Pengalaman Operasi Ablasio Retina...Perjuangan itu Dimulai..Part 10

Pemeriksaan dokter glaukoma menyebutkan bahwa dalam kasus Zauji, sebab memucatnya papil tidak bisa diketahui secara spesifik. Meski demikian dokter memberikan acc apabila bagian retina berencana melakukan evakuasi silikon. Kami pun kembali kebagian retina, dokter kepala bagian retina menyatakan silikon akan tetap dipertahankan karena kekhawatiran retina belum cukup kuat untuk menempel meski pada kenyataannya berdasarkan hasil OCT, kondisi papil mulai memburuk.


Untuk konsultasi lebih jelas, keesokan harinya kami kembali menemui Prof Arief. Beliau menyatakan kondisi menurunnya papil belum dapat dipastikan apakah dari silikon atau hal lain. Karena itu, dokter akan melalukan observasi selalu dua bulan untuk membandingkan hasil OCT bulan ini dan dua bulan berikut. Apabila ada perubahan penurunan yang signifikan maka dipastikan silikon oksana berpengaruh negatif terhadap kondisi papil.


Secara umum, kondisi ini jarang ditemui sehingga kasus Zauji bisa jadi menjadi kasus pertama yang menjadi rujukan kasus lain yang serupa. Menurut beliau, tidak banyak jurnal penelitian terkait dengan pengaruh silikon oksana terhadap papil karena secara teori silikon oksana akan dievakuasi setelah 3 bulan terpasang. Namun mengingat kasus Zauji yang sudah 7 kali operasi karena posisi retina yang terus menerus lepas pasca operasi, dokter mengambil keputusan di antara dua pilihan : retina menempel dengan bantuan silikon oksana namun kondisi papil menurun atau silikon oksana dievakuasi untuk menyelamatkan papil namun selalu ada kemungkinan retina lepas kembali.


Keduanya bagai buah simalakama. Yang membedakan adalah kerusakan retina dapat diperbaharui selama retina dapat ditempatkan kembali ke tempat semula namun kerusakan papil bersifat irreversible artinya bila sudah mengalami kerusakan, tidak ada opsi untuk memulihkan kembali.

Kondisi papil yang menurun ditandai dengan mata kanan yang semakin buram, meski demikian Zauji tidak merasakan perbedaan yang signifikan karena sejak operasi ketiga, mata kanan memang sudah tidak berfungsi dengan baik.


Skenario Allah itulah selalu yang terbaik.


Itu yang selalu Zauji tanamkan kepada saya.


Apabila menurun atau bahkan menghilangnya penglihatan menjadi jalan Zauji lebih dekat dengan Allah, biarlah seperti itu karena apapun yang Allah berikan akan selalu menjadi yang terbaik bagi hamba-Nya.


Dua bulan berikutnya kami menjalani hari-hari dengan rutinitas biasa. Zauji masih setia mengantarkan saya beraktivitas. Tidak ada yang dibatasi kecuali kami menghindari bepergian dengan motor di malam hari. Dahulu kami punya jadwal touring mengunjungi  sanak saudara di berbagai kota, kini saya sendiri yang merasa lebih khawatir dan over protektif bila Zauji bepergian jauh meski sekedar antar jemput saya di kantor.


Bagaimana hasil kontrol selanjutnya?


Baca “Pengalaman Operasi Ablasio Retina...Perjuangan itu Dimulai..Part 11...Hasil OCT Kedua"


Foto : justmenong

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa