Pantai Ambal, Kebumen, Alternatif Wisata di Jalur Selatan Jawa


Beberapa saat yang lalu, kami berkesempatan menunaikan janji kami pada Ibunda Zauji untuk mengunjungi kerabat di kota kelahiran beliau, Purworejo, Jawa Tengah. Rencana ini memang sudah kami rancang jauh hari sebelumnya namun baru terwujud setahun kemudian karena qodarullah berentetan ujian sakit dalam keluarga.


Karena ini kunjungan silaturahim dadakan, alamat yang dituju beserta rute yang akan dilalui baru kami dapat satu hari sebelumnya. Meski Ibunda Zauji bersikeras masih ingat dengan daerah yang akan dikunjungi namun Zauji tetap menyempatkan mencari informasi melalui kerabat lain mengingat memori Ibunda Zauji terpaut jauh hampir 25 tahun yang lalu dan tentunya desa yang dituju sudah banyak berubah ;)


Mengingat perjalanan yang cukup jauh dan ini baru pertama kali kami bepergian jauh, termasuk saya tak pernah merasakan nikmatnya mudik, kami berangkat pada malam hari dengan mobil. Alhamdulillah kami mendapatkan supir baik dan membawa mobl dengan nyaman. Sesekali kami beristirahat di mesjid yang kami lalui. Perhitungan awal waktu akan ditempuh 5 – 6 jam namun karena sering berhenti, hingga jam 7 pagi kami baru sampai di daerah Kabupaten Kebumen.

 



Ada dua rute yang bisa kami tempuh, lewat kota atau menyusuri panjang sepanjang jalur selatan. Pemandangan cantik jalan pantai selatan Jawa menyambut kami. Tak sengaja melihat papan penunjuk jalan yang menunjukan bahwa ada pantai tak jauh dari jalan raya yang kami lalui. Tepat di sebelah kanan, tak jauh dari jalan raya, terletak di desa Ambalsari, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Pantai Ambal memesona kami semua untuk singgah. Dengan membayar uang parkir sebesar Rp. 10.000,00 saja, kami bisa menikmati keindahan hamparan pasir yang terbentang sepanjang 500 meter.

 


Pantai yang bersih dan cantik. Pengunjung yang tidak terlalu banyak sehingga kami bisa bebas berlarian di sepanjang pantai tanpa terganggu pengunjung lain. Deburan ombak Samudera Indonesia menyambut kami. Apabila dibandingkan dengan pantai lain yang pernah saya kunjungi, pantai Ambal sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata. Rasa lelah dan penat hilang seketika terhapus oleh pecahan ombak yang menyentuh kaki kami.



Bila tak ingat perjalanan masih panjang untuk kami tempuh, rasanya kami masih ingin berlama-lama di pantai ini. Nah, bolangers, jangan lupa berkunjung ke Pantai Ambal ya untuk menikmati keindahan hakiki pantai selatan Jawa.


Foto : Dokumentasi pribadi

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa