10 Tempat Beli Oleh-oleh di Malang, Sorong Papua Barat, Pelabuhan Ratu dan Yogyakarta

Post a Comment
Saat berwisata atau berjalan-jalan, tak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan bagi keluarga atau teman. Bahkan sebelum sampai di tempat tujuan, hal yang pertama dipikirkan adalah oleh-oleh apa yang akan kita beli setiba di tempat tujuan. Selain di tempat wisata langsung, di setiap destinasi wisata tentunya ada tempat khusus untuk membeli suvenir khas sehingga kita tidak perlu berkeliling untuk mencari barang yang diinginkan. 

Malang, Jawa Timur

Deduwa Grosir terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Kawasan yang mengusung konsep terpadu ini terdiri atas pusat oleh-oleh, rumah makan dan tempat singgah. Dengan lahan parkiran yang mencapai 1 hektar, Deduwa cocok untuk teman Menong rombongan dan perlu tempat untuk rehat sebelum menjajal berbagai destinasi wisata di daerah kota Batu. Tersedia belasan kamar tidur luas yang berisi hingga 10 kasur ukuran kecil dan 2 kamar mandi untuk membersihkan badan. Di lantai bawah tersedia resto dan mesjid besar. Pengunjung dapat menikmati live music saat melepas lelah.




Hujan besar menemani saat ngabolang di Malang

Berbagai jenis keripik buah tetap menjadi andalan sebagai buah tangan dari Malang. Apel segar juga bisa dibeli disini bila tak sempat membeli di kebun apel. Harga nya tak jauh berbeda dan bahkan cenderung lebih murah.

Pilihan aneka keripik oleh-oleh khas Malang

Sorong, Papua Barat

Tak banyak toko oleh-oleh di Sorong, Papua Barat. Salah satunya Toko Aneka Batik di Jalan Sagawin No 2, Sorong, yang menyediakan batik dengan motif khas papua dan kaos.


Motif batik papua


Sediakan isi dompet yang agak tebal untuk berbelanja di kota Sorong karena harganya 'sedikit berbeda' bila dibandingkan dengan toko suvenir di kota lain. Sebagai perbandingan, setelan kaus anak yang biasanya dibanderol Rp. 50.000, di tempat ini paling murah bisa mencapai Rp. 120.000.  Dan pilihan jenis kain tidak begitu banyak, berbeda dengan batik di tempat lain, bahan dasar kain dari katun sangat jarang ditemui.

Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Oleh-oleh apa yang dapat teman Menong bawa dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat? Tentunya ikan atau olahan ikan. Sebelum beranjak pulang, teman Menong dapat mampir di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Disana dapat dijumpai berbagai aneka ikan segar. Jangan khawatir bagaimana cara membawa ikan segar tersebut, penjual ikan akan mengemas sedemikian rupa hingga ikan aman dan tetap segar hingga sampai rumah. Olahan ikan seperti bakso ikan dapat teman Menong temukan di pasar tradisional yang berada tepat di seberang TPI.
Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Berbagai jenis ikan ada di TPI

Bakso ikan spesial

Untuk mendapatkan sebungkus bakso, teman Menong harus mengantri karena stok mudah habis terjual. Pilih bakso ikan dengan kualitas super agar rasa ikannya lebih terasa. Jangan lupa membeli bumbu kuah bakso. Selain bakso mentahan untuk diolah di rumah, teman Menong juga dapat membeli dan menikmati semangkuk bakso ikan langsung di tempat ini.

Yogyakarta, DIY Yogyakarta

Naaah…tak lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tanpa membeli oleh-oleh. Salah satu pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap adalah Toko Hamzah, dahulu dikenal dengan nama Mirota, yang terletak di ujung jalan Malioboro. Kita dapat memilih batik kain atau pakaian jadi, bakpia dan makanan khas Yogya lainnya dan cinderamata dengan harga yang relatif murah.
Selamat datang di Hamzah a.k.a Mirota

Interior unik Hamzah

Suvenir unik di Hamzah

Berburu batik

Alternatif lain adalah Pasar Beringharjo yang terletak persis di seberang Toko Hamzah. teman Menong dapat memilih berbagai jenis komoditas dengan harga jauh lebih miring. Tentunya asal pintar menawar yaaa....

Selain sebagai buah tangan bagi keluarga, tanpa disadari toko oleh-oleh turut melestarikan budaya Indonesia dari mulai makanan, kain hingga cinderamata yang dibuat asli Indonesia.
Jangan lupa untuk selalu menimbang berat oleh-oleh yang teman Menong bawa agar tidak overpacking saat pulang nanti.

Selamat berburu oleh-oleh!!😉

Tempat beli oleh-oleh di kota lain bisa teman Menong catat juga loh!

Related Posts

Post a Comment