Selasa, 20 Februari 2018

Menikmati Sejuknya Hutan Kota, Babakan Siliwangi


Rasanya sudah lama sekali saya memendam keinginan untuk menikmati hutan kota Taman Babakan Siliwangi atau lebih dikenal dengan sebutan Baksil. Meski 2 tahun lebih menghabiskan banyak waktu di daerah Jalan Ganesha, tak pernah sekalipun saya mampir di salah satu ruang terbuka hijau (Green Area Public) di kota Bandung yang sejak tahun 2011 dicanangkan sebagai hutan kota dunia oleh PBB.




Baksil sendiri merupakan kawasan lembah yang dibentuk sungai Cikapundung dan menjadi kawasan sabuk hijau kota Bandung sejak jaman Belanda. Sempat dilanda pro dan kontra beberapa tahun silam, kawasan yang akhirnya pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab pemerintah kota Bandung ini menjelma menjadi salah satu destinasi wisata jalan-jalan sekaligus olah raga yang populer di kota Bandung.


Di kawasan seluas 8 hektar ini, bolangers dapat menyelusuri wahana khusus pejalan kaki sepanjang 2 kilometer sambil menikmati merdunya suara burung dan tupai yang melompat dari dahan ke dahan. Forest walk ini membentang dari Jalan Siliwangi hingga kawasan Jalan Tamansari dengan suasana hutan yang segar. Dilengkapi dengan bangku taman untuk sekedar tempat rehat dan bercengkrama bersama keluarga atau teman.

Istirahat sejenak
Pintu gerbang utama Baksil terletak di Jalan Siliwangi. Bila belum sempat sarapan, bolangers dapat menikmati jajanan di warung-warung yang berderet rapi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tidak ada tiket masuk, bolangers hanya perlu menyiapkan uang parkir. Tempat parkir yang cukup luas tersedia untuk mobil dan motor.
Jajanan serba ada😋


Lokasi Baksil berdekatan dengan Teras Cikapundung, Kebun Binatang Bandung, dan bolangers dapat melanjutkan jalan-jalan seru ke Punclut atau Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda dalam waktu setengah jam saja. Baksil juga berdampingan dengan sarana olah raga Ganesha (Saraga) yang dilengkapi dengan track atletik, lapangan sepak bola dan futsal, lapagan basket, voli dan tenis, fitnes center dan kolam renang.



Rindangnya pepohonan akan membuat bolangers terlupa kalau masih berada di tengah kota. Selamat jalan-jalan seru di jantung kota Bandung.


Referensi disarikan dari berbagai sumber
Foto : Dokumentasi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum, teman!
Jangan lupa tulis komentarmu di sini ya :)