Ablasio Retina..Bentuk Kasih Sayang Allah kepada Hamba-Nya...Part 2...Hampir Satu Tahun Berlalu


Bukan hanya Covid 19 yang membuat semua orang beradaptasi dengan kebiasaan baru atau biasa disebut dengan New Normal, kami mulai beradaptasi dengan keadaan Zauji menjelang satu tahun ‘bersahabat’ dengan Ablasio Retina. Pasca operasi kali ini, kami lebih santai menanggapi karena sudah tahu apa yang harus dilakukan.



Pasca kontrol di klinik reguler, kami kembali menemui Prof. Arief di klinik paviliun. Beliau dengan ramah menerangkan kondisi terakhir Zauji. Silikon oksana HD merupakan silikon campuran yang memiliki viskositas > silikon 5000 cSt. Silikon oksana HD biasa digunakan pada kasus ablasio retina yang sudah tidak bisa ditangani dengan silikon 5000 cSt. Pasien tidak bisa langsung menggunakan silikon jenis ini karena silikon jenis ini tetap memiliki kekurangan. Silikon oksana HD merupakan campuran polimer yang rentan pecah membentuk emulsi yang dapat menyumbat saluran di mata dan menimbulkan masalah baru yaitu glaukoma. Salah satu pemicu terbentuknya emulsi adalah benturan goncangan seperti terjatuh atau olah raga tertentu termasuk lari.

Selain retina yang baik-baik saja, tekanan mata normal dan hasil visus menunjukan minus mata kanan sudah berganti menjadi plus dan silindris, kondisi kanan Zauji masih mengalami peradangan sebagai efek operasi yang berulang. Kondisi ini harus ditangani dengan obat anti radang sebelum dirujuk ke subspesialis lain bila radangnya masih tetap ada pasca diobati.

 

Jauh lebih lega..itulah perasaan kami. Sesi konsultasi yang lebih tepat obrolan santai ini membuka wawasan kami. Seperti halnya, dr. Rova, Prof. Arief juga tidak membatasi aktivitas lain seperti mengendarai motor, mengangkat beban berat (alasannya kalau terlalu berat, Zauji juga pasti tidak akan mengangkatnya kan, lol), dan aktivitas lainnya. Alasan terpenting adalah pasien Ablasio Retina bukanlah orang cacat atau invalid sehingga tetaplah produktif seperti biasa.


Nasihat lain adalah jangan terlalu memikirkan penyakit yang diderita karena memikirkan penyakit sejatinya tugas dokter, pasien hanya mengikuti arahan sebagai bagian dari ikhtiar.

 

Pada umumnya, silikon oksana HD atau silikon jenis apapun tidak boleh terlalu lama berada di dalam mata atau harus dievakuasi dalam waktu tertentu ( 3 atau 6 bulan). Secara  normal dokter akan menjadwalkan silikon oksana HD 2 – 3 bulan pasca operasi namun hingga menjelang bulan ke-3, posisi retina masih belum pulih sepenuhnya, masih ada bagian yang basah sehingga dikhawatirkan retina akan lepas kembali bila silikon oksana HD dievakuasi dalam waktu dekat. Observasi akan dilakukan dalam waktu satu bulan.

 

Sudah hampir satu tahun, kami bolak balik ke Pusat Mata Nasional (PMN) RS Cicendo ini. Semoga kondisi mata Zauji segera membaik sehingga operasi terakhir bisa dilaksanakan sembari menunggu pemasangan lensa. Ikhtiar adalah keharusan namun tawakal dan ridho atas segala keputusan Allah di atas segalanya.

 

Baca kelanjutannya di : “Ablasio Retina..Bentuk Kasih Sayang Allah kepada Hamba-Nya...Part 3”

Foto : Dokumentasi pribadi

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa