minus tinggi. 

Meski demikian, dokter bagian glaukoma memberikan persetujuan atau ACC untuk evakuasi silikon bila hal tersebut dikehendaki oleh bagian retina. Pengalaman operasi ablasio retina yang sudah kami jalani membuat kami sudah lebih paham jalur pemeriksaan yang terkesan bolak balik ini. Bagaimanapun suatu tindakan harus dipersiapkan dengan matang terlebih secara fisik dan emosional kekuatan kami pun terbatas. Hasil OCT pun harus kami konsultasikan terlebih dahulu dengan Prof Arief di klinik retina.


Mampir di ig JustMenong

Foto : Dokumentasi Justmenong

Related Posts

11 comments

  1. assalamuallaikum lanjutan part 10 ny belum ada ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah secepatnya ya kak...karena kontrol terakhir baru 3 minggu lalu...saya belum sempat posting lagi

      Delete
  2. Assalamualaikum... Bs minta no wa nya? Buat sharing . Rencana mau ke RS cicendo operasi glukoma. Saya dr bandar lampung
    Terimaa kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Wr Wb
      silakan kirim email dulu ya kak...justmenong@gmail.com

      Delete
  3. Assalamualaikum.Sy jg pesakit retina detachment y msh dlm rawatan.Bagaimana khbr suami puan skrg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam
      Silikon oksana masih dipertahankan kak...hasil OCT terakhir memang seperti yang dokter perkirakan..Ikhtiar maksimal insyaAllah terus berjalan

      Allah sebaik-baiknya Yang Memberikan Kesembuhan

      Delete
  4. Assalamualaikum mba, sy jg salah 1 pejuang nikmat mata, salam kenal, 3 hari yl baru saja op evakuasi solicone oil, tapi penglihatan malah berkurang, sy jalani ini sbg bentuk ikhtiar ku paling ,doakan kontrol selanjut,y ada peningkatan, justru pada kasus sy nyeri post op du akibatkan karna tekanan bola mata yg turun hanya 6 oleh karnanya + 1 hari rawat lagi baru di perbolehkan pulang

    ReplyDelete
  5. Lanjut, membaca artikel mba berkali2 menjalani oprasi sy salut karna sy yg hanya 3 kali oprasi dan semoga tidak ada lagi, membuat sy stress tiap kali masuk OK , sy sampai nangis saat tindakan pembiusan dan setelah masuk ruang rawat karna udah capek banget, sakit loh mba di tusuk2 dan kt liat semua tindakan itu, meskipun sudah di beri anastesi tetes tetap saja masih terasa, suami sampe bertanya kenapa nangis, jawabku hanya, sy capek k, sy capek , nulis ini mata sambil berkaca2 🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ala kulli hal Bersyukur di setiap keadaan

      Salam kenal juga

      Stay strong ya..insyaallah Allah sedang ingin dekat dg kita
      Semoga dg ikhtiar maksimal mendapat hasil yang terbaik
      Zauji bilang..masih banyak nikmat lain yg kita punya

      Inilah dilema ablasio retina di usia muda..krn gel di mata kita masih kuat jd cenderung menarik lagi retina yg dipasang

      Kalau msh pakai anestesi tetes berarti blm seberat operasi Zauji ya

      Banyak yang pulih lagi kok
      Semoga hasil kontrol nya bagus

      Salam

      Delete
  6. Semoga semua berjalan dengan baik, saya dapat blog ini ketika mencari informasi mengenai ablasio, 2 thn lalu sudah operasi mata kiri, dan sekarang terjadi lagi mata kanan.

    Cape bukan main, ini menjelang operasi ke 4

    Semoga semua berjalan dengan baik, gimana kabar pemulihan suami?

    Salam sehat dari semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikhtiar Zauji sudah maksimal, mba
      Silikon tidak dievakuasi krn khawatir lepas lagi krn hasil test nya menunjukan tdk semua retina nempel
      Efeknya penglihatan menurun krn silikon berdampak pada papilnya.

      Sekarang kontrol untuk menjadi mata kiri tetap sehat

      Semoga hasil operasi mba lancar yaa

      Semangat selalu..semoga diberikan hasil yang terbaik

      Delete

Post a Comment