10 Tempat Beli Oleh-oleh di Denpasar, Balikpapan, Kendari, Pontianak, dan Makassar

Post a Comment
Saat berwisata atau berjalan-jalan, tak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan bagi keluarga atau teman. Bahkan sebelum sampai di tempat tujuan, hal yang pertama dipikirkan adalah oleh-oleh apa yang akan kita beli setiba di tempat tujuan. Selain di tempat wisata langsung, di setiap destinasi wisata tentunya ada tempat khusus untuk membeli suvenir khas sehingga kita tidak perlu berkeliling untuk mencari barang yang diinginkan. 

Denpasar, Bali

Outlet oleh-oleh toko Krisna terletak di 5 lokasi salah satunya di Jl. Raya Tuban No 2X, Denpasar. Krisna menyediakan oleh-oleh lengkap dari penganan khas Bali, kain hingga cinderamata.


Selamat datang di Krisna

Pie susu yang kekinian

Suvenir khas Bali

Kacang kapri

Kopi Bali -konon katanya- enak

Toko Krisna dilengkapi dengan parkiran luas sehingga rombongan dapat dengan nyaman berbelanja.


Balikpapan, Kalimantan Timur

Pasar Inpres Kebun Sayur yang terletak di Jl. Letjen Soeprapto menjadi pilihan utama untuk mencari oleh-oleh khas Balikpapan. Meski namanya Pasar Sayur, pasar ini bukanlah tempat teman Menong membeli oleh-oleh berupa sayur mayur. Salah satu oleh-oleh wajib Balikpapan adalah hasil olahan batu. Pasar ini ramai dikunjungi terutama pada saat booming batu akik beberapa waktu silam.

Pasar Kebun Sayur...tempat yang tempat berburu suvenir di Balikpapan

Batu akik nihh...ayo dipilih

Beragam jenis batu, bacan, kalimaya, safir, topaz dan lainnya, tersedia di pasar ini dari mulai yang berharga murah sektar Rp. 20.00 rupiah untuk batu bongkah kecil yang belum diolah sampai batu berharga jutaan.

Selain batu, teman Menong juga dapat mencari oleh-oleh kain khas Kalimantan atau kuku macan -nama camilan khas Balikpapan ya bukan kuku macan sungguhan-.


Kendari, Sulawesi Selatan

Bila berkunjung ke Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, satu di antara pusat oleh-oleh yang dapat dikunjungi adalah Toko Bravo yang terletak di Jl. Lawata No 12 A, Korumba Kendari. Toko yang tidak begitu besar ini menyediakan kain khas Kendari, kaos dan jenis kacang khas Kendari seperti kacang mede.

Pontianak, Kalimantan Barat

Jajaran toko suvenir khas Kalimantan Barat dapat teman Menong temui di Jl. Pattimura, Pontianak dan semua tersedia lengkap dalam satu kawasan. Selain lebih lengkap, tentunya harga lebih murah apabila dibandingkan membeli langsung di tempat wisata.



Semua jenis oleh-oleh ada di sini

Makassar, Sulawesi Selatan

Toko Unggul, nama ini sangat familiar bagi teman Menong yang berkunjung ke Makassar. Di sini teman Menong dapat membeli berbagai kain khas sulawesi, kacang disko, bagea hingga hiasan khas Sulawesi. Unggul terletak di Jl. Pattimura No 8, Makassar. Sayangnya, tempat parkir tidak begitu besar sehingga rombongan yang menggunakan bis harus berjalan jauh. Namun jangan khawatir, toko ini terletak di pusat kota yang mudah dijangkau dengan angkutan umum atau becak.

Kain khas Sulawesi

Kacang disko😍

Tempat serupa yang dapat teman Menong pilih adalah Toko Oleh-oleh Cahaya yang berada di Jl. Sulawesi No 181, Makassar. Tempatnya relatif lebih luas dan terdiri dari 2 lantai yang nyaman dilengkapi dengan pojokan konter makanan. Cocok bagi yang sudah lelah menunggu berbelanja.




Oleh-oleh lain yang bisa teman Menong jajal adalah ikan asin dapat diperoleh di daerah Gusung Paotere, kawasan pasar tradisional yang menjual hasil olahan ikan.



Jangan lupa kemas dengan baik dan rapat ya karena baunya lumayan 'aduhai' bila dibawa melalui pesawat terbang nanti yaaa!

Tempat beli oleh-oleh di kota lain bisa teman Menong catat juga loh!

Related Posts

Post a Comment