Perawatan Pasca Mastektomi

Post a Comment
Bermula dari benjolan, Ibunda divonis kanker payudara. Dokter bedah umum yang kami kunjungi di RS Hermina Bandung, Dr Richard SHL. Tobing, tidak menyatakan stadium yang diderita Ibunda hanya menyatakan stage 3 berdasarkan hasil biopsi artinya tingkat penyebaran sel kanker. Inilah yang membuat kami seolah berlomba dengan waktu dan segera melakukan mastektomi di RSUD Ujungberung masih bersama dokter dr. Richard Sumihar Hasudungan Lumban Tobing, Sp.B. Perawatan pasca mastektomi ini turut merangkai kisah perjuangan Ibunda.

Perawatan Pasca Mastektomi

Mastektomi dilakukan di RSUD Ujungberung. Pasca mastektomi, tindakan operasi pengangkatan payudara kiri, Ibunda harus tetap dirawat selama 10 hari untuk dilakukan observasi guna memastikan kondisi pasien stabil. Perawat rutin melakukan pengecekan suhu dan tekanan darah. Dr Richard SHL. Tobing, dokter bedah umum yang menangani Ibunda sedari awal dinyatakan kanker payudara, memeriksa setiap pagi untuk memastikan Ibunda dalam kondisi baik. 

Selama 3 hari Ibunda tidak diperkenankan turun dari tempat tidur karena kondisi masih lemas dan sering pusing. Selang kateter tetap terpasang dan menggunakan pampers di malam hari. Selain selang infus, selang yang terpasang dalam jahitan juga menghambat aktivitas. Selang ini berfungsi mengeluarkan darah kotor dari bekas operasi. 

Hingga hari ke 4, tabung penampung darah kotor masih bersih namun di hari ke-5 darah kotor mulai mengalir turun karena Ibunda sudah diperkenankan untuk bolak-balik ke kamar mandi.

Setiap pagi perawat menaruh baskom kecil aluminium dan lap basah untuk mandi pasien. Karena sudah diperkenankan ke kamar mandi, Ibunda lebih memilih mandi sendiri karena kondisi badan akan terasa gerah tidak terkena air seharian. Yang terpenting, selang penampung dijaga agar tidak lepas. Ibunda juga tidak dipantang untuk makan apa saja yang disukai meskipun ahli gizi rumah sakit menyarankan untuk makan dari rumah sakit saja agar terjaga higienitasnya.

Gambaran Kanker Payudara (Sumber : https://www.mountelizabeth.com.sg/)

Demam

Meskipun perawat selalu memastikan kondisi pasien namun hendaknya pihak keluarga juga turut memperhatikan. Beberapa hari pasca operasi, suhu tubuh Ibunda saya rasakan agak sedikit naik sehingga saya berinisiatif untuk melaporkan ke perawat agar segera disampaikan kepada dokter. Dr. Richard pun memberikan obat penurun panas dan mewanti-wanti apabila panas tidak turun lepas dari 3 hari, harus segera dilaporkan kepada perawat. Alhamdulillah suhu kembali normal setelah 2 hari minum obat.

Hasil patologi mastektomi baru bisa diketahui 2 minggu pasca operasi, namun dokter menjadwalkan rontgen dan USG abdomen untuk memastikan sel kanker apakah sudah menyebar ke paru-paru dan limpa atau tidak. Dokter menyatakan pada umumnya, kanker payudara akan menyebar terlebih dahulu ke organ terdekat yaitu paru-paru dan berikutnya limpa sebelum menyebar ke organ lain. Alhamdulillah kedua hasil pemeriksaan bagus dan tidak ada tanda penyebaran.

Melihat kondisi Ibunda yang tetap sehat dan segar, pengalaman menderita kanker payudara pasca mastektomi ini membuat banyak orang tak percaya bila Ibunda menderita kanker. Inilah salah satu yang kami syukuri karena sejauh ini kondisi masih prima. Selain berobat medis, kami juga berikhtiar melalui pengobatan herbal.

Perawatan di Rumah

Tak terasa, sudah hampir 10 hari kami berada di RSUD Ujungberung. Hari ke-8 dokter sudah mengijinkan selang penampung darah kotor dicabut. Meski penampung berisi banyak namun dilihat secara kasat mata dianggap normal dan tidak ada hal yang diluar kewajaran. Perawatan pasca mastektomi di rumah sakit dilakukan dengan mengganti perban sebanyak dua kali dan perawat menyatakan luka bersih dan kering.

Dan saat pulang ke rumah, dokter mengingatkan Ibunda agar mengganti perban luka per tiga hari. Saya pun berencana meminta tolong tetangga yang berprofesi sebagai bidan untuk membantu kami.

Waktu luang kami gunakan untuk bercerita karena menjelang kepulangan, RS sudah mulai menerapkan kunjungan pasien ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid 19. Waktu kepulangan pun kami tunggu sekaligus jadwal kemoterapi yang menjadi langkah berikutnya. Perawatan pasca mastektomi menjadi pegangan untuk pengobatan selanjutnya.

Related Posts

Post a Comment