Resep Ikan Asam Pedas Khas Ketapang, Kalimantan Barat

Post a Comment
Awal tahun saya mendapatkan tugas ke Kalimantan Barat. Destinasi kedua di awal tahun 2017 adalah kota Ketapang, kota kedua terbesar di Kalimantan Barat setelah Pontianak. Kota kecil ini sukses memikat hati saya termasuk resep ikan asam pedas khas ketapang yang tak boleh dilewatkan.

Olahan Ikan Laut

Sebagai penggemar ikan laut, kemanapun pergi, menu olahan ikan akan selalu menjadi pilihan. Awal tahun 2017 saya punya kesempatan mencicipi ikan asam pedas, kuliner khas Ketapang, Kalimantan Barat. Perpaduan rasa asam dan pedas layak untuk bolangers coba.

Apa yang membedakan ikan asam manis dengan masakan lainnya?
Well, salah satunya karena ikan yang dipilih adalah ikan khusus yang tidak ada di daerah lain. Ikan yang dipilih biasanya ikan baung atau ikan kepuyuh. Ikan ini dapat ditemui di pasar tradisional Kota Ketapang, Kalimantan Barat. Bahan lain adalah tambahan terong asam yang akan memberikan rasa asam. 

Memasak ikan asam pedas sangat mudah. Dan saya berkesempatan untuk melihat dan mencicipi ikan asam pedas yang dimasak langsung di dapur setelah sebelumnya menikmati wisata sejarah Kerajaan Matan.



Terong asam


Berburu ikan dan sayuran segar di pasar Sentap, ikan baung dan terong asam yang tidak ada di Bandung

Resep Ikan Asam Pedas

Resep ikan asam pedas yang saya dapat dari chef istimewa asli kota Ketapang :
1.     Ikan baung atau kepuyuh segar
2.     Cabe merah
3.     Bawang merah
4.     Kunyit
5.     Terasi
6.     Jeruk limo
7.     Serai
8.     Terong asam dibagi dua
9.     Nanas dipotong dadu

Cara memasak :
Cabe merah, bawang merah, kunyit, terasi yang dihaluskan dan diberi jeruk limo. Masukan ke dalam air yang dipanaskan dengan api kecil, tambahkan serai. Apabila sudah beraroma, masukan ikan dan potongan nanas. Masak beberapa saat. Matikan api dan ikan asam pedas siap dihidangkan.



😗

Sajian ini akan terasa lebih istimewa dengan tumis pakis. Resep ikan asam pedas khas Ketapang ini sengaja saya catat dengan harapan saya punya kesempatan untuk memasaknya sendiri di rumah --namun apalah daya...jenis ikan dan terong asamnya ternyata tak ada di Jawa Barat :D

Related Posts

Post a Comment