10 Cara Asik Menikmati Keindahan Makassar, Sulawesi Selatan

Post a Comment
Makassar menjadi salah satu kota yang paling sering saya kunjungi saat bertugas. Bila teman Menong ingin travelling namun tak ingin jauh dari perkotaan, Makassar atau Ujung Pandang lah pilihannya. Berada di kawasan Indonesia Timur,  kota multi kultur ini terletak di pesisir barat daya pulau Sulawesi. Kota dengan banyak destinasi wisata dan kuliner ini menyajikan pesona yang tak pernah habis. Ada beberapa tempat ikon Makassar atau daerah di sekitarnya yang bisa jadi alternatif sebagai cara asik menikmati keindahan Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai Losari

Tepat di jantung kota Makassar, pantai Losari menjadi destinasi wajib bagi teman Menong saat berkunjung ke Makassar. Pantai Losari merupakan ikon dan wisata popular kota Makassar. Awalnya pantai unik ini hanya diperuntukan sebagai pasar ikan. 

Kini, anjungan yang dibangun di tepi pantai menjadi ruang publik yang dimanfaatkan sebagai area wisata. Teman Menong dapat berfoto dengan latar tulisan ‘Pantai Losari’ yang instagramable. Spot sunset menjadi view terbaik di pantai Losari. Dengan lokasi yang mudah dijangkau, pantai ini berdekatan dengan pusat keramaian. Teman Menong yang ingin mencicipi kuliner khas Makassar dengan mudah dapat ditemukan di sekitaran pantai seperti pisang epe, konro, pallubasa dan lainnya.

Pantai Losari memang menjadi tempat favorit kaum muda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan menjadikan jalan sekitaran pantai dilanda macet.



Museum Balla Lompoa, Gowa

Balla Lompoa, dalam Bahasa Bugis yang berarti rumah besar atau rumah kebesaran yang terletak di Sungguminasa, Somba Opu, tak jauh dari perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Museum berbentuk rumah panggung khas Bugis ini merupakan rekontruksi kerajaan Gowa yang menyimpan sekitar 140 koleksi benda-benda kerajaan bernilai tinggi. Dibatasi oleh pagar tembok tinggi dengan area kompleks seluas satu hektar, kemegahan Balla Lompoa sangat terasa menggetarkan jiwa. 

Bangunan museum terbagi menjadi dua bagian yaitu ruang utama seluas 60 x 40 m2 tempat menyimpan benda-benda bersejarah dan ruang teras, tempat penerima tamu seluas 40 x 4,5 m2.

Teman Menong dapat mencapai museum ini dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.





Taman Nasional Batimurung, Maros

Taman Nasional Batimurung, Maros, berjarak ±42 km dari kota Makassar. Suguhan pemandangan alam indah akan menyambut bolangers di taman hutan yang berjuluk “The Kingdom of Butterfly”. Taman ini merupakan wahana pendidikan dan konservasi kupu-kupu. 

Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat tempat penangkaran kupu-kupu. Meski termasuk wisata alam, teman Menong tidak perlu kuatir karena tidak perlu jarak jauh untuk menikmati keasrian taman nasional ini. Selain penangkaran kupu-kupu, teman Menong juga dapat menikmati air terjun yang mengalir deras namun tetap aman untuk dinikmati.



Keren ya! Inilah kebanggaan dari menjelajahi Indonesia. Kita akan terpukau dengan banyak cara asik menikmati keindahan Makassar, Sulawesi Selatan tanpa harus berkelana sangat jauh. Tertarik, bukan?

Related Posts

Post a Comment