Meraih Keberkahan Berniaga melalui Sinergi Marketplace dan Website


Tiga bulan sudah pandemi Covid 19 melanda seluruh penjuru dunia. Sebagian besar masyarakat pun menjalani kegiatan di rumah saja sesuai dengan himbauan pemerintah termasuk saya. Meski nyaris tak leluasa bepergian namun saya masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa selama work from home termasuk di antaranya membantu Zauji menjalankan usaha yang sudah lama kami rintis.


Marketpalce vs Toko Konvensional
Sejak tak lagi diperkenan bepergian terlalu sering, Zauji lebih sering menjalankan usahanya melalui dunia maya. Lama bermain di salah satu marketplace populer di Indonesia, perkembangan pemasaran via online di era industri 4.0 sangat menarik untuk diamati. Hadirnya marketplace tentunya dirancang untuk memudahkan transaksi yang awalnya dilakukan dengan cara konvensional (toko) beralih secara online dengan mencakup jangkauan yang jauh lebih luas sehingga menambah peluang untuk mengembangkan usaha.


Marketplace sebagai bagian dari pasar online menjadi lompatan tepat bagi pelaku usaha kecil seperti kami. Selain lebih efisien karena banyaknya fitur yang user friendly terutama bagi emak-emak setengah gaptek seperti saya, baik menggunakan aplikasi atau melalui browser, marketplace juga menjanjikan biaya operasional dan promosi yang minim apabila dibandingkan membuka toko biasa. Biaya sewa bagi pelaku usaha yang tidak mempunyai tempat usaha milik pribadi seperti kami, biaya rutin seperti air dan listrik serta pembuatan banner atau spanduk dapat dihilangkan sehingga tentunya saja akan membuat biaya menjadi jauh lebih murah. 



Belanja via Smartphone
Pola belanja masyarakat kini mulai terbiasa untuk belanja secara online terlebih lagi di masa pandemi ini. Entah dari barang kecil seperti spare part elektronik, fashion dan kosmetik (penting bagi kaum hawa), alat pertanian hingga pertukangan, kini tak perlu lagi diperoleh dengan bepergian atau berdesakan. Semua bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui smartphone masing-masing. Pilih, pesan, bayar dan tunggu barang. As simple as it is. Di daerah pedesaan bahkan sudah tersedia marketplace center contohnya Tokopedia Center yang bisa membantu masyarakat yang tidak punya akses ke e-commerce untuk berbelanja dan bertransaksi bahkan memulai usaha dengan mudah. Tentunya hal ini menjadi peluang yang luar biasa besar yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha seperti kami.

Tingkat kepercayaan konsumen terhadap marketplace acap kali berubah dari waktu ke waktu. Demi menjaga kualitas produk, beberapa hal harus selalu kami lakukan seperti mencantumkan deskripsi produk secara detil di marketplace, adanya proses quality control untuk setiap produk yang akan dikirim, cepat merespon pertanyaan atau keluhan konsumen dan ketepatan pengiriman produk menjadi faktor penting.

Meski terlihat lebih menjanjikan karena dapat menyentuh beragam segmen pasar dari kalangan menengah hingga atas, namun menjalankan usaha melalui marketplace tidaklah menjadi satu-satunya alternatif. Sebagai pelaku usaha tentunya kami terus belajar, beradaptasi dan lebih kreatif untuk memasarkan produk. Inovasi lain yang dilakukan adalah dengan melakukan marketing dengan platform yang berbeda.


Brand Awareness
Selain menggunakan media sosial yaitu instagram, kami sepakat untuk membuat website untuk meningkatkan brand awareness produk yang kami miliki. Website dengan domain berbayar dengan nama brand kami sendiri diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kami jual. Alasan kami menggunakan domain berbayar untuk melindungi brand kami dari penjiplakan baik nama merek atau nama domain dan menjadi pembeda dengan produk lain yang hampir serupa. Keuntungan lain dari pemanfaatan website ini adalah kemudahan membagikan brosur online atau katalog produk ke media sosial lain yang kami miliki sehingga target konsumen akan lebih luas dengan tetap menjaga kredibilitas brand kami.



Tentunya 
penyedia domain dan hosting unlimited yang dipilih harus terpercaya dengan standar layanan prima seperti www.rumahweb.com yang memfasilitasi kalangan usaha yang tidak terlalu melek IT (misalnya saya dan Zauji) dengan berbagai kemudahan yang diberikan 'Orang Rumah' sebagai painless hosting solution.


Berbeda dengan konten marketplace yang hanya dikelola oleh Zauji, konten website dan instagram dipercayakan untuk saya kelola karena pengalaman saya mengisi blog pribadi bisa menjadi bekal yang cukup.

Sebagian orang mungkin bertanya mengapa pemasaran melalui marketplace harus disinergikan dengan website yang notabene memerlukan effort yang lebih besar. Jawabannya adalah selain dapat mengembangkan brand yang kami punya dengan pengelolaan penuh tanpa adanya pihak lain seperti halnya marketplace, kami juga dapat memberikan benefit lebih bagi konsumen. 

Konsumen tidak selamanya menjelajah di dunia maya hanya untuk berbelanja saja. Seringkali calon konsumen memerlukan edukasi lebih mengenai suatu produk. Calon konsumen bisa mendapatkan deskripsi produk yang lebih detil dan menarik yang tidak didapatkan melalui marketplace dan instagram pada saat membaca tulisan di website. Deskripsi tidak hanya berbentuk brosur atau katalog online namun juga reviu produk,  artikel atau tips dan trik sederhana yang dapat dipraktekan dengan mudah.

Kunyit, lada hitam dan madu sebagai anti radang


Manfaat Website
Apabila kami berbicara mengenai produk madu di marketplace atau instagram maka dalam postingan website, deskripsi atau narasi akan lebih detil membahas berbagai jenis madu dan manfaatnya, bahkan cara uji keaslian madu secara sederhana. Calon konsumen tidak hanya mendapatkan informasi mengenai produk madu yang kami jual namun mendapatkan pula pengetahuan tambahan secara ilmiah yang menarik dan relevan mengenai produk madu tersebut atau bahkan mendapat inspirasi mengenai gaya hidup sehat atau lainnya.

Marketplace dan website keduanya dapat berjalan dengan sinergi karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi. Selling bukanlah segalanya. Yang terpenting bagi kami, berniaga tidak hanya untuk mengejar profit duniawi saja namun juga untuk menggapai keberkahan dengan menebar manfaat melalui konten positif yang kami berikan.



Referensi : Disarikan dari berbagai sumber

Foto : Rumahweb.com dan dokumentasi pribadi

1 comment:

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa