Pengalaman Operasi Ablasio Retina Bagian 6

Post a Comment
Kisah mengenai pengalaman operasi ablasio retina seolah tak ada habisnya. Meski kami berdua tentunya berharap semua akan berakhir dengan happy ending, namun Qodarullah hingga saat ini kami masih harus berjuang demi kesembuhan Zauji. Ablasio retina merupakan kondisi terlepasnya retina atau selaput jala dari posisi aslinya yang dapat menyebabkan kebutaan secara permanen pada mata kanan Zauji karena retina kurang mendapat asupan oksigen dan nutrisi.

Operasi lah satu-satunya jalan ikhtiar kami agar mata Zauji bisa sembuh seperti sedia kala. Dan RS Mata Cicendo menjadi pilihan kami atas rujukan dari Bandung Eye Center (BEC).

Operasi pertama dilakukan untuk memasang silicon oil 1300 cSt. Hanya satu minggu saja, muncul robekan baru yang mengharuskan Zauji menjalani operasi kedua yaitu silicon oil dengan vistositas yang lebih tinggi, 5000 cSt plus operasi katarak.

Selanjutnya operasi pemasangan sceral buckling (ikat silikon pada sklera/bagian luar putih mata) dan penambahan gas CF6. Karena gas CF6 tak efektif, dokter memutuskan untuk memasang kembali silicon oil 5000 cSt. Meski sudah 6 operasi yang telah Zauji lakoni, Qodarullah retina belum menempel baik sehingga dokter memutuskan operasi ketujuh.

Operasi ablasio retina ketujuh dilakukan Prof. dr. Arief. S. Kartasasmita, Sp.M(K), dokter senior di RS PMN Cicendo yang memasang silikon oksana HD, silikon campuran dengan viskositas terberat untuk mengatasi retina Zauji yang kembali robek.

Operasi ketujuh dilakukan di awal masa pandemi, dengan banyak 'drama' salah satunya kenaikan tekanan bola mata yang mencapai 46, red alert untuk glaukoma. Alhamdulillah menjelang operasi turun hingga <20 sehingga operasi penyerta yaitu bagian glaukoma tidak lagi diperlukan.

Kontrol Pasca Operasi Ketujuh

Bukan hanya Covid 19 yang membuat semua orang beradaptasi dengan kebiasaan baru atau biasa disebut dengan New Normal, kami mulai beradaptasi dengan keadaan Zauji menjelang satu tahun ‘bersahabat’ dengan Ablasio Retina. Pasca operasi ketujuh, kami lebih santai menanggapi karena sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kontrol pertama dilakukan seminggu pasca operasi ketujuh.

Pendaftaran di RS CIcendo
Suasana Antrian Pendaftaran di Klinik Reguler

Pasca kontrol di klinik reguler, kami kembali menemui Prof. Arief S. Kartasasmita, dr., SpM (K), M.Kes.,M.M.,PHd, di klinik paviliun. Beliau dengan ramah menerangkan kondisi terakhir Zauji. 

Silikon oksana HD merupakan silikon campuran yang memiliki viskositas > silikon 5000 cSt. Silikon oksana HD biasa digunakan pada kasus ablasio retina yang sudah tidak bisa ditangani dengan silikon 5000 cSt. Pasien tidak bisa langsung menggunakan silikon jenis ini karena silikon jenis ini tetap memiliki kekurangan. 

Silikon oksana HD merupakan campuran polimer yang rentan pecah membentuk emulsi yang dapat menyumbat saluran di mata dan menimbulkan masalah baru yaitu glaukoma. Salah satu pemicu terbentuknya emulsi adalah benturan goncangan seperti terjatuh atau olah raga tertentu termasuk lari.

Selain retina yang baik-baik saja, tekanan mata normal dan hasil visus menunjukan minus mata kanan sudah berganti menjadi plus dan silindris, kondisi kanan Zauji masih mengalami peradangan sebagai efek operasi yang berulang. Kondisi ini harus ditangani dengan obat anti radang sebelum dirujuk ke subspesialis lain bila radangnya masih tetap ada pasca diobati.

Jauh lebih lega..itulah perasaan kami. Sesi konsultasi yang lebih tepat obrolan santai ini membuka wawasan kami. Seperti halnya, dr. Rova, Prof. Arief juga tidak membatasi aktivitas lain seperti mengendarai motor, mengangkat beban berat (alasannya kalau terlalu berat, Zauji juga pasti tidak akan mengangkatnya kan, lol), dan aktivitas lainnya. Alasan terpenting adalah pasien Ablasio Retina bukanlah orang cacat atau invalid sehingga tetaplah produktif seperti biasa.
Nasihat lain adalah jangan terlalu memikirkan penyakit yang diderita karena memikirkan penyakit sejatinya tugas dokter, pasien hanya mengikuti arahan sebagai bagian dari ikhtiar.

Silikon HD

Pada umumnya, silikon oksana HD atau silikon jenis apapun tidak boleh terlalu lama berada di dalam mata atau harus dievakuasi dalam waktu tertentu ( 3 atau 6 bulan). Secara  normal dokter akan menjadwalkan silikon oksana HD 2 – 3 bulan pasca operasi namun hingga menjelang bulan ke-3, posisi retina masih belum pulih sepenuhnya, masih ada bagian yang basah sehingga dikhawatirkan retina akan lepas kembali bila silikon oksana HD dievakuasi dalam waktu dekat. Observasi akan dilakukan dalam waktu satu bulan.

Sudah hampir satu tahun, kami bolak balik ke Pusat Mata Nasional (PMN) RS Cicendo ini. Semoga kondisi mata Zauji segera membaik sehingga operasi terakhir bisa dilaksanakan sembari menunggu pemasangan lensa. Ikhtiar adalah keharusan namun tawakal dan ridho atas segala keputusan Allah di atas segalanya.

Yang bisa kami lakukan pasca operasi ablasio retina hanya melakukan kontrol rutin baik di klinik reguler BPJS atau di klinik paviliun RS Cicendo. Dan pengalaman operasi ablasio retina selanjutnya akan menjadi kisah dari sebagian perjalanan hidup kami berdua. Semoga Allah meridhoi. Aamiin.

Related Posts

Post a Comment