Berburu Batu Akik di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Post a Comment
Berburu batu akik di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan menjadi hal yang mengasyikan bagi siapapun yang berkunjung ke Balikpapan. Berlokasi di Jalan Letjen Soeprapto, Balikpapan, Pasar Inpres Kebun Sayur awalnya dibangun untuk menampung pedagang Pasar Pandansari dan Pasar Blauran Kebun Sayur yang terbakar. 

Meski dinamakan Pasar Inpres Kebun Sayur, teman Menong takkan menemukan sayuran di pasar ini. Pasar yang menjadi destinasi wisata ini didominasi bebatuan akik khas Kalimatan. Bolangers dapat menaiki angkutan kota no 1 arah Kampung Baru – Terminal Batu Ampar, no 5 arah Kampung Baru – Terminal BP atau no 6 arah kampung baru – Terminal BP. Dari arah bandara, Pasar Inpres Kebun Sayur terletak cukup jauh namun jauh lebih seru sekaligus menikmati keindahan kota Balikpapan.

Pasar Inpres Kebun Sayur


Ratusan pedagang membuka lapak sederhana di sini. Beraneka batu berwarna warni sungguh menggoda pencinta batu akik. Akik berharga murah hingga jutaan rupiah tinggal teman Menong pilih. Tak hanya diminati oleh wisatawan domestik penggemar batu akik, Pasar Inpres Kebun Sayur juga diminati wisatawan mancanegara.

Jenis batu yang dijual beraneka ragam dari mulai bongkahan batu berukuran kecil hingga besar, perhiasan cincin, liontin, anting, kalung dan lainnya. Pastikan keaslian warna pada batu pada saat teman Menong membeli kalung karena beberapa jenis batu diberi tambahan warna buatan agar terlihat lebih menarik. Jangan lupa menawar harga untuk mendapatkan harga terbaik.
Beragam Batu Akik

Selain batu akik, teman Menong juga dapat membeli oleh-oleh makanan khas Balikpapan atau souvenir khas Kalimantan seperti kain, mandau, tikar dan lainnya di pasar ini. Saya sendiri membeli kuku macan (camilan ikan tenggiri) dan kain khas Dayak sebagai buah tangan.
Amplang di Pasar Inpres Kebun Sayur

Corak batik khas Kalimantan

Related Posts

Post a Comment