Wisata Alam Jelajahi Negeri Kebanggaanku

Beautiful Green

Itulah sebutan yang diberikan teman saya, seorang konsultan berkebangsaan Jerman, beberapa tahun yang lalu. Tak salah bila julukan ini disematkan pada sebuah negeri yang teramat indah, Indonesia. Lahir dan tumbuh di kawasan padat penduduk, membuat saya kehilangan banyak momen seru bermain dengan alam semasa kecil. Dan tak heran, kini, saat diberi kesempatan bertemu pantai atau gunung, saya selalu menikmati keseruan setiap perjalanan yang saya lakukan. Ngabolang alias berwisata alam menjadi ritual tetap yang saya jalani bila ada waktu luang terutama saat mendapat kesempatan bersua dengan tempat baru. Menjelajah setiap sudut nusantara yang penuh dengan keanekaragaman selalu menjadi petualangan seru yang tak terlupakan.

 

Deburan ombak dan birunya laut bagai candu yang menarik saya untuk bercengkrama lebih lama. Dari sekian banyak destinasi pantai yang telah saya kunjungi, ada beberapa yang menjadi favorit saya diantaranya (tentu saja) Raja Ampat, Papua Barat dan Tanjung Bira, Sulawesi Selatan.


Raja Ampat, Sorong, Papua Barat

Raja Ampat menyuguhkan panorama alam menakjubkan yang akan membuat bolangers terpukau dengan segala keindahannya. Terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat,  kepulauan Raja Ampat membentang sepanjang 4,6 juta hektar yang mencakup pulau-pulau batu dengan perairan bawah lautnya yang memukau. Selain pesona pantainya, Raja Ampat menjadi salah satu kawasan wisata yang menjaga dan melindungi fauna Indonesia dengan keunikan spesies ikan, moluska, terumbu karang dan biota laut seperti kuda laut dan ikan dugong sehingga tak heran bila dinobatkan menjadi destinasi diving terbaik di dunia.

Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat

Senyum saya merekah sepanjang perjalanan menuju Piaynemo Island dengan pulau batu yang ikonik, Telaga Bintang, Desa Sauwandarek, Pasir Timbul. Keindahan Raja Ampat bagaikan keindahan surgawi. Hal pertama yang memukau mata saya adalah jernihnya air biru yang bergradasi menggoda saya untuk berenang, snorkelling dan menyelam bersama yang lain. Namun, tentunya persiapan saya ke Sorong hanya sebatas bertugas tidak lebih sehingga tak ada peralatan khusus yang saya bawa, berbeda saat dulu kami berlibur ke Pulau Tidung.



Mampir yuks : Snorkling Di Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Raja Ampat merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata alam yang masih terjaga keasliannya. Tidak ada hiruk pikuk keramaian, bolangers akan dimanjakan dengan wisata alam ramah lingkungan yang menghadirkan ketenangan dan kedamaian. Inilah salah satu pilihan untuk berwisata tanpa merusak alam dan lingkungan. Di Homestay Piaynemo, saya terpesona dengan deretan penginapan berdinding kayu di area hutan bakau yang menyatu dengan keasrian alam. Semilir angin berdesir menemani siapa saja yang rehat sejenak melepaskan penat. 

Homestay di Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat

 

Mampir Yuks : Pengalaman One Day Trip ke Raja Ampat, Keindahan Menakjubkan di Papua Barat (1)

 

Berbekal sendal jepit ungu berhias bunga, baju yang sedikit fashionable agar tampak cantik di depan kamera, HP dan kamera saku berbaterai penuh, petualangan saya di "The Ultimate Pristine Paradise in West Papua" resmi dimulai. Meski sendiri tanpa teman dalam grup one day trip ini, saya selalu bersemangat melompat turun dari speedboat ke setiap dermaga yang kami kunjungi. Selagi yang lain asik menikmati keindahan bawah laut, saya berkeliling pulau menggoreskan setiap bait kenangan dengan menelusuri keindahan perahu berwarna warni yang bermandikan cahaya, derai tawa anak-anak yang sedang mencari umang-umang di pinggir pantai dan duduk terdiam di dermaga sembari mengamati wisatawan asing berlatih kayak.

 


Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Pantai lain yang menjadi destinasi favorit saya adalah pantai Tanjung Bira, Bulukumba, yang dapat  ditempuh dalam 6 jam perjalanan darat dari Makassar, ibukota provinsi Sulawsi Selatan. Rasa penat terbayar dengan deburan ombak dan lautan biru yang tenang. Saya jatuh cinta pada pandangan pertama begitu menjejakan kaki di hamparan pasir putih berpadu dengan lembah yang membujur sepanjang pantai cantik ini.

Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Mampir yuks : Pesona Pantai Tanjung Bira…Pantai Cantik di Ujung Selatan Sulawesi

 

Tak hanya pantai, gunung pun menjadi pilihan saya untuk menikmati keindahan alam. Dibesarkan di cekungan Bandung yang notabene dikelilingi pegunungan alias diriung ku gunung, saya otomatis akrab dengan suasana udara sejuk dan aroma khas dataran tinggi.


Bromo, Jawa Timur

Bromo menjadi favorit saya sepanjang masa. Keindahan Bromo yang membujur bak lukisan membuat siapapun akan takjub dengan kebesaran Tuhan. Bromo adalah tempat yang akan membuka keindahan Indonesia di mata dunia. Paduan puncak gunung yang menjulang tinggi, awan kelabu dan lembah hijau bagai harmoni sempurna yang menelisik setiap jiwa yang rindu berpadu dengan alam. Bromo adalah sumber inspirasi yang tak ada habisnya.

Berpetualang di Bromo


Kawasan vulaknik terbesar di Jawa Timur ini terletak di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Selain menikmati matahari terbit di Love Hill yang harus dicapai dengan menaiki ratusan anak tangga, saya juga terpana dengan hamparan luas kaldera yang menjadi destinasi kedua sekaligus tempat kami menikmati sarapan. Pemandangan lautan pasir seluas 10 km yang tak berkesudahan saat perjalanan pulang hanya sebagian khazanah keindahan yang menggoda untuk singgah dan menjelajahi Bromo. Track khusus untuk wisatawan telah disediakan khusus sebagai bagian dari upaya untuk menjaga dan melindungi hutan di kawasan TNBTS.

Bromo


Kawasan Bromo dikenal sebagai Land of Edelweis, Anaphalis javanica. Demi menjaga dan melindungi flora Indonesia, larangan memetik sembarangan bunga Edelwise liar di alam sudah lama diberlakukan agar tidak terjadi kepunahan. Dan tentu saja bolangers wajb mematuhinya ya demi menjaga lingkungan hidup agar dapat berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman yang ada di Indonesia salah satunya keanekaragaman flora. Namun jangan khawatir, kini sudah banyak budidaya Edelwies sehingga bolangers masih dapat menjadikan bunga perlambang keabadian ini sebagai buah tangan.

 

Sejak pandemi Covid 19, tentunya rencananya ngabolang semakin jauh dari angan-angan. Namun, saya dan Zauji tak kehilangan cara untuk menikmati liburan. Dengan berbekal mematuhi protokol kesehatan yang ketat, masih ada beberapa tempat wisata yang dapat kami tuju khususnya di daerah Bandung Raya, salah satunya Kawah Rengganis. 

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis, Bandung, Jawa Barat

Kawah Rengganis atau yang juga dikenal sebagai Kawah Cibuni terletak di kawasan Ciwidey, ± 40 km arah selatan kota Bandung. Ditempuh dalam waktu ± 2 jam, Kawah Rengganis berada tak jauh dari Kawah Putih dan Situ Patengan. Kawah yang berasal dari letusan Gunung Patuha (Gunung Sunda Purba) ini bisa dijadikan alternatif wisata alam lain yang tak begitu ramai pengunjung, terutama di pagi hari. Hanya bisa dilalui dengan kendaraan beroda dua, kawasan Kawah Rengganis nyaris terkesan asli dan tanpa polesan, kecuali 2 kolam yang diperuntukan untuk berendam. Aroma bau belerang dan bebatuan yang mengeluarkan uap berwarna putih menambah keeksotisan tempat ini. Selain itu, Kawah Rengganis menawarkan spot menarik berlatar belakang telaga hijau kebiruan yang dikelilingi lembah hijau yang masih asri.

Kawasan Asri Kawah Rengganis


Tidak ada harga tiket masuk resmi alias bolangers bisa masuk dengan bebas haya membayar biaya sukarela sebagai pengganti biaya perawatan yang masih dikelola masyaarakat setempat. Saya dan Zauji menyengaja datang lebih pagi, selain untuk menghindari kerumunan dan berinteraksi dengan banyak orang, udara pagi masih cukup segar pagi kami yang memilih berkendara dengan sepeda motor kesayangan.

 

Meski tak semua destinasi wisata alam memberlakukan aturan secara ketat seyogyanya kita wajib menjaga lingkungan hidup agar keanekaragaman wisata alam tetap lestari keasliannya.  Surga alam bumi pertiwi merupakan karunia dan titipan Tuhan yang harus kita jaga dan lestarikan. Buang sampah pada tempatnya, kurangi penggunaan sampah plastik, tidak melakukan vandalisme atau perusakan ekosistem menjadi hal yang mutlak saat ngabolang berwisata alam. Yuk, bikin Indonesia Bangga dengan berbuat sesuatu untukmu bumiku.



#IndonesiaBikinBangga #UntukmuBumiku

Referensi : Disarikan dari berbagai sumber

Foto : Dokumentasi justmenong

 

2 comments:

  1. Senang banget ya bisa piknik keliling Indonesia yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...tempat wisata di dekat rumah...sebetulnya banyak kok..

      Delete

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa