Cek Review Padjajaran Suite Hotel Bogor!

6 comments
Review Padjajaran Suite Hotel Bogor

Selain Bandung dan Cianjur, Bogor menjadi salah satu kota kenangan karena keluarga Ibunda berasal dari kota hujan ini. Bulan November 2022, saya kembali mengunjungi Buitenzorg, sebutan Bogor di jaman penjajahan Belanda. Kali ini saya akan melakukan Review Padjadjaran Suite Hotel Bogor atau Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel tempat kami menginap. 

Berangkat dari Bandung

Kesempatan ini, saya berangkat dari Bandung menuju  Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel tanpa ditemani Zauji. Sepakat untuk menggunakan kendaraan umum, akhirnya kami mencari info beberapa moda transportasi yang tersedia.

Pilihan pertama tentunya bis antar kota. Bis jurusan Bogor dari Kota Bandung dapat teman Menong pilih di terminal Leuwipanjang Bandung. Sebagian besar berupa bis AC. Teman Menong bisa memilih Bis MGI atau Bela Utama dengan tarif Rp. 90.000. Bis AC ini akan mengambil rute via Tol Cikunir sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat kurleb 4 jam. Bis AC via Cikunir akan berakhir di Terminal Baranangsiang tepat di seberang Pintu Tol Jagorawi Baranangsiang. 

Pilihan lain Ekonomi AC jurusan Tasikmalaya - Jakarta 'Doa Ibu' atau jurusan Garut - Jakarta ' Karunia Bakti' dapat teman Menong naiki di daerah Padalarang (tepat di belokan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Banudng Barat tak jauh dari Gerbang Tol Padalarang) dengan tarif Rp.75.000 dengan rute melewati Puncak Pass sehingga waktu tempuh tidak bisa diprediksi tergantung kondisi lalu lintas (bisa kurleb 7 jam). Tentunya teman Menong harus berhenti di daerah Ciawi untuk melanjutnya perjalanan ke Kota Bogor.

Hanya saja, kedua pilihan ini tak bisa saya ambil karena dari review Padjajaran Suite Hotel Bogor, hotel ini terletak jauh dari terminal Baranangsiang dan tentunya saya harus memilih pool travel yang mendekati hotel agar lebih mudah karena banyaknya barang yang harus saya bawa sendirian.

Pilihan berikutnya jatuh pada travel Bandung Bogor. Dari sekian pilihan travel, sebagian besar pool travel berakhir di Bogor Trade Mall atau BTM. Ada satu travel yang melayani door to door yaitu Aragon Transport namun dengan estimasi waktu 6 jam, saya lebih memilih travel lain.

Akhirnya saya menemukan satu travel Bandung – Bogor yang berakhir di Bogor Nirwana Residence (BNR), Sinar Jaya Shuttle. Pool Sinar Jaya Shuttle terletak di Bandung Trade Center (BTC). Tarif Pasteur Bandung - Bogor Nirwana Residence Rp. 130.000. Tak ada pool resmi di Kawasan BNR. Hanya ada satu konter kecil yang terletak di dekat pujasera BNR sehingga teman Menong bisa menunggu jemputan sambal menikmati sajian kuliner.

Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel berjarak 5 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil dari pool Sinar Jaya Shuttle BNR. 

Lokasi

Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel atau lebih dikenal dengan  Pajajaran Suite Hotel Bogor merupakan hotel bintang 4 ternama di kota Bogor. Terletak di kawasan Bogor Nirwana Residence, tepatnya di Jl. Bogor Inner Ring Road Lot. XIX C-2 No. 17, Bogor Nirwana Residence, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16132, hotel ini menawarkan banyak fasilitas menarik bagi teman Menong yang berencana untuk menghabiskan waktu di kota Bogor.

Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel sering kali tertukar dengan Padjadjaran Hotel yang terletak Jl. Pajajaran No. 17, Warung Jambu, Bogor Utara, Bogor, Indonesia, 16153 karena namanya yang sangat mirip. Tak heran karena keduanya berada dalam naungan perusahaan yang sama.

Karena tidak tahu jalan, saya salah memilih titik tujuan sehingga grab mobil melaju menuju Padjadjaran Hotel di Jl. Pajajaran. Alhamdulillah, hanya beberapa meter saya menyadari arah yang dituju berlawanan dari petunjuk awal sehingga driver pun berputar arah.

Terletak di kawasan Bogor Nirwana Residence, kesan pertama yang saya dapatkan tentunya hotel yang saya tuju akan sangat menarik karena berada di kawasan mewah. Sayangnya lokasi yang jauh dari keramaian dan tak ada akses kendaraan umum kecuali kendaraan pribadi atau transportasi online membuat teman Menong kesulitan bila ingin berbelanja di minimarket atau mencari kuliner terdekat.

Jadi sediakan bekal yang cukup agar tak perlu repot keluar hotel bila memerlukan sesuatu. Alhamdulillah saat turun dari travel, saya melihat deretan food court dan minimarket.

Pilihan Kamar

Dari pencarian referensi, Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi (luas yaaa!) dengan delapan lantai bangunan yang didesain secara modern minimalis.

Dibuka sejak tahun 2012, hotel ini termasuk kategori hotel bintang empat dengan kapasitas 119 kamar yang terdiri dari 59 kamar bertipe superior, 25 deluxe, 29 executive, dan 6 royal suites.

Tarif sewa kamar terendah untuk Superior Twin Room Only dibanderol kurleb Rp. 900.000 tanpa sarapan dan tarif sewa kamar tertinggi untuk Executive kurleb Rp. 1.900.000 dengan sarapan. Tarif ini tentunya bervariasi. Teman Menong bisa mendapatkan harga yang jauh lebih rendah di saat low season atau week day.

Ukuran kamar terkecil di Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel untuk  Superior Twin Room Only memiliki luas 22 m2. Hmmm, menurut saya sudah lumayan luas dan nyaman. 

Fasilitas kamar terdiri dari AC, air minum kemasan cuma-cuma, tea/coffee maker, TV, meja, brankas dan kamar mandi dengan fasilitas shower, air panas, toiletries dan hair dryer (ini yang saya suka).

Saya sendiri mendapatkan kamar Executive dengan luas 33 m2 plus extra space (sangat luas terutama karena posisi berada pada interconnecting room sehingga ada tambahan space lagi). Berada di lantai 6, view yang saya dapatkan adalah halaman depan hotel dan pemandangan Bogor Nirwana Residence yang asri dengan banyaknya lahan luas dan pepohonan yang dapat saya lihat dari balik jendela besar.

Jujur saja, saya menyukai kamar dan fasilitas di dalamnya. Satu double bed, sofa dan meja tamu, TV kabel yang menawarkan berbagai channel dalam dan luar negeri, lemari pakaian, meja rias, meja untuk menyimpan koper, ditambah desain sederhana bernuansa hijau dan coklat yang elegan nyaman di mata. 
kamar executive Padjajaran Suite Hotel Bogor

Area kosong juga sangat luas sehingga saya bebas bergerak, menghamparkan sajadah berpindah-pindah atau sekedar lesehan di bawah (yang tentunya tak perlu dilakukan karena ada sofa tersedia). Yang terpenting, ventilasi dan cahaya sangat cukup kecuali area kamar mandi yang mendapatkan cahaya dari lampu yang cenderung temaram.

Fasilitas wifi juga terhubung dengan baik meski berselancar di dalam kamar.

Restoran

Restoran Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel terletak berdampingan dengan lobi. Ada dua bagian restoran yaitu area outdoor yang berhadapan langsung dengan kolam renang di area satu lantai di bawahnya dan indoor tempat menu utama disajikan yang berdekatan dengan jalan pintas menuju lift. 

Menu dan rasa makanan menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik sebuah hotel. Menurut saya pribadi, menu dan rasa makanan di hotel ini cenderung biasa-biasa saja termasuk menu utama ala buffet. Terkadang hidangan belum tersaji lengkap dan hangat seperti bubur ayam meski waktu sudah menunjukan jam 06.00 WIB atau lebih.

makanan Padjajaran Suite Hotel Bogor

Begitu pula dengan aneka kue, roti dan pastry, tak banyak pilihan yang bisa teman Menong coba. Saya sendiri hanya mencicipi croissant di hari kedua dari 5 hari bermalam di Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel.
aneka kue Padjajaran Suite Hotel Bogor

Teman Menong bisa mencicipi gorengan yang digoreng langsung. Ini menjadi salah satu nilai plus karena gorengan dadakan dan rasanya enaak. Selain jamu, wedang jahe dan aneka manisan yang selalu ada, mungkin Padjadjaran Suites Hotel & Conference menjadi satu-satunya hotel yang menyajikan mie instan dalam sajian breakfast

Meski sangat jarang menjadikan Ind*m*e sebagai menu sarapan, akhirnya saya dan Zauji yang menyusul saya di hari terakhir melipir juga karena 'kabita' melihat teman menyantap Ind*m*e kuah plus telor yang aroma nya menggoda jiwa.

Bagi teman Menong penyuka kopi, restoran hotel ini menyediakan kafe khusus kopi loh yang dapat dipesan di luar layanan sarapan gratis. Tamu yang tidak mendapatkan sarapan gratis dapat membayar Rp.135.000 per orang.
Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel

Berbeda halnya dengan menu yang teman Menong pilih sebagai makan siang atau makan malam, rasanya jauh lebih berbeda karena cita rasa yang lebih kuat dan enak. Teman Menong juga bisa memesan mie tektek yang dibuat langsung oleh Chef. Jangan lupa untuk memesan soto daging atau masakan khas sunda yang rasanya super enak.

Fasilitas Lain

Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel sangat cocok untuk keluarga. Anak-anak bisa bermain di area bermain yang telah disediakan khusus atau berenang di kolam renang anak atau dewasa dengan fasilitas yang memadai. Meski banyak daun kering berjatuhan, kolam renang cukup bersih karena sering dibersihkan. 
kolam renang Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel
Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel juga cocok untuk keperluan bisnis. Ballroom dan meeting room  dan dilengkapi lahan parkir yang super luas dapat menjadi pilihan terbaik. Ballroom dan meeting room berada di gedung yang berbeda dengan kamar bagi tamu hotel. 

Sayangnya, akses menuju gedung tidak praktis karena hanya dapat dijangkau dengan lift melalui area penyimpanan gas yang notabene hanya diperuntukan untuk karyawan (tak nyaman untuk tamu hotel karena area cenderung gelap dan sepi) atau dari lobi/restoran turun ke area kolam renang yang berada outdoor meski ada selasar yang menaungi tamu dari hujan.

Selain itu, Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel menyediakan ruangan khusus untuk sholat jumat bagi karyawan dan tamu (yang sangat jarang ada di hotel lain), pusat kebugaran, dan tenis meja. Sholat jumat dilaksanakan di lantai dua gedung ballroom.

Secara keseluruhan, hasil review Padjajaran Suite Hotel Bogor atau Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel bisa terbilang sebagai salah satu hotel yang memiliki fasilitas menarik terutama bagi teman Menong yang berniat healing jauh dari keriuhan kota.

Related Posts

6 comments

  1. So far untuk family stay cation aku pilih resort, karena emang lebih hommy dan tenang. Lokasinya pun emang di ujung-ujungnya kota biasanya haha. Tapi kalau liburan berdua atau yang simple pilihnya hotel, biar gampang aksesnya. Pilihan weekday emang paling pas sih, kayak punya resort/hotel pribadi haha

    ReplyDelete
  2. Kalau kamar hotel lamu begitu senang, buat take pic jadi lebih menarik. Btw, view yang bisa dinikmati dari jendela samping kamar apa mb?

    Ini hotel bintang berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. view nya lahan kosong yang luas banyak tanaman...jadi kamar lebih terang karena menghadap bagian depan hotel...hotel bintang 4 nih

      Delete
  3. Kamarnya cukup luas ya ada kolam renangnya juga. Jadi kangen Bogor lho sudah lama ngga pernah mengunjungi Bogor.

    ReplyDelete
  4. Seumur-umur, belum pernah stay di Bogor nih. Untung baca artikel menarik ini. Jadi kalau sewaktu-waktu traveling ke Bogor, bisa tahu harus kemana nyari penginapan....

    ReplyDelete
  5. Jadi pingin staycation baca ini, apalagi di daerah yang udaranya sejuk. Kaya rehat sejenak dari hiruk pikuk keseharian ^^ lama ih nggak ke Bogor aku. Hotel *4 mah cakep ;)

    ReplyDelete

Post a Comment