Kelas Belajar Canva di Tengah Pandemi Covid 19


Imbas dari Covid 19, hampir 2 bulan saya #bekerjadirumahsaja. Selain menyelesaikan banyak tagihan kantor, mengajar via daring dan menuntaska pekerjaan rumah yag tak kunjung usai, saya mencari kesibukan lain untuk menghilangkan kejenuhan. 

Sejak lama saya memang pengagum Canva karena sering melihat teman-teman di grup whatsapp ‘pamer’ keahlian mereka ber-Canva ria. Meski sering menggunakan canva, namun desain yang saya gunakan hanya sebatas template yang sudah tersedia di aplikasi Canva yang saya ganti teks nya saja. Sering kali saya terpesona dengan desain teman-teman yang unik dan ciamik namun apa daya kemampuan saya belum semahir mereka.

Berawal dari informasi teman, akhirnya saya mampir ke facebook "Cara Mudah Belajar Canva", grup ini diasuh Mutiara Hidayati, pengasuh sekaligus pengajar kelas desain dan menulis "Ruang Belajar Bersama Ra."

Mba Tiara sendiri telah tersertifikasi sebagai Canva Certified Creative (CCC) langsung dari salah satu manajemen Canva di Australia, semacam program duta Canva. Berbayar hanya Rp.75.000 saja, ‘Kelas Jago Desain’ via online dibuka setiap minggu. Di kelas yang saya ini berjudul “Cara Mudah Belajar Canva”, diikuti 15 peserta dari berbagai kota dengan latar belakang beragam. Kelasnya sangat seru dengan 10 materi berbeda selama seminggu dari pengenalan Canva, teks, warna, foto, ilustrasi dan sebagainya. Setiap hari dari mulai jam 10.00 – 12.00 WIB kami stand by di depan HP masing-masing (laptop juga bisa) untuk bersiap menerima instruksi dan serangkaian latihan yang harus disetorkan di grup whatsapp. 

Desain Sederhana Ilustrasi

Setiap peserta wajib mengunggah desainnya dan Mba Tiara akan memberikan komentar atau saran sehingga peserta dapat langsung memperbaiki desainnya sesuai tema yang diberikan. Di akhir sesi, kami akan diberi tugas yang harus dikerjakan plus diunggah di medsos masing-masing dengan tagar khusus #kelasjagodesain #caramudahbelajarcanva.
Hasil akhir yang kami peroleh : biodata yang cantik tentunya, double pages yang biasa digunakan

Salah Satu Materi, Double Pages, By IB

Sebetulnya saya pernah ikut kelas online belajar Canva sebelumnya di sebuah institusi regional. Jujur saja, untuk tipe orang yang tidak bisa belajar tanpa dengan pendamping, Kelas Jago Desain ini lebih mudah dipahami karena trainer secara intensif membimbing peserta dengan sistematika sederhana namun hasilnya tak kalah keren.  Di akhir sesi, sebagian peserta sudah jago menggunakan Canva dengan desain keren. Belajar online kali ini meski tidak sempurna, dapatlah dibilang salah satu belajar online yang tidak ‘gagal’ saya ikuti karena bisa saya ikuti hingga tuntas. 

Cover Buku, Desain By Wina Priyanti

Dengan hasil yang lumayan memuaskan karena sense of art saya mungkin tidak setajam teman-teman lain yang jauh lebih jago bermain dengan Canva, tak dapat dipungkiri kelas ini salah satu kelas yang saya sukai. Banyak ilmu yang saya dapat dari teman-teman yang super semangat dan super hebat di tengah keriuhan pekerjaan di rumah. Sembari menunggu sertifikat yang akan dibagikan (asiik…ini salah satu poin yang saya garisbawahi), grup whatsapp masih diramaikan dengan serba serbi Canva tingkat lanjut. Kelas Jago Desain Ra menjadi level selanjutnya untuk lebih serius belajar Canva.

Kini saya pun semakin asik otak atik Canva yang bisa saya terapkan untuk postingan Instagram atau sekedar membuat kartu lebaran versi sendiri. Seru yaaa

#belajardirumah

1 comment:

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa