Snorkling Di Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta

Post a Comment
pulau tidung


Buat teman Menong yang menyukai wisata bahari, Pulau Tidung bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat. Pulau Tidung terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta sehingga relatif dekat untuk teman Menong di sekitar Jawa Barat. Tak perlu waktu lama untuk menelusuri Pulau Tidung, minimal 1 malam 2 hari cukup untuk menjelajahi keindahan Snorkling di Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menuju Pulau Tidung

Ada dua alternatif menuju Pulau Tidung. Pilihan pertama adalah melalui Marina Ancol dengan menggunakan speed boat. Pilihan ini relatif lebih mahal karena memberikan fasilitas penyeberangan yang lebih nyaman. 

Pilihan kedua adalah pilihan yang kerap diambil oleh wisatawan dengan dana terbatas yakni melalui pelabuhan Muara Angke. Penyeberangan disediakan mulai jam 06.00 WIB. Mungkin agak kurang nyaman karena harus melewati pasar ikan beraroma tak sedap serta kondisi kapal yang penuh sesak oleh penumpang. 

Perjalanan dari pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung memakan waktu 2 jam. Perjalanan yang tidak terasa karena kita bisa menikmati perjalanan dengan mengobrol atau mendengarkan musik. Bila beruntung duduk di dekat pintu, penumpang bisa duduk di pinggir kapal sehingga dapat menikmati langsung suasana laut.

kapal feri pulau tidung


Bersepeda

Saat sampai di Pulau Tidung, kita bisa menyewa sepeda atau becak motor untuk mengantarkan kita menuju tempat penginapan. Tidak usah khawatir dengan jarak yang melelahkan bila menggunakan sepeda karena kawasan Pulau Tidung tidaklah terlalu besar sehingga dapat dicapai hanya dengan bersepeda. (Tapi tetap siapkan tenaga ya...apalagi bagi teman Menong yang tidak terbiasa bersepeda seperti saya😵)

bersepeda di pulau tidung
Bersepeda keliling pulau


Penginapan di Pulau Tidung

Wisata Bahari Pulau Tidung berbasis masyarakat sehingga tidak ada hotel besar di Pulau Tidung. Penginapan sederhana tersebar di pemukiman penduduk. Jasa pemandu wisata dapat memudahkan kita untuk mengatur kegiatan selama di Pulau Tidung sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari penginapan atau menyewa peralatan snorkling di pulau Tidung.

penginapan di pulau tidung

Jembatan Cinta

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tidung diantaranya bersepeda keliling pulau, snorkling, diving, permainan air (banana boat, kano, jetski), barbeque party, bersepeda ria keliling pulau dan jalan-jalan menyusuri jembatan sepanjang 100 m yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dinamakan dengan Jembatan Cinta. Bila punya nyali, kita dapat melompat dari jembatan tersebut dengan ketinggian 5 – 7 meter tergantung pasang surut air.

jembatan cinta pulau tidung


Pulau Tidung menawarkan keindahan alami yang sayang bila dilewatkan. Terlebih bila kita menyukai fotografi.  Pantai yang indah, laut yang biru, kawasan mangrove, biota laut yang memukau dan pemandangan eksotik  sangat layak untuk dinikmati. Bahkan dengan underwater camera, pengalaman snorkling di Pulau Tidung. Dan jangan lupa sempatkan diving agar dapat diabadikan. Bila beruntung kita dapat bertemu lumba-lumba.
laut pulau tidung
Menikmati birunya laut

Seperti halnyanya Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, Snorkling di Pulau Tidung Kepulauan Seribu bisa menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

Related Posts

Post a Comment