Day 8 : Top 5 Tempat Liburan Favorit

Sebagai bolangers sejati, menjelajah tempat baru menjadi hobi saya saat berkesempatan melakukan perjalanan dinas ke luar daerah atau menghabiskan waktu bersama Zauji. Dari beberapa tempat yang saya kunjungi, ada beberapa tempat yang menjadi favorit saya dan Zauji.

Tebing Bintang, Raja Ampat

1.1. Raja Ampat

The Ultimate Pristine Paradise di Papua Barat ini benar-benar membuat saya terpesona. Nekad ngabolang sendirian diantara grup travelling lain, besarnya biaya yang saya keluarkan sepadan dengan pengalaman yang saya dapatkan. Beberapa teman saya kimia memang memimpikan untuk bisa ngabolang ke Raja Ampat. Saat saya tiba disana, saya mulai memahami mengapa Raja Ampat menjadi primadona destinasi wisata domestik atau mancanegara. Pemandangan laut yang indah tak ada tandingannya laksana pemandangan surgawi bagi mata dunia.

 

Mampir Yuks : Pengalaman One Day Trip ke Raja Ampat, KeindahanMenakjubkan di Papua Barat (1)

 

Raja Ampat memang layak disematkan sebagai destinasi wisata terfavorit sepanjang masa. Hanya saja mahalnya biaya transportasi menjadi kendala bagi bolangers.

 

2.    2.  Yogyakarta

Entah sudah berapa kali saya mengunjungi kota cantik ini. Yogyakarta membuat siapa saja jatuh cinta pada kunjungan pertama dan ‘menagih’ untuk datang kembali. Di kota ini, saya masih berani ngabolang sendirian mengelilingi kota hanya berteman babang ojek online. Bolangers juga dapat backpacker-an dengan dana minimalis. Saya pernah menggunakan kereta api atau bis untuk bisa ngabolang ke Yogyakarta. Ritual yang selalu saya lakukan adalah berburu batik di Hamzah Mirota, beli bakpia dan nongkrong cantik di seputaran Malioboro. Jangan lupakan Pantai Parangtritis di selatan Yogyakarta.


Mampir Yuks : Backpacker ke Tempat Wisata Seru dan Murah di Yogyakarta,The Soul of Java

 

3.    3. Malang

Malang mengingatkan saya pada kota Bandung tercinta. Cuaca dan suasana nya memang plek ketiplek kota kelahiran saya. Di kota Malang dan sekitarnya, saya berkesempatan mengunjungi banyak tempat wisata hanya dalam satu kota. Rasanya tak cukup menjelajahi kota ini dalam satu hari. Pengalaman paling seru saya dapatkan saat tur menjelajah Gunung Bromo. Rasa kantuk karena harus bangun jam 1 dinihari terbayar dengan pemandangan ciamik bak lukisan. Lagi-lagi saya mengerti mengapa banyak wisatawan asing yang jatuh cinta untuk menjelajahi Indonesia. Negeri ini memang tak pernah kekurangan pesonanya.

Mungkin ada satu yang dari dulu ingin saya jajal di Malang yaitu mencoba bakso malang asli di kota Malang dan Alhamdulillah saya berkesempatan mencoba salah satu bakso malang terkenal dengan sensasi gemuruh kereta.


Mampir Yuks : Jalan-jalan di Malang, Paris Van East Java

Mampir Yuks : Review Edukasi Seru di Museum Angkut, Batu, Jawa Timur

Mampir Yuks : Pengalaman Menjelajah Bromo, A Breathtaking Journey (1)

 

4.     4Ketapang, Kalimantan Barat

Nun jauh di pulau Kalimantan, ada mutiara destinasi wisata yang sangat layak diberi jempol. Ketapang berjarak 45 menit perjalanan melalui pesawat atau 10 jam melalui perjalanan darat. Terletak di tepi Sungai Pawan, bolanger dimanjakan dengan wisata sejarah dan wisata alam yang unik plus aneka kuliner yang didominasi hidangan khas laut. saya dijamu dengan ikan asam pedas dan tumis pakis yang tak pernah saya jumpai di Jawa Barat.

Ada lagi yang sangat saya suka. Rumah tradisional masih banyak dijumpai di Ketapang sehingga kita bisa merasakan sensasi rumah kayu khas Kalimantan.

 

Menikmati ikan bakar dan duren di saung kayu...seru😍

Mampir Yuks : Kerajaan Matan di Ketapang, Kalimantan Barat, Jejak Kakidi Tepi Sungai Pawan

Mampir Yuks : Resep Ikan Asam Pedas Khas Ketapang, Kalimantan Barat

 

5.    5.   Makassar

Makassar mungkin kota di luar Jawa yang paling sering saya kunjungi. Selain destinasi wisata yang terkenal seperti pantai Losari dan Benteng Rotterdam, saya menikmati wisata kuliner yang semuanya cocok di lidah saya. Meski didominasi rasa pedas, bagi saya, kuliner khas Makassar jadi salah satu favorit saya terutama konro bakar. Makassar merupakan kota besar di timur Indonesia namun perpaduan sejarah tetap tak meninggalkan kesan kemegahan di masa silam.

  

Siapa yang tidak tergoda dengan ikan dabu dabu

Mampir Yuks : Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) di Makassar, SulawesiSelatan

Mampir Yuks : 10 Cara Asik Menikmati Keindahan Makassar, Sulawesi Selatan : Pantai Losari, Museum Balla Lompoa, Batimurung


Waaah, jadi rindu ngabolang ya?
Semoga ada kesempatan untuk kembali ngabolang saat pandemi reda.


#BPNRamadhan2021

#BPNDay8


Referensi : Disarikan dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi justmenong

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa