Kenali Jenis Batik Nusantara dan Asal Daerahnya Bagian 1

Post a Comment
Mengunjungi pameran batik nampaknya jadi agenda tahunan bagi saya. Selain karena keperluan untuk mencari outfit yang menarik untuk dipakai ke kantor –balada bekerja tanpa seragam–, berburu berbagai jenis batik nusantara dan asal daerahnya menjadi hal seru di akhir pekan.

Pameran batik dan kain tenun

Batik

Batik berasal dari kata amba dan tik yang berarti menulis atau seni melukis titik-titik. Batik merupakan kain yang dilukis menggunakan canting dengan bahan cairan malam membentuk motif khas dan unik.

Asik mencanting

Canting dan lilin malam yang dipanaskan

Mewarnai batik

Batik tulis

Menilik sejarah batik yang panjang, awalnya batik merupakan pakaian kebesaran keraton yang dipakai untuk acara tertentu saja seperti upacara pernikahan, kelahiran atau kematian. Kini batik menjelma menjadi lifestyle berbagai kalangan. Batik tidak hanya dipakai orangtua –dulu identik dengan baju ‘wajib’ untuk menghadiri undangan– tapi anak muda juga tak malu untuk bergaya menggunakan batik. Batik menjadi pakaian kekinian yang bisa dipakai untuk kegiatan resmi dan santai.

Model batik kekinian

Tahun 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia, Masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity atau karya agung warisan kemanusian untuk budaya lisan dan non bendawi. Tentunya ini menjadi momentum yang sangat tepat bagi kita untuk melestarikan batik. Cinta dan bangga berbatik berarti mencintai budaya negeri ini.

Batik Cirebon

Ada beberapa jenis batik yang kita kenal yaitu batik tulis, batik cap, batik cetak dan batik printing. Batik tulis merupakan batik dengan kualitas terbaik. Salah satu ciri khusus batik tulis adalah pola yang tidak seragam karena pengerjaannya secara handmade tergantung penuh pada keterampilan sang pembatik. Selain itu warna sama di kedua sisi dan memiliki aroma ‘malam’ yang khas. Untuk membuat sebuah batik tulis diperlukan waktu berbulan-bulan. Dan pastinya kualitas dan harga akan berbeda bila dibandingkan dengan batik jenis lainnya.
Batik tulis

Batik cap dibuat dengan bantuan cap yang terbuat dari lempengan besi atau tembaga membentuk pola teratur. Batik cap banyak digemari karena kualitasnya yang menengah dengan harga yang relatif terjangkau.

Batik Papua
Batik Kalimantan

Batik cetak dibuat dengan menggunakan cetakan sablon tanpa menggunakan ‘malam’ sehingga dapat diproduksi secara massal. Ciri utama batik cetak adalah coraknya yang seragam dan teratur. Kualitas batik cetak jauh berada di bawah batik tulis dan cap. Batik printing dibuat dengan menggunakan mesin tekstil sehingga dapat diproduksi dalam jumlah besar. Jenis Batik Indonesia sangat beragam menjadi topik yang tak akan pernah selesai untuk dibahas.

Batik nusantara dan asal daerahnya yang berbeda tentunya akan menambah rasa kagum kita akan kayanya negeri ini.

Related Posts

Post a Comment