Bagaimana Mengangkat Literasi di Indonesia?

Post a Comment
derajat literasi di Indonesia

Bukti nyata minimnya literasi masyarakat Indonesia adalah banyak netizen yang hanya membaca judul suatu berita dan mencernanya mentah-mentah tanpa mau bersusah payah membaca caption atau mencari kebenaran berita tersebut dengan melakukan literasi. Banyak langkah yang dilakukan untuk bagaimana mengangkat literasi di Indonesia.

Literasi merupakan salah satu keterampilan mutlak yang harus dimiliki di abad 21 ini. Berpikir kritis sebagai salah satu keterampilan abad 21 .

Literasi membaca didefinisikan sebagai kapasitas individu dalam memahami, menggunakan, merenungkan dan tercurah secara penuh pada teks tertulis untuk mencapai cita-cita, mengembangkan pengetahuan dan potensi serta berpatisipasi di dalam masyarakat.
Literasi matematika didefiniskan sebagai kapsitas individu untuk meruuskan, menggunakan dan menafsirkan ilmu matematika pada berbagai macam konteks. Literasi matematika meliputi logika matematika dan penggunaan konsep, prosedur, fakta dan perangkat matematika untuk menggambarkan , mneguraikan dan meperkirakan sebuah fenmena.

Literasi sains didefinisikan sebagai ekmampuan individu untuk mencurahkan perhatian pada topik-topik yang terkait sains dan gagasan sains sebagai wujud refleksi individu. Seorang literat sains akan selalu mencurahkan perhatian pada perdebatan logis mengenai sains dan teknologi yang membutuhkan kompetensi untuk menjelaskan sebuah fenomena secara lmiah, mengevaluasi dan merancang pertanyaan ilmiah dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.
literasi sains



Literasi merupakan kemampuan menggunakan berbagai keterampilan dalamkehidupan. Ada 6 literasi dasar yaitu literasi membaca, literasi numerk, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

Literasi tidak hanya membaca saja namun juga keterampilan dasar lainnya. Kita harus berpartisipasi bagaimana mengangkat literasi di Indonesia.

Related Posts

Post a Comment