Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) di Makassar, Sulawesi Selatan

Post a Comment
Setelah tugas ke sekian kalinya ke Makassar, akhirnya saya kesampaian juga berkunjung ke Benteng Ujung Pandang (Fort) Rotterdam. Terletak di Jl. Ujung Pandang No 1, Makassar, Sulawesi Selatan, masih di seputaran kota sehingga teman Menong akan mudah untuk sampai kesana. Benteng yang keasliannya masih terpelihara hingga saat ini merupakan peninggalan Kesultanan Gowa. Benteng Rotterdam terbuat dari campuran batu dan tanah liat yang dibakar hingga kering. 

Benteng Asli Rotterdam

Nama Rotterdam sendiri berasal dari nama tempat kelahiran Gubernur Speelman, Gubernur Jenderal Belanda yang membangun kembali benteng yang hancur saat ada penyerangan terhadap Kesultanan Gowa.

Patung Sultan Hasanuddin
Gerbang benteng

Suasana asri menyambut kedatangan setiap pengunjung begitu kita memasuki gerbang utama. Dinding benteng ini mempunyai tinggi 5 meter dengan tebal dinding 2 meter. Benteng ini berbentuk segilima atau seperti penyu sehingga dahulu disebut dengan Benteng Payyua.

Pelataran bersih dan terpelihara




Benteng Rotterdam

Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro

Di dalam benteng ini terdapat pula Museum La Galigo yaitu museum koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, sejarah, naskah dan etnografi. Selain ini di dalam benteng terdapat ruang tahanan Pangeran Diponegoro saat diasingkan oleh Belanda.
Museum La Galigo

Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro

Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) menjadi destinasi pilihan saat teman Menong berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Related Posts

Post a Comment