Cerita Kisah Melawan Kanker Payudara.. Fighting Another Battle...Part 5...Persiapan Kemoterapi

Hari pertama kontrol

Klinik bedah onkologi (bedah kanker) RS Santosa Kopo buka setiap hari Senin dan Kamis, jam 16.00 WIB. Kontrol pertama ini kami mendapat urutan nomor 104. Karena klinik bedah onkologi tutup selama 2 minggu, pasien kontrol mencapai lebih dari 125 orang, jauh lebih banyak dibanding hari biasa. Ibunda yang sudah bersiap dari jam 18.00 WIB ternyata mendapat panggilan jam 20.30 WIB lebih.



Kali pertama kami bertemu dengan Dr. dr. Yusuf Heryadi, SpB(K)onk. Tak banyak bicara, dokter hanya memeriksa rekaman medis termasuk hasil patologi dari masektomi. Dokter Yusuf menyatakan kemoterapi harus dilakukan segera namun sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan jantung terlebih dahulu. Pemeriksaan hanya dilakukan 5 menit saja berhubung antrian masih banyak. Sesuai protokol kesehatan untuk jaga jarak dengan meminimalisir kontak fisik, dokter juga tidak memeriksa luka pasca masektomi hanya menyuruh perban harus sering diganti dan jahitan sudah bisa dilepas. Bila sudah benar-benar kering.

Selanjutnya perawat memberikan saran agar kami melakukan pemeriksaan jantung dengan menggunakan biaya mandiri atau jalur umum agar kemoterapi bisa segera dilakukan tanpa menunggu penggunaan BPJS yang harus jeda 1 bulan setelah pemeriksaan terakhir. Perawat juga menyarankan kami kembali ke RSUD Ujungberung atau faskes 1 untuk mengecek jahitan pasca masektomi karena keterbatasan waktu di RS Santosa.

Hari itu juga pemeriksaan jantung dilakukan. Setelah dinyatakan sehat kami pulang karena pendaftaran kemoterapi hanya bisa dilakukan di pagi hari. Sebelum melanjutkan ke bagian kemoterapi kami harus mendapatkan regimen (resep kemoterapi) dari dr. Yusuf sehingga kami harus kembali pada hari Senin sore.

Selain regimen, Ibunda juga mendapatkan obat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan penghilang sakit (obat ini diminum hanya bila merasakan sakit saja).

Alhamdulillah perawat dan staf RS Santosa Kopo sangat membantu sekali. Setelah kami mendapat regimen dari dokter, pendaftaran kemoterapi dilakukan di Cancer Center. Kemoterapi di RS Santosa Kopo dijadwalkan setiap hari Senin – Jumat dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Pasien yang akan menjalani kemoterapi harus dalam keadaan sehat sehingga disarankan untuk makan dan istirahat cukup.

 

Bagaimana Ibunda menjalani proses kemoterapi?

Baca di Cerita Kisah Melawan Kanker Payudara.. FightingAnother Battle...Part 6...Sesi Pertama Kemoterapi

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum, teman!
Silakan tulis komentarmu di sini.
Jangan lupa pergunakan bahasa yang baik yaaa